28
Mar

6 Gaya Desain Ruang Makan, Sesuai Tren dan Nyaman!

6 Gaya Desain Ruang Makan, Sesuai Tren dan Nyaman!

7 Dekorasi Ruang Makan yang Nyaman Halaman all - Kompas.com

Kontraktor JogjaRuang makan adalah salah satu bagian penting dari sebuah hunian. Di sanalah biasanya para anggota keluarga berkumpul untuk menikmati hidangan dan sambil bercerita satu sama lain. Sehingga, desain ruang makan pun sangat penting untuk dipikirkan agar bisa menciptakan suasana senyaman mungkin ketika sedang bersantap sambil bertukar cerita di antara anggota keluarga. Untuk itu kali ini kami sudah menyiapkan 6 Gaya Desain Ruang Makan, Sesuai Tren dan Nyaman! untuk berkumpul bersama orang-orang tercinta. Simak inspirasi lengkapnya bersama yuk!

 

 

1. Gaya Skandinavia di Ruang Makan Minimalis

Sentuhan warna pink pada kursi makan sebagai aksen gaya Skandinavia (Foto: Max Vakhtbovych-Pexels)

Gaya ini bisa dibilang ‘core’ dari gaya minimalis. Skandinavia adalah gerakan desain yang identik dengan kesederhanaan dan fungsionalitas. Gerakan ini muncul pada awal abad ke-20, dan yang berkembang pada tahun 1950-an, di lima negara-negara Nordik. Contoh desain Skandinavia bisa Anda temukan jika Anda berjalan-jalan atau melihat katalog desain rumah di Ikea.

Dinding putih, lantai kayu dan perabot modern berbentuk simpel menjadi ciri khasnya. Palet warna netral biasanya jadi pilihan, namun, tetap ada sentuhan-sentuhan warna yang bisa membuat ruangan tetap terasa hangat. Misalnya dengan karpet berwarna, hiasan dinding, atau lampu gantung berwarna cerah.

Semakin besar ruangan, semakin bebas pula Anda berkreasi. Namun, rumah modern jaman sekarang umumnya berukuran lebih kecil dan minimalis, sehingga desain ruang makan pun jadi semakin kecil.

2. Ruang Makan Konsep Industrial

Kombinasi kayu dan metal atau besi di ruang makan sebagai gaya industrial. (Foto: Andrea Davis from Pexels)

Desain industrial berawal dari Eropa dimana banyak pabrik-pabrik yang sudah berhenti berproduksi tetapi sayang jika tidak digunakan. Tak heran jika gaya ini banyak diterapkan di kafe atau restoran, karena ruangannya yang luas. Namun, tidak berarti desain ini tak bisa diterapkan di rumah.

READ  8 Ide Desain Rumah Bernuansa Jepang

Tiga elemen penting dalam gaya industrial adalah batu bata, metal, dan kayu. Material ini dibiarkan terbuka atau exposed untuk menonjolkan keunikannya. Anda bisa gunakan salah satunya sebagai aksen, atau padukan ketiganya untuk menciptakan nuansa yang cool tapi tetap cozy. Gunakan lampu gantung yang modern dan warna-warna netral, seperti chrome, hitam dan putih untuk atmosfer yang hangat.

3. Ruang Makan Open Space

Anda bisa membuat dapur dan ruang makan terbuka tanpa sekat. (Foto: Mark McCammon-Pexels)

Anda bisa saja membongkar tembok yang membatasi dengan dapur. Jangan khawatir, Anda tetap bisa membuatnya simpel dan bersih. Bahkan Anda masih bisa meletakkan “island’ di tengah dapur. Pilih bentuk kursi yang sederhana dan satu warna. Gunakan palet warna netral atau beri sentuhan warna yang senada. Simpan rapi peralatan dapur dan makan dalam tempat tertutup.

4. Clean Minimalist

Desain perabot yang simpel, putih, dan bersih. (Foto: Max Vakhtbovych-Pexels)

Desain ini menonjolkan kesan bersih, segar, dengan palet warna yang simpel. Warna yang paling umum adalah putih, dapat dipadukan juga dengan warna kayu yang netral untuk kesan yang lebih hangat. Material yang digunakan biasanya dipadukan dengan metal, gelas, atau besi dengan warna senada. Pilih dekorasi dan ornamen yang sederhana dan tidak mencolok, untuk menjaga ruangan tetap simpel dan sleek.

5. Gaya Vintage

Nuansa tradisional juga dapat dihadirkan lewat sentuhan kayu dan kursi anyaman. (Foto: Curtis Adams-Pexels)

Gaya vintage atau tradisional di Indonesia biasanya identik dengan kayu-kayu jati besar dan berukir-ukir. Namun, tak perlu khawatir, Anda tetap bisa menampilkan gaya minimalis dengan desain ini. Pilih perabot yang polos dan tidak banyak ornamen tapi tetap dari material alami seperti kayu, batu, rotan, atau bambu. Kursi makan yang terbuat dari rotan kini juga jadi tren dan menciptakan nuansa klasik dan unik.

6. Konsep Beach House

Nuansa pantai juga bisa dibawa ke ruang makan dengan warna-warna biru. (Foto: Serenaandlily.com)

Rumah Anda boleh saja di pinggir jalan sibuk di tengah kota Jakarta, tapi gaya rumah Anda seperti rumah pantai impian? Beach house atau rumah pantai, biasanya menggunakan material yang ringan dan berwarna cerah. Seperti suasana pantai dengan pasir coklat muda, lautan biru dan langit yang biru bersih, dan matahari yang terang benderang.

READ  Cara Menjaga Rumah Agar Tetap Bersih dan Rapi

Demikian adalah beberapa inspirasi desain ruang makan yang ngetren dan nyaman, untuk berkumpul serta menikmati hidangan bersama orang-orang tercinta. Semoga bermanfaat ya!!

Baca Juga : Desain Interior Rumah Minimalis Tanpa Sekat