15
Des

5 Tanaman Pengusir Nyamuk secara Alami

5 Tanaman Pengusir Nyamuk secara Alami

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor Manusia pada dasarnya memiliki banyak aroma yang dapat menarik nyamuk. Serangga-serangga ini membaui karbon dioksida yang dipancarkan dari napas dan senyawa-senyawa yang dipancarkan dari keringat manusia. Nyamuk juga tertarik pada tubuh yang hangat, menjadikan manusia pilihan utama untuk sumber makan malam makhluk ini, terutama di musim-musim panas. Berikut ini 5 tanaman pengusir nyamuk secara alami.

1. Geranium atau Tapak Dara

Warnanya yang cerah secantik fungsi tambahannya. Selain menjadi tanaman hias, bunga ini juga bisa mengusir nyamuk. Mengandung zat geraniol dan sitronelol yang mudah berbaur dengan udara, kedua zat tersebut merupakan aroma yang dibenci oleh nyamuk. Tanam saja pada pot kecil dan letakan di dekat jendela atau kipas, di mana pun tempat yang menghasilkan udara yang bergerak.

2. Lemon Grass atau Serai Wangi

Tentu tanaman ini sangat erat bagi Anda yang senang memasak, atau menyeduh teh wangi untuk kesehatan. Tapi ternyata fungsi lain tanaman rempah ini adalah mengusir nyamuk dengan kandungan geraniol dan sitronelol. Anda boleh menanam di pekarangan rumah, atau membuat bentuk ekstraknya atau minyak serai.

3. Lavender

Anda kerap mendengarnya di iklan-iklan lotion anti nyamuk bukan? Ya, tanaman asli Swiss ini memang sangat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan antinyamuk yang hasil jadinya dalam produk parfum maupun lotion.

Selain menaman tanaman ini di di dalam maupun di luar rumah, bunganya bisa digosok-gosokan ke tangan sebagai perlindungan akan gigitan nyamuk, karena bunga ini mengandung senyawa linalool dan lynalyl acetate yang tak disukai nyamuk.

4. Rosemary

Biasanya tanaman hias ini ditanam di pekarangan, namun bisa juga pada pot kecil. Letakan di dekat jendela atau ambil daunnya lalu gosokkan ke kulit sebagai pengusir nyamuk alami.

READ  Menata Meja Makan Minimalis

5. Marygold atau Bunga Tahi Ayam

Jangan anggap sepele bunga yang biasa tumbuh menjadi ilalang ini, karena baunya yang ternyata tidak sedap juga dibenci oleh nyamuk. Tentu tanaman ini bisa jadi pilihan menarik untuk ditanam di taman rumah bukan?