25
Nov

6 Konsep Desain Balkon Untuk Tampilan Rumah Menjadi Lebih Menarik

6 Konsep Desain Balkon Untuk Tampilan Rumah Menjadi Lebih Menarik

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Kebutuhan ruang untuk bisa berinteraksi dengan ‘dunia luar’ sambil tetap mempertahankan privasi menjadi alasan mengapa balkon dibutuhkan dalam sebuah bangunan. balkon/bal·kon/n1 sebangsa langkan atau serambi atas; 2 teras lantai atas pada bangunan bertingkat;…  (www.kbbi.web.id/balkon diunduh Senin, 23 Oktober 2017 pukul 14:35). Sebagai bagian halaman yang berada di lantai atas bangunan, fungsi balkon sebenarnya sama seperti teras di bagian lantai dasar. Dari segi view yang didapat, malahan balkon mampu memberikan pandangan yang luas dari posisinya yang lebih tinggi, seperti seorang kapten kapal yang berada di haluan kapal memandang ke laut lepas. Dari segi konstruksinya, memang luas balkon tidak bisa seluas teras yang hanya terbatas pagar rumah. Bagian balkon yang bisa bebas tanpa struktur atau melayang hanya 1/3 dari bentang balok keseluruhan. Berikut ini 6 konsep desain balkon untuk tampilan rumah menjadi lebih menarik.

1. Desain balkon rumah dengan nuansa kayu

6 Konsep Desain Balkon Untuk Tampilan Rumah Menjadi Lebih MenarikDengan mengaplikasikan kayu pada interior balkon, kesan yang akan ditampilkan dari balkon mewah dengan nuansa kayu ini adalah tampilan yang natural, terkesan hangat serta klasik.

Apakah sobat tertarik dengan desain balkon rumah dengan tampilan yang satu ini? Tentunya nuansa kayu pada balkon selalu bisa menjadi alternatif pilihan. Tampilan balkon seperti ini akan membuat kesan lebih homy dan menyenangkan untuk spot bersantai ria bersama keluarga.

Sobat VOIRE bisa mengkombinasikan furniture outdoor berwarna earthy tone dan juga beberapa dekorasi tanaman membuat komposisi balkon kayu pada rumah tampak lebih mewah dengan maksimal. Selain itu, warna coklat pada kayu tidak hanya identik dengan desain rustic namun juga bisa membuat tampilan desain pada balkon terlihat minimalis. Agar tampilannya semakin elegan, sobat bisa memadukan material kayu dengan railing kawat atau stainless steel. Jangan lupa untuk mengisi balkon rumah dengan furniture simpel dan juga sederhana sehingga ruangannya terlihat elegan.

READ  Keramik yang Cocok Untuk Rumah Anda

2. Desain balkon terbuka dengan rerumputan taman

6 Konsep Desain Balkon Untuk Tampilan Rumah Menjadi Lebih MenarikUntuk tampilan balkon dengan kesan mewah tentunya tidak harus melulu menggunakan material kayu solid atau pun batu alam seperti marmer.

Dengan mengaplikasikan rumput sintetis dan tambahan berbagai dekorasi tanaman, sobat akan mendapatkan balkon yang terkesan natural dan juga tetap terasa mewah.

Agar tampilan semakin mewah dan juga menarik, sobat bisa menambahkan furniture ala outdoor seperti bangku dan meja taman. Selain itu agar balkon tampak lebih menarik, gantilah pembatas atau pagar dengan material kaca agar pemandangan terlihat langsung mengarah pada pemandangan sekitar.

Kalau menurut Vira sih, mengkombinasikan balkon dengan tambahan taman seperti ini merupakan hal yang sangat kreatif lho. Apalagi jika sobat menambahkan kombinasi unsur kayu agar terkesan lebih sejuk.

3. Balkon modern yang netral

6 Konsep Desain Balkon Untuk Tampilan Rumah Menjadi Lebih MenarikBagi sobat yang menyukai kemewahan melalui kesederhanaan, ide desain balkon mewah yang terkesan netral ini bisa menjadi pilihan utama untuk diaplikasikan pada rumah sobat lho.

Desainnya yang juga terbilang aman karena kesan netral yang ditampilkan, desain balkon ini memliki elemen yang detail namun minim dekorasi. Tampilan sederhana dan tidak berlebihan inilah yang membuat desain balkon seperti ini bisa diaplikasikan pada hampir semua tipe hunian.

Tambahkan railing kaca untuk tampilan yang bersih serta modern. Sobat juga bisa mengaplikasikan warna-warna yang netral dan mampu menghadirkan kesan futuristik pada hunian. Sobat juga bisa membangun balkon menggunakan kaca sebagai material utama agar mendapatkan balkon kaca yang terkesan modern namun minimalis. Karakteristik kaca yang transparan dan sleek tentu dapat mendukung tampilan modern yang berkelas.

Material kaca biasanya tidak digunakan sebagai railing secara keseluruhan, namun dibantu pula oleh material lain seperti baja, kawat besi, kayu atau pun beton agar lebih kokoh.

READ  Inspirasi Desain Rumah Panggung Minimalis

4. Desain balkon yang terkesan tanpa sekat

6 Konsep Desain Balkon Untuk Tampilan Rumah Menjadi Lebih MenarikIngin membuat desain balkon tidak hanya terlihat mewah namun juga lebih fungsional? Desain yang apik satu ini bisa menjadi pilihan bagi sobat yang menginginkan konsep multifungsi seperti itu.

Balkon rumah tentu bisa menjadi sebuah ruangan tambahan agar semua sisi rumah dimanfaatkan dengan sangat maksimal. Dengan penataan yang menarik, desain balkon terbuka bisa terhubung dengan ruangan didalamnya seperti contoh foto balkon mewah satu ini. Gunakan pintu geser dengan railling agar ruangan dan balkon terasa seperti menyatu. Ketika pintu yang berupa sekat antara ruangan dan balkon ini dibuka, ruangan eksternel bisa sobat dapatkan.

Pastikan balkon yang satu ini selalu tertata dengan rapi dan terkesan bersih serta nyaman ya sob! Agar siapa pun yang mampir untuk bersantai merasa betah dan nyaman. Karena pada dasarnya desain ini menggunakan konsep balkon yang terbuka yang menghubungkan balkon langsung dengan ruangan dalam, maka pastikan menyimpan barang yang kokoh pada area balkon dan sekitar ruangan yang dekat dengan sudut balkon ya!

5. Desain balkon bernuansa klasik

6 Konsep Desain Balkon Untuk Tampilan Rumah Menjadi Lebih MenarikPasti sudah tahu dong kalau tampilan interior klasik memang memiliki kesan mewah bak kastil kerajaan di eropa! Ingin menghidupkan balkon dengan tampilan klasik yang mewah?saya sarankan untuk menghadirkan elemen-elemen pada bagian balkon dengan unsur desain ulir ukiran dan lantai kayu.

Untuk menambah kesan klasik yang berkelas, isi balkon rumah sobat dengan furniture yang mencerminkan karakteristik dari desain klasik. Tidak perlu terlalu banyak, cukup beberapa saja sudah bisa membuat suasana balkon terlihat elegan.

6. Desain balkon mewah dari beton

6 Konsep Desain Balkon Untuk Tampilan Rumah Menjadi Lebih MenarikApabila sobat ingin memiliki tampilan fasad yang terkesan minimalis namun tetap tampak mewah, balkon dari material beton adalah jenis balkon yang paling populer di Indonesia karena pembangunannya yang terbilang mudah dan juga cepat.

READ  MANFAAT JENDELA BESAR KAMAR

Seperti bagaimana namanya, balkon beton memiliki pembatas yang terbuat dari campuran adonan beton yang terkadang dipadukan dengan material lainnya seperti bata, keramik atau batu alam.

Untuk memaksimalkan agar balkon beton ini tidak hanya tampak mewah namun juga fungsional, sobat bisa menggunakannya sebagai ruang ekstra penyimpanan tanaman pot besar atau juga dipadukan dengan kaca semi transparan dan kanopi kaca untuk tampilan modern.

Apabila balkon dilindungi oleh atap kanopi atau kaca tentu bisa digunakan sebagai ruang bersantai jadi sobat bisa menempatkan kursi taman atau sofa pada area tersebut. Seru banget kan untuk dipakai nongkrong?.