21
Jan

5 Tips Jitu Hadirkan Desain Rumah Industrial di Hunian

5 Tips Jitu Hadirkan Desain Rumah Industrial di Hunian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – ada banyak interior design hunian yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah gaya rumah industrial. Gaya ini identik dengan gaya interior pabrik industri pada abad ke-19. Seiring berjalannya waktu, gaya interior ini mulai tidak dipakai di pabrik zaman sekarang. Akan tetapi, desain interior industrial menarik perhatian para penyuka seni interior hingga penikmatnya untuk diterapkan dalam hunian.Rumah industrial memiliki kepribadian yang unik. Meskipun terkesan tua, rumah industrial mampu membawa kehangatan bagi penghuninya. Untuk menerapkan gaya ini, kamu perlu memahami lebih dalam apa yang membuat rumah industrial berbeda dengan rumah bergaya lainnya. Berikut ini 5 Tips Jitu Hadirkan Desain Rumah Industrial di Hunian

1. Padanan Bata Ekspos dan Material Metal di Dapur

Konsep rumah industrial agaknya tak lepas dari material bata ekspos. Untuk kesan industrial yang makin terasa, padukan bata ekspos dengan furniture industrial berbahan metal. Misalnya pada dapur, kamu bisa menggunakan kursi-kursi makan metal dengan pilihan warna monokromatis.

Saat merancang desain rumah industrial dengan bata ekspos, pastikan ruangan mendapat pencahayaan alami yang cukup. Namun, hindarkan bata dari sinar matahari langsung. Gunakan tirai tipis untuk menyaring cahaya matahari yang masuk.

2. Ruang Tamu Serba Monokrom dengan Statement Wall

Desain rumah industrial memang identik dengan kesan “berbeda” dan “khas”. Salah satu cara menampilkan ciri khas ini adalah dengan menciptakan statement wall dan interior serba monokrom.

Pilih sofa 3 seater berwarna abu gelap atau hitam dan pasangkan dengan meja tamu berkaki metal yang kokoh. Lengkapi dengan furniture industrial selanjutnya: lampu lantai berwarna senada. Agar suasana terasa hangat, kamu bisa menambahkan karpet bermotif berwarna cerah.

READ  Ide Kreatif Untuk Dapur Yang Kecil

3. Kursi Bar Sebagai Pengganti Kursi Makan

Nuansa berbeda di ruang makan bisa didapat dengan mudah lewat trik sederhana. Misalnya, mengganti kursi makan biasa dengan kursi bar. Tidak sedikit interior desain rumah industrial yang memanfaatkan kursi bar untuk kesan berbeda di hunian, kursi dengan rangka kaki jenjang ini dianggap dapat melengkapi konsep rumah industrial yang umumnya didesain dengan langit-langit tinggi. Salah satu furniture industrial yang bisa kamu pakai adalah Kursi Kayu Scaffold Bar dengan sandaran yang nyaman.

4. Furniture Industrial Kokoh Di Kamar Tidur

Menerapkan konsep desain rumah industrial di kamar tidur bisa menjadi tantangan tersendiri. Selain pilihan furniture yang lebih sedikit dibanding kamar lainnya, asal memadukan furniture industrial malah membuat kamar jadi tidak nyaman.

Untuk kamar tidur, fokuslah menerapkan konsep desain rumah industrial pada elemen-elemen tertentu saja, seperti di tempat tidur, meja samping atau meja rias. Pada inspirasi di atas, furniture industrial yang dipilih adalah rangka tempat tidur dan meja samping dari kayu. Dua-duanya dibekali rangka kokoh dari metal, ciri khas dari konsep desain industrial.

Meja Samping Aubrey

5. Nuansa Kayu Alami Pada Furniture Desain Rumah Industrial

Jika pada desain rumah Skandinavian elemen yang digunakan bisa terdiri dari berbagai material, desain rumah industrial cenderung lebih fleksibel dan mudah dipadukan karena memakai beberapa material inti saja. Elemen kayu alami sangat populer digunakan pada konsep desain ini karena keluwesan warnanya saat membaur dengan material lain, juga mudahnya membentuk tekstur baru yang raw khas dengan material kayu.

Inspirasi di atas contohnya. Kitchen set dan kabinet kayu berpadu harmonis dengan set meja dan kursi makan kayu solid berwarna senada. Kaki-kaki metal pada kursi dan meja bukan hanya memberi ciri khas, tapi juga kekuatan untuk furniture yang tahan lama.

READ  Inspirasi Desain Interior Ruang Kerja Industrial yang Unik dan Trendi

Meja Makan Tobi 6 Kursi