24
Nov

6 Jenis pintu berdasarkan material dan fungsi

6 Jenis pintu berdasarkan material dan fungsi

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Pintu menjadi komponen penting pada desain sebuah rumah. Selain menjadi pengaman pada rumah, pintu juga menunjukkan karakter suatu bangunan ataupun ruangan. Sebagai perantara antar ruangnya, pintu akan memberikan kesan pada orang yang melihatnya ditambah lagi warna juga akan mempengaruhi tampilannya. Namun sebelum meletakkan sebuah pintu pada ruangan, kalian harus mengetahui jenis pintu serta kegunaannya. Berikut ini 6 jenis pintu berdasarkan material dan fungsi.

Jenis Pintu Beserta Fungsinya

1. Pintu Kayu

6 Jenis pintu berdasarkan material dan fungsiSalah satu pintu yang paling umum digunakan di rumah adalah pintu dari material kayu. Maka dari itu pintu kayu adalah jenis pintu yang paling sering digunakan karena materialnya yang cukup mudah didapat.

Hal ini tentu dikarenakan materialnya yang cukup mudah untuk didapatkan dan banyak juga pengrajin kayu yang mudah ditemui di berbagai daerah tempat tinggal sobat. Kayu sendiri memiliki berbagai macam jenis finishing yang sangat cantik sehingga dapat membuat pintu menjadi lebih estetik. Material kayu sendiri juga dapat menunjukkan sisi natural yang dapat menjadi nilai lebih dalam sebuah hunian.

Biasanya pintu kayu juga dibagi ke dalam 2 macam konstruksi, yaitu solid dan solid engineering. Pintu solid cocok digunakan sebagai pintu utama atau pintu eksterior, sedangkan pintu solid engineering biasa dipakai sebagai pintu alam atau pintu interior.

Kelebihan dan Kekurangan Pintu Kayu

Pintu kayu yang cocok digunakan pada segala jenis rumah rupanya mudah dibentuk sehingga dapat memiliki tampilan yang beraneka ragam mulai dari yang polos hingga yang memiliki ukiran.

Pintu kayu juga mampu menciptakan kesan tampilan yang natural pada hunian. Kayu solid juga tahan terhadap cuaca dan tidak mudah tergores bagkan terkena noda.

READ  Mimilih Kipas Angin untuk Rumah

Namun disamping itu, kayu solid yang cukup berat memerlukan kusen yang kokoh dan engsel yang kuat. Kayu juga sebenarnya rentan terhadap proses pelapukan sehingga sobat perlu perawatan ekstra.

2. Pintu Plywood

6 Jenis pintu berdasarkan material dan fungsiBiasanya pintu berbahan plywood ini disebut sebagai pintu panel. Komponen panel kayu ini seperti MDF, blockboard, HDF dan sebagainya.

Pintu ini juga banyak digunakan karena faktor harga yang terjangkau dan fleksibilitas desain. Tidak hanya monoton serba kayu, dengan desain frame pintu dan pintu panel juga bisa dikombinasikan dengan material kaca.

Kelebihan dari pintu plywood ini adalag desainnya yang fleksibel karena dapat divariasikan dengan berbagai desain dari berbagai bentuk, desain dan ukuran. Bagian panelnya juga dapat dibuat menjadi kaca.

Biasanya pintu panel ini adalah salah satu pintu yang sering dipakai di rumah dengan model jadul. Bersaing dengan pintu kayu, pintu ini juga dipakai oleh kebanyakan orang Indonesia. Pasalnya, harga pintu ini memang cukup terjangkau.

3. Pintu Kaca

6 Jenis pintu berdasarkan material dan fungsiPintu kaca sering digunakan sebagai pembatas antara ruang tengah dan bagian outdoor. Material kaca yang mudah ditembus cahaya ini, membuat pintu kaca cocok digunakan pada ruangan yang membutuhkan sinar matahari atau cahaya alami.

Pintu kaca ini dapat menampilkan kesan pertama yang elegan, modern dan juga bersih. Pintu kaca yang tembus pandang tentu memiliki tingkat privasi yang cukup rendah. Namun hal ini bisa menyiasati dengan menggunakan jenis kaca sandblast atau kaca buram.

Pintu kaca tempered adalah satu pilihan material yang paling populer karena banyak memiliki keunggulan, terutama ketahanan 5x lipat daripada pintu kaca biasa. Kaca jenis ini aman karena pecahannya akan berwujud butiran bola.

READ  Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Pilihan Desain Terkini Zaman Milenial Ini

Kelebihan dari kaca jenis ini adalah dapat menciptakan kesan bersih, luas dan terang pada hunian. Material kaca tempered tidak mudah pecah dan memiliki daya tahan yang tinggi. Kaca ini juga cukup mudah untuk  dibersihkan.

Namun kekurangannya dalah sinar matahari dapat masuk hingga 90%, tentunya hal ini dapat menyebabkan ruangan menjadi panas. Jika mengguankan AC tentu akan jadi sangat boros.

4. Pintu PVC

6 Jenis pintu berdasarkan material dan fungsiPintu PVC atau kepanjangan dari poly vinyl chloride terbuat dari bahan plastic yang sering ditemukan pada tanki air atau pipa. Ini menjadi pilihan bagi banyak orang karena sudah cukup terkenal di pasaran dan harganya yang sangat terjangkau alias murah meriah.

Pada umumnya pintu ini dipakai sebagai pintu kamar mandi karena sifatnya yang tidak tahan cuaca ekstrim jika digunakan di luar.  Namun pintu ini sangat mudah untuk dibersihkan lho.

Kelebihan pintu PVC ini adalah bahannya yang ringan dengan corak warna dan motif yang cukup beragam, selain itu karena berbahan dari plastic pintu ini anti rayap.

5. Pintu Baja

6 Jenis pintu berdasarkan material dan fungsiPintu baja (steel door) pada umumnya terbuat dari bahan plat baja yang selama ini dikenal tahan dengan cuaca, tahan panas dan juga pintu anti rayap. Baja merupakan material yang terbuat dari campuran besi dan juga karbon, sehingga punya kekuatan yang tinggi.

Meskipun banyak orang yang menganggapnya mahal, pintu baja sangat diminati para pengembang perumahan karena keunggulannya. Pintu baja memiliki banyak fitur modern yang tidak dimiliki pintu biasa.

Menggunakan pintu baja pada rumah akan membat hunian sobat tmapil dengan berbeda. Sobat bisa memilih tipe pintu baja sesuai dengan hunian seperti single door (motif), double door (polos/ motif), garage door, stainless steel door atau emergency door.

READ  5 Ide Kanopi untuk Tempat Tidur

Kekurangan dari pintu baja ini adalah meskipun kuat dan tampilannya modern, namun hanya dapat di cat mengguankan cat khusus baja saja. Selain itu pintu baja juga mudah berkarat, jika terlalu sering diterpa hujan.

6. Pintu Alumunium

6 Jenis pintu berdasarkan material dan fungsiSelain pintu baja, pintu alumunium juga memiliki material yang tahan rayap. Bahannya yang tahan oleh kondisi iklim di Indonesia membuat pintu ini menjadi salah satu pilihan terbaik masyarakat di Indonesia.

Pintu yang dikenal ringan ini memiliki harga yang murah dan cocok untuk bangunan fungsi kantor dan bagunan berlantai karena sifatnya yang ringan tersebut.Pintu ini juga bisa dijadikan alternative untuk penggunaan pintu kamar mandi apabila sobat merapa tidak mau menggunakan jenis pintu PVC.

Produk alumunium ini beraneka ragam, mulai dari yang berwarna dasar alumunium, coklat, finishing cat hingga motif serat kayu. Apabila ingin menggunakan material pintu yang satu ini, cobalah pastikan memilih alumunium yang memiliki kualitas mutu tinggi. Karakter dari tampilannya yang sangat simple membuat pintu alumumium ini menjadi kurang cocok dipakai sebagai pintu utama atau pintu eksterior.  Kelebihan lainnya dari pintu alumunium ini adalah tidak mudah rapuh dan memiliki daya tahan yang kuat.