22
Okt

6 Keunggulan dari Rumah Mungil Satu Lantai

6 Keunggulan dari Rumah Mungil Satu Lantai

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –Memiliki rumah memang menjadi impian banyak orang, terutama bagi mereka yang sudah bekerja maupun sudah memiliki keluarga. Namun untuk memiliki sebuah rumah bukanlah hal yang mudah. Perlu perjuangan dan kerja keras serta kedisiplinan. Nah ketika ada berkeinginan untuk membangun rumah sendiri tentu yang dipikirkan adalah biaya dan dimana akan membangun rumah. Jika kita mempunyai dana yang pas-pasan namun ingin mempunyai rumah yang nyaman dan modern, maka Anda bisa membangun rumah minimalis modern dengan 1 lantai. Berikut ini 6 keunggulan dari rumah mungil satu lantai.

  1. 1. Unggul dalam Aksesibilitas

6 Keunggulan dari Rumah Mungil Satu Lantai

Rumah berlantai satu tak memiliki tangga di rumahnya. Desain ini sangat bermanfaat bagi keluarga yang memiliki orang tua, ibu hamil, serta ibu dengan balita. Kelompok ini akan menghindari naik tangga karena ketidakmampuan dan mudahnya kelelahan fisik. Oleh karenanya, desain rumah berlantai satu paling cocok untuk mereka.

2. Minim Perawatan

Tinggal di rumah mungil satu lantai memberikan pengaruh pada intensitas perawatan properti hunian Anda. Tentu saja perawatan akan jauh lebih rendah dibanding rumah megah berlantai satu atau lebih. Anda tidak perlu membeli banyak furnitur karena ruangan yang tidak luas. Selain lebih hemat dalam hal biaya, Anda juga lebih hemat waktu karena tak perlu repot-repot membersihkan rumah hingga ke lantai di atasnya.

 

3. Efisiensi Energi Lebih Besar

6 Keunggulan dari Rumah Mungil Satu Lantai

Indonesia merupakan negara tropis dengan kondisi cuaca panas dan lembap yang berlangsung hampir di sepanjang tahun. Keuntungan tinggal di rumah berlantai satu, Anda tidak membutuhkan banyak pendingin ruangan. Ditambah lagi bila ukuran rumah mungil, udara dingin akan lebih cepat memenuhi seluruh ruang bila hanya menggunakan 1 pendingin ruangan. Untuk desain rumah berlantai lebih dari satu, bersiaplah untuk berinvestasi dalam sistem HVAC (Heating, Ventilating and Air Conditioning) yang lebih kompleks dan tentu saja lebih mahal.

READ  Panduan Teknik Pengelasan

4. Pengaturan Tata Letak yang Mudah

6 Keunggulan dari Rumah Mungil Satu Lantai

Rumah berlantai satu mempermudah pemilik rumah dalam mengatur tata letak ruangannya karena jumlah ruang yang tidak banyak. Untuk semakin mempermudah Anda, cobalah konsep open space yang menyatukan ruang tamu, ruang makan, dan dapur tanpa adanya partisi. Konsep ini pun dapat memberi kesan yang lebih kekinian. Namun, jangan lupakan faktor kenyamanan dan kecantikannya. Anda dapat membuat langit-langit lebih tinggi dan menghadirkan jendela yang dapat dibuka agar udara tidak panas dan menghasilkan ruang yang terasa lega dan sejuk.

 

5. Lebih Mudah jika Ingin Menambah Ruang

Rumah berlantai satu membutuhkan pekerjaan yang jauh lebih mudah jika hendak ditambahkan struktur atau bangunan baru. Sebaliknya, melakukan hal yang sama pada rumah dua lantai akan membutuhkan perencanaan yang lebih hati-hati, lebih banyak yang dikerjakan, dan lebih banyak dana yang dibutuhkan.

6. Harga

6 Keunggulan dari Rumah Mungil Satu Lantai

Harga memainkan peran penting ketika memilih antara rumah satu lantai atau dua lantai. Mau beli jadi atau bangun dari awal, tetap saja desain rumah satu lantai menghabiskan biaya yang lebih rendah dibanding desain rumah bertingkat. Untuk pasangan baru yang memiliki bujet minim, lebih baik memilih rumah berlantai satu terlebih dahulu. Jika nantinya anggota keluarga sudah bertambah dan tabungan mencukupi, Anda bisa saja meningkat hunian Anda. Pilihlah rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan dan keluarga Anda.