23
Jul

5 Tips Tata Ruang Rumah dengan Denah Memanjang

5 Tips Tata Ruang Rumah dengan Denah Memanjang

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Rumah yang bersih, rapi dan nyaman tentu menjadi impian setiap orang. Terutama jika Mama ingin rumah dengan desain minimalis. Barang-barang harus ditata dengan rapi agar tidak membatasi ruang gerak seluruh anggota keluarga.  Kesalahan terbesar saat menata ruangan, yakni berusaha menyingkirkan semua barang dan menimbunnya di gudang. Akibatnya, kalian kesulitan saat ingin mencari barang tertentu. Satu-satunya solusi dalam kondisi tersebut harus membongkar gudang kembali.  Padahal sebaiknya, kalian membagi fungsi ruang agar barang-barang tidak bertumpuk di satu tempat saja. Nah, ingin tahu 5 Tips Tata Ruang Rumah dengan Denah Memanjang. Simak Yuk artikel dibawah ini !

Denah Rumah Idaman Minimalis Memanjang Lengkap dengan Sketsa

1. Tata Ruang Rumah dengan Layout furnitur atau sofa yang mendefinisikan ruang dengan Denah Memanjang

Bagaimana Merencanakan Layout Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan Tepat |  InteriorDesign.id

Masuk ke dalam area ruang pertama, yaitu area aktivitas bersama, kita disambut dengan ruang tamu yang sederhana namun bersahaja. Didominasi oleh perabot sofa berbentuk L, ruang tamu ini menjadi cukup terdefinisi meski tidak memiliki sekat ruang. Salah satu aksen dalam desain ruang ini adalah rak berbentuk sarang lebah, yang dipasang manis di atas tempat duduk sofa. Dengan menggunakan warna kayu yang selaras dengan perabot pada ruang lain, tambahan aksesoris dinding menjadi terlihat sangat harmonis.

2. Tata Ruang Rumah dengan Kabinet Dapur yang memiliki konfigurasi yang sama dengan Denah Memanjang

Inspirasi Desain Kitchen Set L-Shape | sarae.id

Melanjutkan perjalanan kita ke ruang Dapur, kita dapat melihat nuansa material yang senada dengan ruang sebelumnya. Dominasi warna putih yang netral dipadu dengan kayu yang hangat masih kental terasa pada ruang ini. Untuk memaksimalkan ruang kerja di dapur, profesional kami inspace studio, merancang dapur berbentuk L. Hal ini merefleksikan konfigurasi perabot yang mirip seperti pada ruang Tamu. Untuk menjaga kesinambungan visual dengan ruangan lain perencana sengaja membuat dinding rendah saja untuk menjaga kerapian ruang dapur.

READ  Rumah Adat Bolon Menjadi Lambang Budaya Suku Batak

Strategi lain yang diterapkan profesional kami untuk menjaga kesinambungan desain dengan ruang tamu terlihat pada pola lantai yang berbentuk Honeycomb. Professional kami percaya bahwa pengulangan pada desain interior merupakan hal penting agar ruangan terlihat rapi dan terstruktur.

3. Bentukan ruang yang tercipta di antara konfigurasi perabot dengan Denah Memanjang

5 Tips Tata Ruang Rumah dengan Denah Memanjang – Inspace Studio

Beranjak dari dapur kita bergerak ke ruang diantara ruang tamu dan dapur, yang difungsikan sebagai ruang makan. Dinding rendah pada Dapur dimanfaatkan sebagai bar dari sisi ruang makan. Perabot custom juga merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan penyimpanan ruang, dimana pada salah satu sisi meja dibuat rak terbuka.

Meski merupakan sebuah ruang antara, ruang makan ini menjadi sangat terdefinisi oleh karena penataan perabot pada ruang tamu dan ruang dapur yang berbentuk L pada dua arah yang berbeda. Benar – benar suatu trik yang sangat menarik sekaligus cerdas!

4. Sekat Pintar pada Kamar Tidur Memanjang

9 Ide Penyimpanan pada Kamar Tidur Sempit, Hindari Kamar dari Kekacauan! -  Semua Halaman - iDEA

Memasuki area kedua dari rumah ini yang berfungsi sebagai area beristirahat kita disambut oleh sebuah sekat ruangan yang sangat kompak dan menarik. Masih menggunakan nada putih dan tone kayu yang sama dengan ruangan sebelumnya, dinding tinggi ini tidak hanya berfungsi sebagai dinding biasa. Di dalam dinding ini disematkan ruang penyimpanan pada bagian atas.

Sedangkan bagian bawahnya digunakan sebagai meja rias. Menarik dan hebatnya lagi, perencana ruang sekaligus profesional kami masih bisa menyediakan sedikit ruang pada sisi dinding sebagai area pajangan. Luar biasa bukan?

5. Memaksimalkan Ruang Penyimpanan pada Kamar Sempit dengan Denah Memanjang

9 Ide Penyimpanan pada Kamar Tidur Sempit, Hindari Kamar dari Kekacauan! -  Semua Halaman - iDEA

Melewati dinding ajaib buatan profesional kami, kita kemudian tiba pada kamar tidur. Lahan terbatas tidak membuat hunian ini kekurangan ruang untuk kebutuhan ruang yang harus dipenuhi. Tempat tidur built in dibangun agar terlihat bersih dan simpel. Tambahan penerangan linear pada area belakang kasur membuat ruang terlihat lebih cerah sekaligus ringan dan luas.

READ  5 Rekomendasi Karpet agar Tampilan Rumah Lebih Cantik

Bentuk Rumahnya Panjang, Tapi Sempit? Begini Trik Mendesainnya!

Berbalik arah, kita kembali menemukan dinding sekat pemisah ruang yang telah kita bahas sebelumnya. Sisi lain dari dinding ajaib tersebut ternyata tidak kalah menarik dari sisi lainnya. Pada sisi ini, dinding ini juga dimaksimalkan dengan baik. Tidak hanya memiliki ruang penyimpanan yang tertutup, juga terdapat ruang penyimpanan terbuka dan juga rak untuk TV. Sungguh sebuah desain yang pintar!

Setelah tahu 5 Tips Tata Ruang Rumah dengan Denah Memanjang. Silahkan aplikasikan ke rumah kamu yaa!