14
Mei

5 Tips Dekorasi Rumah Sehat!

5 Tips Dekorasi Rumah Sehat!

Selalu Jaga Kualitas Udara di Dalam Rumah Selama Berkegiatan WFH - JD News

Kontraktor JogjaRumah sehat menjadi sebuah keharusan. Alasannya selain kenyamanan juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan penghuni. Namun begitu, rumah sehat tak identik dengan hunian yang besar dan mewah. Hunian dengan ukuran kecil dan sederhana pun dapat memenuhhi kriteria rumah sehat, ko. Lalu, apa saja kriterianya? 5 Tips dekorasi rumah sehat! Berikut ini bisa Kamu jadikan referensi untuk Rumah Impianmu. Mari, baca artikelnya sampai selesai ya.

 

1. Perhatikan Kualitas Udara dalam Ruangan

Karpet adalah salah satu cara termudah dan murah mendekorasi ruangan dan menghasilkan suasana yang hangat dan nyaman. Namun, karpet juga bisa menjadi sumber dari ketidaknyamanan.

Dekorasi rumah
Karpet adalah pelabuhan dari alergen, debu, bakteri, dan, berbagai polutan lainnya yang dapat memengaruhi masalah kualitas udara dan menyebabkan kesehatan. Iritasi pada kulit, sakit kepala, batuk-batuk, kelelahan, iritasi pada mata, kesulitan bernafas adalah beberapa masalah kesehatan yang disebabkan polutan pada karpet.

Maka dari itu, jika ingin mendapatkan suasana nyaman di dalam ruangan dengan instalasi sebuah karpet, ada baiknya sempurnakan dengan rencana untuk selalu membersihkannya secara periodik atau berkala, agar kualitas udara dapat terjaga dengan baik.

2. Perhatikan Suhu Ruangan

Suhu ruangan dapat memengaruhi mood dan perasaan.

Sebuah studi mengatakan, bagaimana temperatur ruangan dapat menyebabkan seseorang terpengaruh dalam tindakan dan suasana hati mereka.

Dekorasi rumah

Dalam hal ini kita mesti perhatikan betul-betul suhu atau temperatur pada ruangan saat akan mendekorasi. Suhu yang tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin, akan sangat pas dan menjadikan suasana ruang menjadi sangat nyaman.

3. Ventilasi Udara

Tanpa benar-benar kita sadari, penggunaan bahan-bahan kimia yang ditujukan untuk membuat suasana rumah agar makin fresh dan terhindar dari bau-bau tak sedap, seperti penggunaan penyegar ruangan beraroma lemon dan pinus, justru menghasilkan sebuah reaksi kimia yang menyebabkan polusi udara.

Dekorasi rumah

Alih-alih mendekorasi rumah dengan sentuhan teknologi terkini agar makin nyaman, tanpa sebuah ventilasi udara yang memadai, justru menyebabkan berbagai polutan terperangkap dalam ruangan.

READ  Cara Mudah Memasang Lantai Kayu

4. Pemilihan Warna

Mengutip sheilarichinteriors.com, desain interior yang menggunakan colour theraphy atau chromatheraphy dapat meningkatkan semangat Anda, meningkatkan kekebalan terhadap penyakit, dan secara umum dapat meningkatkan gaya hidup yang sehat dan baik.

Pemilihan warna akan membuat rumah terasa sangat nyaman. Tentunya dengan penggunaan dan perpaduan, serta pola yang tepat.

Dekorasi rumah

Setiap pilihan warna dapat memberikan perasaan berbeda-beda pada diri kita.

  • Merah: Warna darah dan gairah. Merah mampu merangsang, membangkitkan, dan mempertinggi kesadaran.
  • Biru: Warna langit dan laut. Salah satu warna yang paling populer. Pilihan warna biru akan memberikan ketenangan. Namun, jika terlalu banyak menggunakannya, suasana akan berubah menjadi dingin dan agak menyedihkan.
  • Kuning: Ceria, warna matahari. Warna kuning adalah pengambil perhatian. Warna ini dapat mengisi kembali, memberikan energi, dan merevitalisasi.
  • Hijau: Melambangkan alam. Ini adalah warna yang paling mudah dan eye caching. Hijau memberikan ketenangan, menyegarkan, dan menyeimbangkan.
  • Orange: Warna ceria yang dapat mengingatkan pada buah-buahan, yang bersih dan cerah. Oranye juga dianggap dapat memberikan ketertiban.
  • Ungu: Warna yang melindungi dan memberikan kenyamanan. Ungu adalah representasi warna bunga atau sayuran.
  • Coklat: Solid. Coklat adalah warna bumi. Sangat cocok untuk pria yang aktif dan modern.

5. Tema Pencahayaan

Pencahayaan pada ruangan juga dapat memberikan rasa nyaman dan suasana menenangkan yang dibutuhkan. Jangan ragu untuk memberikan sentuhan dekorasi interior dengan tema pencahayaan seperti penggunaan lilin.

Dekorasi rumah

Arsitek ini semoga dapat menjadi inspirasi & bisa bermanfaat untuk Kamu ya.

Jangan lupa share dan comment juga. Terimakasih.