14
Des

5 Trik Bangun Rumah di Lahan Sempit

5 Trik Bangun Rumah di Lahan Sempit

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Saat ini keinginan memiliki rumah tinggal memang dihadapkan dengan berbagai kendala, salah satunya adalah masalah daya beli pembeli. Sedangkan harga tanah dan rumah tidaklah murah, belum lagi biaya-biaya maintainance yang juga tidak sedikit. Sehingga kini tercipta kavling-kavling tanah kecil diperjualbelikan agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan primernya ini.
Lalu bagaimana mengolah lahan sempit yang ada agar tetap dapat memenuhi kebutuhan atau pun memenuhi mimpi rumah idaman kamu. Lima trik berikut ini mungkin bisa membantu kamu yang sedang ingin membangun rumah di lahan yang sempit. Berikut ini 5 trik bangun rumah di lahan sempit

1. Manfaatkan sudut rumah

Pertama-tama kamu harus memikirkan ruang apa saja yang kamu butuhkan dan buat ini seefisien mungkin. Pastikan ruang tersebut adalah ruangan yang memang essential kamu butuhkan, contohnya : kamar tidur, kamar mandi, dapur. Hindari ruangan-ruangan yang dirasa tidak dibutuhkan. Misalnya apabila kamu jarang menerima tamu, hilangkan ruang tamu dari program ruangmu, kamu bisa menerima tamu yang sesekali datang itu di ruang keluargamu. Anda bisa manfaatkan sudut-sudut rumah sebagai area penghijauan, yang juga memberikan sirkulasi udara dan masuknya cahaya lebih baik.

2. Compact furnitur

Penggunaan compact furnitur menjadi solusi untuk hunian dengan lahan sempit karena memberikan kemudahan saat membutuhkan space luas.

3. Konsep split level

Konsep ini bisa diterapkan untuk mengatasi jumlah permintaan ruang yang setara tiga lantai namun dimanipulasikan seolah terlihat seperti 12 lantai.

4. Desain langit-langit yang tinggi

Memberikan jarak lantai dengan langit-langit dengan cukup jauh dapat memberikan kesan yang lebih lapang dan tidak sempit, sirkulasi udara pun dapat berputar secara maksimal.

READ  Kekurangan Besi Beton Polos

Hindari langit-langit yang rendah dan pemberian ornamen yang berlebih pada langit-langit, karena hanya akan membuat ruanganmu terasa penuh dan sesak.

5. Pilih warna-warna cerah

Saat finishing cat, pastikan kamu memilih warna-warna yang cerah. Hindari pemberian warna gelap yang akan memberikan kesan ruang yang sempit.

Warna putih adalah warna yang sangat tepat kamu terapkan pada rumah mungilmu. Selain memberikan kesan lapang, warna putih juga memberikan kesan yang bersih dan minimalis.

Begitu pula dalam hal pemilihan furniture, pilih juga yang berwarna cerah dengan desain yang ringan.