30
Okt

6 Cara Menghadirkan Sentuhan Rumah Bergaya Jepang

6 Cara Menghadirkan Sentuhan Rumah Bergaya Jepang

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – ika kita telusuri lagi, gaya rumah minimalis pada Indonesia sebenarnya banyak terinspirasi dari desain rumah gaya Jepang. Konsep simpel yang bebas dari kesan berantakan ini menganggap membuat penghuninya merasa lebih tenteram tinggal di dalamnya. Tak heran, jika interior rumah Jepang modern hingga sekarang pun masih banyak yang menerapkan gaya minimalis. Tren rumah minimalis Jepang modern tentu tidak hanya berkembang di dalam negaranya sendiri. Jutaan orang pada berbagai belahan dunia ingin mencoba menerapkannya untuk rumah mereka masing-masing. Berikut ini 6 cara menghadirkan sentuhan rumah bergaya jepang.

1. Material Kayu atau Bambu

Penggunaan material dari kayu atau bambu menjadi cara utama untuk menghadirkan rumah gaya Jepang. Pasalnya, budaya Jepang memang dikenal selalu menggunakan elemen kayu seluruh rumah mereka, baik pada lantai maupun plafon serta mulai dari interior sampai eksterior. Jika Anda masih pemula, mungkin bisa mulai dari lantainya dulu saja. Anda bisa pasang lantai kayu ruang-ruang yang menurut Anda paling bisa menonjolkan kesan rumah Jepang.

2. Beranda Luas

Senang menikmati alam luar membuat orang membangun rumahnya dengan beranda yang cukup luas. Jika di Jepang disebutkan dengan engawa — area untuk duduk bersantai yang menjadi pembatas antara ruang dalam dan luar. Selain sebagai area bersantai duduk-duduk, adanya beranda atau engawa ini juga memiliki fungsi menyalurkan cahaya matahari dan udara ke dalam rumah.

3. Menghadirkan Taman

Jangan pernah lupa dengan tanaman hijau bila Anda menerapkan konsep rumah Jepang. Anda bisa buat taman dalam rumah dengan memasukkan tanaman tradisional Jepang seperti bonsai dan bambu. Kedua tanaman ini tidaklah wajib. Anda tetap dapat menanam tanaman lain. Apapun tanamannya, tetaplah pertahankan prinsip hijau, alami, dan sederhana.

READ  9 Macam-Macam Furniture Bambu

4. Pintu Geser

Rumah Jepang itu minim dengan pintu model tarik. Ciri khas mereka adalah pintu geser yang disebut dengan Shoji. Ciri khas dari rumah Jepang ini bisa sekali Anda coba bila Anda memiliki rumah mungil. Pasalnya, desainnya yang menggeser dapat membuat ruang sempit tidak terasa sesak. Jika pintu geser Jepang ini terbuat dari kertas tembus pandang yang terpasang dalam bingkai kayu, maka Anda bisa buat versi modern dengan menggunakan kaca yang dipasang pada grid kayu.

5. Furnitur Minimalis

Gaya hidup minimalis sangat menggambarkan kehidupan negeri sakura, Jepang. Bahkan, banyak pakar hidup minimalis yang lahir untuk negara tersebut salah satunya Marie Kondo. Marie Kondo terkenal dengan pemikirannya bahwa setiap rumah hanya menyimpan barang yang memang terpakai saja. Untuk itu, furnitur penyimpanan yang menggunakan pun yang menampilkan konsep simpel dan minimalis.

6. Warna Alam

Identik lain dari rumah Jepang adalah penggunaan warna-nya yang lebih ke arah warna alam. Warna alam yang bermaksud adalah warna cokelat dari material kayu, warna abu-abu batu alam dan tak lupa warna hijau melalui tanaman hias alami.