28
Agu

5 Tips Sederhana Untuk Membuat Desain Pagar Minimalis

5 Tips Sederhana Untuk Membuat Desain Pagar Minimalis

Pagar Minimalis – pagar mempunyai tugas utama sebagai pembatas rumah yang membatasinya dengan rumah lain atau area sekitar. Pagar juga merupakan salah satu bagian dari dekorasi rumah yang memiliki banyak fungsi yaitu sebagai pengaman rumah yang melindunginya dari beberapa gangguan seperti hewan, manusia, dan lainnya.  Tak heran jika pagar menjadi bagian penting dari suatu rumah yang tidak dapat dipisahkan. Untuk itu kami telah merangkum beberapa tips untuk membuat desain pagar rumah minimalis yang mudah dan sederhana.

  • Tentukan Fungsi Pagar

Secara garis besar, fungsi pagar dapat dibagi menjadi dua yaitu untuk fungsi keamanan atau tambahan dekorasi saja. Sebelum memulai membangun sebuah pagar, Anda harus menentukan dulu fungsi utama dari pagar tersebut, setelah itu baru anda dapat mempertimbangkan desain pagar seperti apa yang pas untuk anda.

  • Pilih Warna Yang Tidak Mencolok

Rumah minimalis memiliki karakter sederhana yang berkaitan erat dengan tampilannya. Warna-warna kalem yang tidak mencolok kerap kali menjadi warna utama untuk rumah minimalis.

Oleh karena itu, mencat pagar rumah minimalis dengan warna serupa dapat membuatnya terlihat matching dengan tampilan keseluruhan rumah. Pilihlah warna-warna netral seperti abu dan putih atau warna lain dengan tampilan yang lembut.

  • Tampilan Finishing Alami

Selain mencat pagar rumah minimalis dengan beberapa warna tertentu, anda juga dapat membiarkan tampilannya terlihat alami sesuai dengan material utama yang digunakan. Contohnya, jika anda menggunakan kayu sebagai material pagar rumah anda, biarkan tampilan kayu alaminya terlihat tanpa perlu dicat dengan warna lain atau jika anda menggunakan beton, warna alami semen dapat memberi sentuhan elegan pada eksterior rumah minimalis.

Mengingat aksen dekorasi yang terbuat dari material alami merupakan salah satu pilihan populer untuk mempercantik rumah minimalis, anda dapat menggunakan pagar dengan finishing alami tanpa tambahan warna. Selain itu, pagar dengan tampilan tersebut akan terlihat selaras dengan halaman depan rumah anda dengan dekorasi yang alami.

  • Desain Yang Modern

Desain pagar rumah minimalis modern biasanya ditandai dengan garis-garis tegas, bentuk geometris, dan tanpa ornamen yang berarti. Jadi, anda harus menghindari desain pagar dengan lekukan-lekukan yang berlebihan, justru bentuk pagar yang lebih sederhana sangat pas untuk rumah minimalis. Hindari juga penambahan ukiran, aksen, atau hiasan yang terlalu ramai sehingga menghilangkan karakter sederhana pada eksterior rumah minimalis anda.

  • Material Yang Digunakan

Beberapa material yang paling populer untuk pagar rumah minimalis adalah kayu, besi, dan beton. Anda dapat memilih salah satu material atau mengkombinasikan beberapa diantaranya dalam satu desain pagar.

Papan kayu yang panjang dan ditumpuk menjadi panel pagar merupakan desain paling mudah yang bisa anda pertimbangkan. Untuk material besi, biasanya lempengan-lempengan besi yang disusun rapi atau panel besi dengan desain modern sering digunakan. Sedangkan jika anda memilih beton sebagai material utama, buatlah desain pagar yang sederhana dengan warna yang elegan.