24
Okt

5 Tips Mendesain Ruang Makan Compact

5 Tips Mendesain Ruang Makan Compact

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Bagaimana cara memiliki dapur dan ruang makan yang terasa lega, namun ternyata space yang dimiliki sangat terbatas? Solusi adalah menyatukan kedua area tersebut, karena memiliki kegiatan yang saling berkaitan. Ini merupakan solusi rumah kecil yang kerap digunakan oleh para arsitek dan desainer dari luar negeri, seperti Singapura dan Jepang.Metode desain ini semakin banyak diterapkan di Indonesia karena kapasitas hunian yang semakin compact. Ada beberapa cara membuat kedua ruangan ini berintegrasi, yaitu menjadikan island table multifungsi sebagai tempat memasak dan meja makan, atau membuat meja makan lipat yang menyambung dengan dapur, atau menggunakan meja makan kecil yang bisa berdekatan dengan dapur. Berikut ini 5 tips mendesain ruang makan compact.

1. Simpel dan Tidak Banyak Perabot

5 Tips Mendesain Ruang Makan Compact

Desain ruang makan compact dikenal dengan penataannya yang simpel, praktis, dan sederhana. Penghuni rumah yang memilih desain ruang makan compact pun pasti adalah orang-orang menyukai sesuatu yang praktis dan tidak rumit. Mereka menyadari bahwa luas ruang makan cukup terbatas, sehingga penggunaan perabotan makan pun seminimal dan seefisien mungkin. Hal ini agar perabot yang dihadirkan tidak membuat ruang makan semakin terkesan sempit. Perabotan yang dipilih pun yang sifatnya ringan dan tidak menghalangi pandangan sehingga dapat membuat ruangan terkesan lebih lapang dan luas.

2. Minimalkan Sekat

5 Tips Mendesain Ruang Makan Compact

Desain ruang makan saat ini umumnya didesain menyatu dengan ruang lain, seperti dengan dapur atau ruang keluarga. Daripada ruang makan terasa semakin sempit karena terbagi-bagi dengan ruang lain, lebih baik Anda menggabungkan ruangan tersebut dengan meniadakan sekat-sekat atau dinding yang ada. Tak cuma membuat sirkulasi menjadi nyaman, cara ini akan membuat ruang makan terasa jadi jauh lebih luas. Konsep penataan ruang makan compact umumnya juga tampak rapi dan teratur sehingga akan membantu ruang terasa lebih lega.

READ  Inspirasi Desain Meja Makan Minimalis untuk Apartemen Studio

3. Meja Makan Bentuk Bulat

5 Tips Mendesain Ruang Makan Compact

Meja makan adalah elemen penting di ruang makan. Bentuk dan desainnya yang sangat banyak kerap membuat bingung pemilik rumah. Mana yang harus dipilih, antara persegi panjang atau bentuk bulat. Dalam desain ruang makan compact, Anda sebaiknya memilih meja makan dengan bentuk bulat. Meja makan dengan bentuk bulat lebih hemat ruang dibanding yang persegi panjang. Kelebihan lain meja makan bundar dibandingkan meja makan persegi panjang adalah meja makan bundar tidak memiliki sudut. Meja tanpa sudut tentu lebih nyaman dan aman, terlebih bagi ruang makan berukuran mungil.

4. Kursi Berkaki Ramping

5 Tips Mendesain Ruang Makan Compact

Selain meja, kursi di meja makan juga menjadi furnitur yang vital di ruang makan. Kursi makan kini hadir dalam beragam desain. Furnitur ini juga kerap membuat Anda bingung, apalagi jika Anda membeli kursi makan yang terpisah dengan meja makan. Sering kali tinggi dudukan kursi makan yang dibeli tidak sesuai dengan meja makan, atau ukurannya tidak proporsional. Sebagai tips untuk mengisi ruang makan compact, pilihlah desain kursi makan yang berkaki ramping. Selain terlihat simpel, kursi yang berkaki ramping tidak banyak memakan tempat, sehingga bisa menghilangkan kesan sesak di ruang makan. Kini juga tidak jarang bisa didapati set meja makan yang kursinya dapat disusun dengan pas bersama meja sehingga saat tidak dipakai, set meja makan tidak memakan banyak tempat.

5. Rak Pengganti Lemari

5 Tips Mendesain Ruang Makan Compact

Anda tentu membutuhkan lemari di ruang makan sebagai tempat untuk menyimpan koleksi piring dan perabot makan lainnya. Namun, kehadiran lemari penyimpanan bisa membuat ruang makan menjadi penuh. Sebagai solusi, ganti lemari tersebut dengan rak dinding. Floating shelves atau rak dinding selain bisa digunakan untuk menyimpan peralatan makan, juga bisa digunakan untuk meletakkan pajangan yang membuat ruang makan terlihat lebih cantik.

READ  Lakukan Hal Ini Agar Garasi Selalu Bersih