29
Jan

5 Tips Ampuh Merawat Furnitur Rotan yang Ngga Boleh Kamu Lewatkan!

5 Tips Ampuh Merawat Furnitur Rotan yang Ngga Boleh Kamu Lewatkan!

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorFurnitur berbahan rotan adalah pilihan yang tepat untuk melengkapi interior rumah Anda. Selain membuat rumah terlihat cantik, furnitur rotan membawa kesan klasik namun elegan. Rotan adalah salah satu furnitur yang fleksibel, cocok untuk menghias area indoor maupun outdoor. Asyiknya lagi, harga furnitur rotan tidak semahal furnitur kayu, tetapi memiliki kekuatan yang sama. Furnitur rotan juga cenderung lebih praktis. Bebannya yang lebih ringan, memudahkan kita untuk memindahkannya ke mana saja sesuai keinginan. Berikut ini 5 tips ampuh merawat furnitur rotan yang ngga boleh kamu lewatkan!.

Gunakan Sikat Halus

9 Cara Merawat Kursi Rotan Agar Prima & Selalu Cantik

Bentuk rotan yang memiliki banyak area persembunyian, membuat kamu perlu cara ekstra untuk membersihkannya. Maka dari itu, kamu bisa gunakan sikat dengan ukuran kecil untuk menyingkirkan debu-debu yang menempel pada furnitur rotan. Sebaiknya gunakan sikat dengan bahan yang halus. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores permukaan furnitur ya!

Bersihkan Dengan Deterjen

8 Cara Merawat Furnitur Rotan Agar Tetap Awet dan MenawanJika kamu sudah mengelap furnitur rotan dengan kain lap basah namun tidak berhasil bersih secara sempurna, mungkin kamu harus menggunakan deterjen. Sebenarnya deterjen ini sangat ampuh jika furnitur tersebut terbuat dari rotan sintetis. Sedangkan, jika rotan alami, kamu hanya perlu kain lap basah saja kok. Kamu bisa gunakan deterjen pakaian. Setelah diberi deterjen, kamu bisa siram dengan air agar busa deterjen hilang. Lalu, keringkan dengan kain lap.

Gunakan Penyedot Debu

Tips merawat furnitur rotan selanjutnya adalah dengan menggunakan penyedot debu. Cara ini bisa kamu gunakan sebelum rotan dicuci. Pilihlah penyedot debu dengan ujung berbulu panjang. Tentunya, dengan penyedot debu berbulu ini akan memudahkan kamu untuk membersihkan dan menjangkau debu pada bagian celah-celah. Ohiya, selama kamu membersihkan furnitur rotan dengan penyedot debu, lakukanlah dengan hati-hati dan jangan menekan permukaan furnitur dengan keras agar tidak merusak permukaan.

READ  Tips Bermain dengan Warna Krem di Rumah Idaman Anda

Rapikan Dengan Gunting

Cara Membersihkan Furniture Rotan | Blog Belifurniture

Jika pemakaian furnitur rotan kamu sudah agak lama, mungkin nantinya serabut-serabut rotan akan muncul. Nah, disinilah saatnya kamu untuk merapikan serat-serat tersebut agar tidak merusak tampilan furnitur. Kamu bisa rapikan dengan menggunakan gunting yang tajam. Jangan sekali-kali, kamu mencabut serat rotan yang muncul tanpa menggunakan gunting ya, karena nantinya malah membuat kerusakan lebih parah.

Melakukan Re-finishing Pada Furnitur Rotan

CARA MERAWAT FURNITURE ANTIK KAYU JATI AGAR LEBIH AWET DAN TERLIHAT BARU |  Oscar Furniture - Jakarta, Indonesia

Pada dasarnya, warna furnitur rotan memiliki warna alami yaitu coklat. Agar furnitur rotan tetap terjaga, sebaiknya kamu bisa melakukan re-finishing dengan menggunakan wax atau melamik. Cara ini sangat ampuh dilakukan pada rotan dengan warna yang sudah memudar. Kamu bisa langsung menyemprotkan wax atau melamik ke seluruh furnitur rotan. Lakukan hal ini dengan berkala minimal 4 tahun sekali agar furnitur kamu tetap terlihat seperti baru lagi.

Ngga susah kan merawat furnitur rotan? Yuk, mulai sayangi furnitur rotan kamu dari sekarang! Semoga beberapa tips diatas bisa membantu kamu ya! Simak terus blog Fabelio.com untuk mendapatkan tips menarik lainnya! Happy furnishing.