19
Okt

5 Masjid di Bandung dengan Disain Arsitektur Memukau

5 Masjid di Bandung dengan Disain Arsitektur Memukau

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor -Siapa yang tidak kenal dengan Ridwan Kamil. Selain sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga terkenal sebagai arsitek yang merancang berbagai bangunan di dalam atau luar negeri. Lulusan Institut Teknologi Bandung dan Bakeley University ini dikenal sangat berpengalaman dalam mendesain bangunan dengan gaya unik, artistik, dan konsep yang menarik.Dari sekian banyak bangunan yang telah didesain Ridwan Kamil, salah satu bangunan yang sering ia rancang adalah masjid. Ada sejumlah masjid di Indonesia telah dibangun berdasarkan hasil karyanya bersama tim Urbane Indonesia. Berikut ini 5 masjid Bandung dengan disain arsitektur memukau.

1. Masjid Al-Irsyad

Masjid Al-Irsyad berada di kawasan Padalarang, Bandung. Tempat ibadah yang dibangun oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut, dikembangkan di atas lahan seluas 1 hektar, masjid ini memiliki disain arsitektur yang sangat unik, jika biasanya masjid dibuat dengan disain kubah berbeda dengan masjid Al Irsyad yang dibangun dengan bentuk kubah.

Tidak hanya itu, interior masjid ini pun dibilang cukup menarik, dinding mimbar masjid dibuat bolong sehingga jamaah bisa langsung melihat pemandangan indah di hadapan masjid. Di dalam masjid juga tidak terdapat jendela, namun cahaya dan udara masih dapat masuk karena pada dinding masjid terdapat banyak lubang ventilasi.

2. Masjid Lautze 2

Masjid Lautze 2 berada di Jalan Tamblong No. 27, Braga, Kec, Sumur Bandung. Tempat ini menjadi salah satu masjid di Bandung yang dibuat dengan disain yang unik karena berarsitekturkan Tionghoa. Layaknya sebuah klenteng, warna masjid ini dibuat merah dan kuning di sekeliling masjid juga banyak digunakan lampu lampion.

3. Masjid Raya Bandung

Masjid di Bandung lainnya yang memiliki disain unik adalah Masjid Raya Bandung. Tempat ini juga menjadi salah satu masjid tertua di Bandung karena didirikan sejak tahun 1810. Masjid Raya Bandung dibangun cukup luas karena dapat menampung sekitar 13.000 jamaah. Masjid ini memiliki dua buah menara dengan ketinggian mencapai 81 meter, tidak hanya itu masjid ini juga memiliki sebuah taman yang cukup besar dengan rumput sintetis sebagai pijakan.

4. Masjid Al Multazam

Masjid di Bandung lainnya yang memiliki disain arsitektur yang unik adalah Masjid Al Multazam, tempat ibadah yang berlokasi di kawasan Bojongsoang tersebut dibangun seluas 5.000 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 24 x 24 m2. Tempat ini memiliki disain mengotak, pada masing-masing dinding bertuliskan kaligrafi Alhamdulillah, apalagi di depan masjid terdapat sebuah danau yang dapat digunakan untuk berswafoto.

5. Masjid Al – Furqan UPI Bandung

Masjid unik lainnya ada di Masjid Al Furqan, masjid ini berada di Jalan Dr. Setiabudi No. 229, Kec. Sukasari, Bandung. Keunikan tempat ibadah ini dapat terlihat dari kubahnya yang memiliki bentuk seperti piramida. Masjid Al Furqan juga dibangun cukup megah karena dapat menampung jamaah hingga 10.000 jamaah.