28
Nov

6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Selain memiliki fungsi sebagai tempat ibadah umat muslim, dalam dunia arsitektur, masjid juga memiliki peranan sebagai salah satu penanda berkembangnya arsitektur Islam di dunia. Menara, kubah, serta ukiran kaligrafi merupakan beberapa ciri khas arsitektur Islam yang diperlihatkan pada bangunan masjid. Namun masjid-masjid yang tersebar di seluruh dunia ini tidak sekedar menampilkan elemen arsitektur Islam yang biasa, ketujuh masjid ini merupakan karya arsitektur yang dibuat dengan mempertimbangkan nilai sejarah, sosial, dan estetikanya. Berikut ini 6 masjid dengan arsitektur mengagumkan dari seluruh dunia.

1. Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia

Siapa sih yang tidak tahu masjid megah yang terletak di ibu kota ini? Masjid yang banyak dikunjungi orang-orang dari berbagai daerah baik dari jabodetabek sendiri maupun luar kota bahkan sampai luar negeri ini pun menjadi salah satu bukti dan juga simbol bahwa ibu kota Indonesia ini mengusung toleransi antar umat beragama.

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

Masjid istiqlal ini dibangun pada tahun 1945 ini mempunyai kubah yang terlihat begitu megah. Dengan kubahnya yang berjumlah 12 yang memiliki makna hari kelahiran nabi yaitu 12 Rabiul Awwal.  Bangunan masjidnya sendiri pun memiliki banyak lubang ventilasi sehingga udara di dalam masjid terasa sejuk meskipun tanpa menggunakan pendigin ruangan. Bangunan masjid ini dinalai ramah lingkungan karena memanfaatkan udara alami agar udara terasa sejuk.

Pada setiap sudut di dalam masjid istiqlal ini membuat sobat terasa semakin khusyu dalam beribadah. Pemandangan yang menakjubkan berupa pelataran masjid yang menghadap langsung ke Gereja Katedral.

2. Masjid Al Irsyad, Bandung, Indonesia

Masih masjid yang berasal dari Indonesia. Salah satu masjid yang punya bentuk unik yang terletak di daerah Bandung ini yaitu Masjid Al Irsyad. Masjid ini diresmikan sekitar 10 tahun lalu tepatnya pada 2010 dan didesain langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

READ  Cara Cerdik Mempercantik Taman Rumah Dengan Biaya Rendah

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

Masjid Al Irsyad ini memiliki kombinasi antara gaya desain interior minimalis dan juga futuristik. Sobat bisa menilai demikian dengan melihat langsung bentuk masjid yang kubus namun anti-mainstream. Dengan bagian bangunan yang membentuk susunan kaligrafi tiga dimensi yang mengagumkan sobat pasti akan merasa dimanjakan dengan pemandangan tersebut.

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

Terkait dengan bentuk lansekap yang kubus dan menjadi tampilan utama dalam eksterior masjid Al irsyad ini memiliki makna mendalam. Ridwan kamil mengakui bahwa dirinya terinpirasi dari konsep tawaf saat mengelilingi kabah yang ada di Mekkah. Maka dari itu, desainnya yang unik dan mengagumkan ini menggiringnya masuk ke dalam lima besar Building Of The Year dan sebagai satu-satunya rumah ibadah yang terlibat.

3. Masjid Al-Nabawi, Madinah, Saudi Arabia

Selanjutnya masjid yang terletak di Madinah. Siapa yang tidak mengenal Masjid Al Nabawi ini? Masjid yang dibangun langsung oleh nabi Muhammad SAW ini areanya sudah semakin luas bahkan hingga 100 meter persegi. Masjid yang menjadi salah satu tujuan umat muslim dari seluruh dunia ini ternyata dapat menampung 500 ribu jamaah. Kapasitas masjid Al Nabawi ini menjadi masjid dengan kapasitas terbesar kedua setelah masjidil Haram di Mekkah.

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

Karakter yang dimiliki masjid Al Nabawi ini yaitu payung raksasa yang berjumlah 250 yang akan terbentang pada siang hari guna melindungi pengunjungnya dari paparan sinar matahari yang menyengat. Payung ini juga dilengkapi dnegan teknologi drainase dan pencahayaan otomatis. Payung yang terletak di bagian luar pilar-pilar masjid ini memiliki hiasan ornament khas timur tengah

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

4. The Blue Mosque, Istanbul, Turki

Masjid yang dikenal juga dengan nama Masjid Sultan Ahmed memiliki sejarah besar pada masa pemerintahan Konstantinopel pada zaman kerajaan Bizantium karena menjadi tempat pusat pemerintahan. Memiliki istilah nama The Blue Mosque karena masjid ini memliki enam buah kubah yang terdapat pada masjid yang akan menampilkan rona kebiruan apabila terkena cahaya.

READ  Kelebihan Tukang Harian

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

Interior dalam The Blue Mosque ini memiliki tampilan yang sangat megah karena dilengkapi oleh ornamen dan ukiran dari keramik bergaya timur tengah yang terlihat menghiasi puncak-puncak kubah pada bagian dalam. Jumlah keramik biru yang digunakan untuk menyusun interior masjid ini terdapat 20.000. ukiran buatan tangan juga tampak mendominasi sebagai partikel ornament pada susunan interior masjid ini.

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

5. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dabhi, Uni Emirat Arab

Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi ini terletak di jantung kota Abu Dhabi. Seluruh bangunan pada masjid ini tersusun dari baru pualam putih. Masjid ini juga mempunyai julukan unik yairu masjid seribu pilar karena memang terdapat 1000 pilar yang menjadi hiasan mewah pada eksterior masjid ini.

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

Bagian dalam masjid ini masih didominasi oleh warna putih dan dilapisi ukuran berwarna emas sebagai penghias. Berbeda dengan pilar-pilar dibagian luar masjid yang dihiasi 96 pilar oleh lapisan mutiara dan emas. Hal tersebut membuat masjid menjadi terlihat tampak megah dan mewah.

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

Kubah masjid Agung Sheikh Zayed ini juga memiliki interior desain bergaya maroko. Faktanya masjid yang memiliki luas 22.412 meter persegi ini dibangun selama 10 tahun sehingga dapat menampung jamaah sebanyak 40 ribu. Ornament khas maroko yang melekat juga menjadikan masjid ini dikenal sebagai fenomena keajaiban arsitektur islam.

6. Masjid Prophet Mohammed, Shali, Rusia

Pada akhir agustus tahun 2019 lalu, pemerintah rusia meresmikan sebuah masjid yang di klaim sebagai masjid terbesar di Eropa. Masjid ini terletak di Kota Shali dan acara peresmian masjid itu sendiri di hadiri oleh banyak pejabat di Rusia.

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

Masjid ini didominasi leh warna putih dan semakin terlihat megah akrena memiliki lantai dari marmer. Bagian luar masjid memiliki halaman yang ditumbuhi oleh bunga-bunga dan ada sejumlah air mancur yang diperkirakan dapat menampung 70 ribu Jemaah. Pada bagian dalam masjid dapat menampung 30 ribu Jemaah.

READ  Desain Kamar Mandi Elegan

Masjid megah ini memiliki kubah utama dengan ketinggian 40 meter dan juga empat Menara yang masing-masing setinggi 63 meter. Dengan memadukan gaya desain arsitektur dari Arab, Persia, Asia tengah dan juga Byzantium masjid ini menjadi simbol arsitektur islam modern.

Yuk Intip 6 Masjid dengan Arsitektur Mengagumkan dari Seluruh Dunia

Hal unik lainnya dari arsitektur masjid Prophet Muhammad ini yang membuat tampilannya semakin mewah dan menarik yaitu warna bangunannya yang akan berubah-ubah ketika adzan berkumandang. Hal ini dapat sobat nikmati pada malam hari ketika dalam perjalanan menuju masjid. Warna-warna yang ditampilkan berwarna-warni seperti hijaum biru, ungu dan juga merah.