19
Mei

5 Kelemahan Rumah Tidak Pakai Plafon!

5 Kelemahan Rumah Tidak Pakai Plafon!

12 Desain Rumah Tanpa Plafon yang Menarik

Kontraktor JogjaPlafon sendiri sebenarnya akan memberikan banyak keuntungan jika diaplikasikan. Hanya saja, beberapa orang justru memilih untuk tidak menggunakan plafon karena alasan tertentu. Padahal akan lebih banyak sisi positifnya. Rumah yang dibangun tanpa diberi plafon secara tampilan tentu akan jauh berbeda dengan yang dipasangi plafon. Hal ini bisa terlihat ketika usia rumah Anda sudah sampai bertahun-tahun. Berikut 5 kelemahan rumah tidak pakai plafon, beberapa imbas pada rumah yang cukup negatif bila rumah tidak dipasangi plafon.

Hilangnya Pelindung Kebocoran Atap

Catat, Ini Kiat Jitu Agar Rumah Tidak Bocor Saat Musim Hujan - Bisnis  Liputan6.com

Sebagai bagian terluar dari rumah, atap punya potensi mengalami kerusakan kecil yang luput dalam perhatian kita. Lalu bayangkan jika dalam 1 situasi, terjadi hujan deras yang menimbulkan kerusakan atap? Tanpa plafon, air hujan akan langsung jatuh ke lantai rumah. Rumah tanpa plafon artinya Anda tidak punya batasan antara ruangan dengan atap.

Kehilangan Tempat Meletakkan Instalasi Kabel 

Tanpa plafon, Anda harus sedikti ekstra kreatif untuk menyembunyikan instalasi kabel di rumah.

Setidaknya, kabel untuk keperluan pencahayaan rumah pasti diletakkan di atas rumah dan dibuat menjalar memanjang.

Selain lampu, kebutuhan kabel juga diperlukan untuk instalasi soket hingga antena TV.

Kehilangan Tempat Penyimpanan Tambahan

Plafon memberikan Anda sebuah ruang tambahan tanpa perlu mengalokasikan lahan dan area tertentu.

Plafon bisa dimanfaatkan sebagai gudang untuk penyimpanan barang-barang yang mungkin sangat jarang Anda gunakan atau benda-benda yang tidak ingin dijangkau dengan mudah oleh anak-anak.

Terutama bila Anda mengusung rumah yang minimalis atau suka rapi, semakin banyak ruang penyimpanan maka lebih baik bukan?

Tidak Adanya Pelindung Ruangan Dari Kotoran

Atap rumah tentunya bukan bagian yang bisa Anda bersihkan setiap saat. Padahal atap bisa sangat kotor dan mengundang banyak sekali kotoran.

READ  Desain Tipe Studio Dari Jasa Desain Interior Apartemen

Misalnya, dari celah-celah atap, kotoran dari luar rumah bisa terbawa masuk.

Selain itu, hewan-hewan kecil yang sering tinggal di rumah juga bisa mengotori ruangan. Seperti cicak dan serangga, kotorannya bisa jatuh begitu saja langsung ke lantai ruangan.

Kotoran-kotoran tersebut membuat Anda harus mau rajin membersihkan area rumah Anda. Terutama debu-debu halus yang bisa merubah warna tembok.

Plafon Bisa Menghias Ruangan Lebih Mudah

rumah tanpa plafon

Plafon berpengaruh secara langsung dalam menunjang estetika ruangan. Ini tidak berarti tanpa plafon ruangan tidak bisa indah, hanya saja dengan plafon menjadi lebih mudah.

Secara umum akan berdampak pada nilai estetika ruangan. Plafon tentunya mampu memberikan sentuhan yang cukup manis pada setiap ruangan.

Apalagi, plafon saat ini tidak hanya tersedia varian yang polos saja. Adanya ukiran hingga cat warna dapat menambah kesan yang epik pada ruangan dan model seperti ini bisa Anda pilih.

Anda bisa memasang plafon yang memiliki ornamen motif dan ukiran yang kini tersedia di pasaran. Dengan motif dan warna yang sesuai, Anda bisa membuat nuansa ruangan jadi lebih indah.

Ruangan  Jadi Lebih Panas

Plafon mampu mengisolasi panasnya udara luar dengan memerangkapnya di ruangan kosong antara atap dan plafon. Plafon membuat udara panas atau paparan matahari tidak bersentuhan langsung dengan udara di dalam ruangan, sehingga menjadikan rumah lebih sejuk.

Itulah beberapa kelemahan yang bisa timbul jika rumah tanpa plafon. Nah, semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat ya! Dan jangan lupa comment serta share artikel ini ya.