02
Nov

6 Inspirasi Fasad Rumah Kekinian

6 Inspirasi Fasad Rumah Kekinian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Fasad rumah dengan konsep industrial terlihat impresif, karena tampil unik dengan menonjolkan material yang kasar. Intip inspirasi desainnya di artikel ini. Industrial adalah salah satu desain rumah yang dikenal dengan komponen serta elemen struktural sebuah bangunan. Gaya industrial ini terlihat unik karena menampilkan material asli sebagai desain. Keunikannya tersebut membuat konsep industrial banyak diterapkan pada desain kafe, perkantoran serta bangunan komersial lainnya. Namun saat ini, masih jarang sekali bangunan residensial yang menggunakan konsep industrial sebagai fasad dan desain rumah. Padahal, rumah-rumah bergaya industrial akan terlihat impresif karena menampilkan material dasar pada hunian. Berikut ini 6 inspirasi fasad rumah kekinian.

A. Gaya Sesuai Selera
Fasad Rumah Kekinian

Sama halnya dengan desain bagian dalam (interior), eksterior khususnya fasad pun harus sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Gaya modern-kah, klasik, tradisional atau minimalis. Untuk rumah yang memiliki lahan yang cukup luas, seperti gambar di atas, Anda bisa mendesainnya dengan gaya kontemporer. Warna putih dan hitam pada dinding fasad tampak begitu menyatu dengan warna hijau pepohonan yang mengelilinginya.

B. Fasad Unfinished
Fasad Rumah Kekinian

Selain gaya, hal lain yang perlu diperhatikan pada fasad adalah material yang membungkusnya. Material yang ingin Anda gunakan pun harus sesuai dengan selera seluruh anggota keluarga. Jika ingin tampil modern bisa menggunakan batu bata kemudian di cat seperti rumah-rumah pada umumnya. Namun, bila ingin konsep lain bisa memilih untuk menggunakan material batu bata, kayu atau batu yang tidak mendapatkan sentuhan akhir layaknya gaya industrial.

C. Banyak Pencahayaan Tambahan
Fasad Rumah Kekinian

Agar tampilan eksterior Anda makin sempurna, pencahayaan menjadi fitur tambahan yang dapat melengkapi dengan apik. Saat malam hari tiba, rumah Anda tetap tampil outstanding berkat permainan cahayanya. Anda bisa tambahkan dan tempatkan hidden lighting di beberapa titik pada fasad. Dengan begitu, rumah Anda pun berhasil menjadi pusat perhatian saat malam tiba dengan adanya cahaya lembut pada dinding fasad.

READ  Lakukan Hal Ini Agar Garasi Selalu Bersih

D. Tampil Beda
Fasad Rumah Kekinian

Tidak seperti hunian pada umumnya, inspirasi dari fasad ini menampilkan sesuatu yang beda. Ya, konsep di bagian depan fasad ini berupa kotak-kotak berwarna hijau muda yang kemudian diselingi oleh sederet kaca yang juga berbentuk kotak-kotak. Konsep ini menjadikan fasad tampil beda dari rumah pada umumnya.

E. Bentuk Unik Penarik Perhatian
Fasad Rumah Kekinian

Jangan bandingkan fasad rumah ini dengan rumah sebelahnya. Pasalnya, pada bagian depan-paling atas dari fasad ini dibuat unik dengan bentuk segiempat sembarang. Lalu, untuk memunculkan kesan alam, sang arsitek memilih penerapan unfinished pada dindingya. Hanya berupa plester-an memenuhi dinding fasad hingga ke sisi belakang.

F. Miliki Banyak Pintu Kaca
Fasad Rumah Kekinian

Bila tak ingin terasa terkurung di dalam rumah, Anda bisa ciptakan rumah seperti inspirasi ini. Alih-alih menggunakan dinding untuk “membungkus” rumah, sang arsitek memilih menggunakan pintu kaca di lantai pertama hingga ke lantai dua-nya. Anda dan keluarga pun dapat menikmati suasana luar rumah dari ruang manapun.

Baca Arikel Lainnya juga Desain Interior Shabby Chic: Ciri, Konsep dan Karakteristik