05
Okt

6 Penghalang Paparan Sinar Matahari di Rumah

6 Penghalang Paparan Sinar Matahari di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Konsep hunian ramah lingkungan saat ini cukup diminati, karena mengedepankan pencahayaan dan sirkulasi udara secara alami. Selain lebih sehat, setidaknya dengan konsep tersebut dapat mengurangi penggunaan pendingin ruangan dan lampu untuk pencahayaan, dengan tujuan akhirnya penghematan energi.Pemanfaatan tirai menjadi solusi untuk mengurangi masuknya cahaya dari sinar matahari. Selain tirai berbahan kain yang biasa disebut gorden, tirai juga ada yang berbahan fabric, serat aluminium, dan kayu dengan beragam model pemanfaatannya. Berikut ini 6 Penghalang Paparan Sinar Matahari di Rumah :

1. Tumbuhan

Penghalang sinar matahari di rumah yang alami dan juga bermanfaat bagi kita adalah dengan menanam tumbuhan. Di depan ruang-ruang yang mendapatkan akses sinar matahari secara langsung dapat anda tanam tumbuhan yang cukup tinggi dengan daun yang rimbun. Dengan begitu tumbuhan tersebut akan sedikit menghalangi sinar matahari sehingga tidak langsung masuk ke dalam ruangan rumah anda.

2. Naungan

Untuk bentuk naungan sendiri anda bisa memilih berbagai bahan atau material tergantung dengan selera anda. Naungan berupa tralis atau pergola dapat anda manfaatkan dengan meletakkan di depan atau agak sedikit menyamping dari ruangan, dengan begitu sinar matahari tidak seluruhnya masuk ke dalam ruangan rumah. Ruangan tersebut akan tetap mendapatkan pencahayaan alami, namun dengan intensitas yang lebih tepat.

Anda bisa menggunakan berbagai macam desain serta menggunakan banyak material untuk pergola anda. Baik menggunakan besi atau pun dengan kayu. Bahkan untuk memperindah rumah anda juga bisa memanfaatkan tanaman rambat.

3. Heat-reflecting film

Anda bisa menggunakan kaca film yang dapat merefleksikan panas dari sinar matahari pada jendela ruangan yang menghadap langsung ke arah sinar matahari tersebut. Selain harganya yang terjangkau atau tidak mahal, cara ini juga cukup efektif untuk mereduksi cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan rumah.

READ  Cara Merawat Pekarangan Rumah

4. Tirai berwarna putih

Penghalang sinar matahari di rumah lainnya yang mudah sekali untuk anda terapkan adalah dengan pemasangan tirai atau gorden berwarna putih. Khususnya pada ruangan yang mendapatkan sinar matahari berlebihan.

Tirai putih ini memang dikenal dapat memantulkan kembali cahaya matahari, sehingga bagian dalam ruangan tidak akan terlalu panas. Cara ini juga sangat efektif untuk menjaga suhu ruangan di dalam rumah stabil. Baca juga artikel kami mengenai cara membuat gorden smoke ring yang mudah diaplikasikan.

5. Sun shading / Secondary skin

Nah, mungkin sebagian besar dari anda kurang familiar nih dengan istilah ini. Karena memang belum banyak diaplikasikan di rumah-rumah masyarakat Indonesia. Sun shading sebenarnya mirip dengan pakaian yang kita kenakan.

Analoginya adalah kulit pertama dari sebuah bangunan adalah fasade (kulit manusia), sedangkan kulit kedua atau pakaian dari bangunan adalah sun shading (secondary skin). Pakaian atau kulit kedua inilah yang melindungi dari berbagai kuman, terik matahari, dan juga hujan dari tubuh manusia.

Untuk mengaplikasikannya sendiri memang cukup mudah, karena pada dasarnya anda hanya perlu menambah layer kedua dari bangunan anda setelah dinding. Penempatannya sendiri juga bisa disesuaikan, termasuk dengan material atau bahannya. Mudahnya beri jarak antara 40-90 cm sebagai jarak dengan daun jendela sehingga ketika membuka tutup jendela tidak berbenturan dengan secondary skin.

Material yang dapat digunakan cukup beragam mulai dari kayu, besi hollow, laser cutting, kaca, bambu ataupun roster beton. Modelnya? Banyak sekali, anda bisa konsultasi dengan tenaga profesional ataupun mengintip desain-desain yang ada di majalah properti atau sumber referensi lainnya.

6. Roller blind

Ada satu lagi yang mungkin dapat anda terapkan jika ternyata fasad rumah anda tidak dapat dipasangi secondary skin. Penghalang sinar matahari di rumah ini juga mudah didapatkan, yakni roller blind. Letakkan penghalang ini pada dinding kaca atau jendela yang menghadap ke arah sinar matahari secara langsung atau dirasa perlu. Maka ruangan anda akan tereduksi dari panas sinar matahari.

READ  Arsitek di Jogja

Selain mudah dipasang, roller blind ini cukup aman dan tidak memakan biaya dan ruang yang besar karena memang termasuk ke dalam interior. Pun penghalang ini juga dapat berfungsi untuk mempercantik ruangan rumah anda.