23
Okt

6 Tips Berikut Bisa Buat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

6 Tips Berikut Bisa Buat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Indonesia dikenal dengan iklim tropisnya. Saat musim kemarau datang, umumnya suhu udara di luar rumah pada siang  hari dapat  mencapai  rata-rata  35 derajat Celcius, sementara suhu di bawah atap lebih dari 45 derajat Celcius akibat radiasi sinar UV. Tentunya hal ini menyebabkan suhu udara di dalam rumah ikut terasa panas.  Untuk membuat suhu di dalam rumah terasa sejuk, meski di luar sedang  panas terik, tak jarang penggunaan air conditioner (AC) jadi andalan. Akan tetapi penggunaan AC dengan intensitas tinggi tentu akan berpengaruh kepada beban biaya listrik yang ditanggung tiap bulan. Bahkan, seringkali tidak dapat menjadi solusi yang memuaskan. Perhatikan 6 tips berikut ini bisa membuat rumah lebih sejuk tanpa AC.

1. Atur Ketinggian Langit-langit

Kepanasan? 6 Tips Berikut Bisa Buat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

Semakin tinggi jarak lantai dengan langit-langit atau plafon akan semakin sejuk pula sebuah hunian. Seperti atap, plafon yang tinggi akan memperlambat masuknya panas ke dalam ruangan dan memberikan ruang untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Hal ini dikarenakan alur masuknya panas matahari adalah dimulai dari panas yang mengenai atap rumah terlebih dahulu, kemudian masuk ke rangka atap. Setelah itu, panas di rangka atap akan diteruskan menuju ruang plafon, baru setelah itu diteruskan ke ruangan-ruangan di dalam rumah. Jadi, semakin tinggi plafon Anda, akan semakin besar pula persentase berkurangnya panas yang masuk ke dalam ruangan Anda.

2. Sistem Ventilasi Silang

Kepanasan? 6 Tips Berikut Bisa Buat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

Sistem ventilasi silang banyak diterapkan pada rumah dengan konsep tropis. Tujuan dari sistem ini adalah agar rumah terhindar dari suhu panas dengan cara meletakkan dua bukaan secara saling berhadapan dalam satu ruang. Dengan adanya ventilasi silang, sirkulasi udara dalam ruang akan semakin lancar dan panas pun berkurang. Dalam pengaplikasian ventilasi silang, bukaan tidak harus berupa jendela besar, bisa juga menggunakan pintu dan ventilasi secara berhadapan.

READ  Desain Ruang Makan Minimalis

3. Posisi Jendela

Kepanasan? 6 Tips Berikut Bisa Buat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

Hal yang kerap kali terlupakan di dalam desain sebuah rumah adalah peletakan jendela. Jendela memang berfungsi memasukkan udara dari luar ke dalam rumah agar terasa sejuk. Namun jika tidak memperhatikan orientasi matahari dan meletakkan jendela pada sisi yang sering disinari matahari, ruangan justru akan terasa panas. Untuk mencegah panas yang berlebih masuk ke dalam rumah, pastikan posisi jendela menghadap utara atau selatan. Bila tidak memungkinkan, tirai jendela dapat sedikit membantu menahan panas berlebih.

4. Warna Cerah pada Dinding

Kepanasan? 6 Tips Berikut Bisa Buat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

Sudah bukan rahasia lagi jika seseorang akan mudah kepanasan bila mengenakan pakaian berwarna gelap di siang bolong. Warna gelap memang punya sifat untuk menyerap panas. Hal ini juga berlaku pada rumah, jika Anda menggunakan warna gelap pada dinding eksterior, tentunya dinding tersebut akan mudah menyerap panas dan berimbas pada interior rumah yang menjadi semakin panas. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah warna putih. Warna putih memiliki sifat untuk memantulkan panas dari sinar matahari sehingga hunian terasa lebih sejuk.

5. Perbanyak Vegetasi

Kepanasan? 6 Tips Berikut Bisa Buat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

Pepohonan memiliki beragam fungsi tergantung jenisnya, ada yang fungsi utamanya menjadi perindang, menghasilkan oksigen, menyerap karbon dioksida, menahan debu, dan masih banyak lagi. Pohon ketapang kencana, pohon kiara payung, pohon mangga, dan pohon kersen adalah contoh pepohonan perindang yang dapat membuat rumah makin sejuk

6. Aplikasikan Vertical Garden

Kepanasan? 6 Tips Berikut Bisa Buat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

Pepohonan masih belum cukup membuat hunian sejuk? Lahan rumah terbatas? Gunakanlah vertical garden. Sesuai dengan namanya, vertical garden merupakan tanaman yang dirangkai dan ditanam di atas media tanam yang kemudian diletakkan secara vertikal pada dinding. Penggunaan vertical garden akan mereduksi intensitas panas yang masuk ke dalam rumah secara signifikan dan meningkatkan kualitas udara di dalamnya. Tak hanya berfungsi sebagai penyejuk, vertical garden juga akan meningkatkan estetika rumah.

READ  Mari Merawat Meja Dan Kursi Kayu