28
Nov

5 Inspirasi Lantai Rumah Selain Keramik yang Bisa Menjadi Pilihan

5 Inspirasi Lantai Rumah Selain Keramik yang Bisa Menjadi Pilihan 

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Seperti yang kita tahu, selain pakaian dan juga makanan memiliki tempat tinggal jadi salah satu kebutuhan utama manusia, tentunya tidak terkecuali kita anak muda. Bahkan sekarang ini banyak sekali perumahan yang menyasar anak millenial sebagai pembelinya, dengan cicilan murah dan model rumah yang minimalis bisa jadi kesempatan buat kita yang pengen punya rumah cepat cepat. Tetapi setelah punya rumah, PR selanjutnya biasanya dekorasi, karena setiap orang punya bayangan tentang rumah impiannya seperti apa. Salah satu komponen penting yang bisa mempercantik rumah itu lantainya. Berikut ini 5 inspirasi lantai rumah selain keramik yang bis menjadi pilihan untuk anda.

1. Lantai Vinyl yang modis dan praktis

5 Inspirasi Lantai Rumah Selain Keramik yang Bisa Menjadi Pilihan di Rumah SobatVinyl atau yang bisa dibaca vinil merupakan bahan penutup lantai yang bahan dasarnya berasal dari polimer sintetik yang dimodifikasi agar kian cantik dengan penggunaan teknologi pigmentasi agar terjadinya penambahan warna. Teksturnya yang halus dan juga elastis ditambah dengan pilihan motif yang beragam bisa mempercantik ruangan. Sesuaikanlah desain interior di rumah sobat sesuai keinginan.

Bentuk lantai vinyl yang paling sering akan sobat jumpai adalah lantai vinyl berbentuk menyerupai lantai kayu. Meskipun demikian ternyata banyak juga lho lantai vinyl yang menyerupai lantai dari bebatuan alam, kulit hewan bahkan motif keramik yang kekinian. Jika menjumpai lantai vinyl sobat juga akan menyangka wallpaper.

Namun begitu lantai vinyl sendiri memiliki dua macam tipe. Salah satu tipe yang cukup sering diproduksi dan sering digunakan adalah ubin vinyl, lanntai vinyl yang satu ini memiliki bentuk yang menyerupai ubin keramik yaitu bentuk persegi. Beberapa contoh tampilan yang bisa ditemui dari lantai vinyl tipe ini adalah berbentuk rupa marmer atau keramik klasik.

Tipe selanjutnya dari lantai vinyl ini yakni papan vinyl. Bentuknya yang menyerupai potongan lantai kayu asli dari segi ukuran, fitur serta permukaannya benar-benar dibuat sangat mirip dengan hard wood tersebut. Lantai vinyl sendiri sangat cocok unruk melapisi lantai di rumah pada berbagai ruangan, terlebih lagi pada ruang tamu, ruang keluarga, bahkan kamar tidur.

READ  Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Harga lantai vinyl dengan berbagai tipe dan motif ini relatif cukup murah. Kelebihan dari lantai vinyl ini ialah mudah dipasang dan juga mudah dibersihkan. Sobat hanya perlu menyapu dan juga mengepel sesekali dan untuk perawatan berjangka bisa dengan memberikan plitur saja.

Meskipun demikian lantai vinyl juga tidak luput dari kekurangan. Beberapa kekurangan dari lantai vinyl ini yaitu apabila rusak atau robek tentu susah dibetulkan kembali, sehingga lebih baik untuk menggantinya secara keseluruhan. Dan yang perlu sobat perhatikan juga ialah bahwa lantai vinyl mengandung unsur kimia yang dapat mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan

2. Lantai kayu alami yang tahan lama

5 Inspirasi Lantai Rumah Selain Keramik yang Bisa Menjadi Pilihan di Rumah SobatBelakangan ini tren menggunakan bahan atau material yang alami untuk tampilan natural sedang meningkat. Semakin banyak saja orang yang lebih senang dengan material yang berasal dari alam. Ini lah sebabnya tipe lantai kayu cukup banyak diburu. Apabila sebelumnya membahas lantai vinyl yang bisa menyerupai kayu. Kini saatnya Vira bahas bentuk aslinya.

Lantai kayu atau hard wood floor terbuat dari potongan-potongan pohon begitu juga dengan lantai parket atau parquet. Kedua lantai ini merupakan jenis lantai yang berbeda. Potongan kayu atau parquet diolah tanpa campuran bahan lain. Tentu hal inilah yang membuat lantai kayu memiliki kualitas dan ketahanan yang sangat baik. Pohon yang dijadikan lantai kayu berkualitas tinggi biasanya dari pohon jati, merbauw, oak dan sonokeling.  Dengan begitu sudah dipastikan jika harga lantai kayu alami cenderung mahal.

Kelebihan dari lantai kayu alami ini adalah tahan air dan sangat mudah dibersihkan dari noda, baik disapu atau dengan dipel. Perawatan untuk unsur dari kayu cenderung lebih mudah. Dengan menggunakan lantai kayu ini juga akan memberikan kesan yang tidak hanya natural namun juga mewah. Adapun kekurangan dari lantai jenis ini adalah pemasangannya yang relatif sulit dan juga membutuhkan waktu lama.

READ  Contoh Desain Rumah dengan Batu Bata Merah Terbaru

Pada kondisi cuaca yang ekstrim dan berubah-ubah, lantai kayu dapat menyusut dan juga memuai mengikuti suhu temperature udara. Selain itu pemasangannya yang sulit dan relatif membutuhkan waktu lebih lama juga merupakan hal yang banyak dijadikan bahan pertimbangan oleh orang-orang.

3. Lantai marmer untuk nuansa lebih elegan

5 Inspirasi Lantai Rumah Selain Keramik yang Bisa Menjadi Pilihan di Rumah SobatBagi sobat yang menyukai tampilan modern dan mewah, lantai marmer merupakan pilihan yang bisa sobat pertimbangkan dengan baik. Lantai marmer dapat menjadi sentuhan yang tepat di dalam sebuah hunian. Pilihan dalam lantai marmer sangatlah beragam. Lantai marmer dengan corak alami ataupun lantai marmer yang polos akan membuat rumah sobat terlihat sangat elegan.

Coba deh sobat perhatikan, rumah-rumah mewah dengan desain klasik cenderung menggunakan lantai jenis marmer ini. Memang tidak bisa dipungkiri lantai marmer terkenal cukup mahal diantara tipe lantai rumah lainnya. Pemasangannya pun perlu berhati-hati agar tidak retak atau rusak. Tentu butuh tenaga ahli untuk memasang lantai marmer agar terhindar dari kerusakan.

Tampilannya yang akan semakin menawan dan juga cantik dengan seiring berjalannya waktu. Lantai ini juga cukup kuat dibanding dengan jenis lantai lainnya. Rumah sobat akan tampak estetik jika menggunakan lantai marmer dengan warna earthy.

4. Lantai karpet yang nyaman dan hangat

5 Inspirasi Lantai Rumah Selain Keramik yang Bisa Menjadi Pilihan di Rumah SobatLantai kerap kali dijadikan alas duduk atau pun alas tidur dan juga dekorasi sebagai pemanis interior. Meski demikian karpet juga banyak digunakan sebagai pelapis lantai di rumah sobat. Bisa sobat temukan tren menggunakan lantai dengan karpet ini di hotel-hotel berbintang atau gedung perkantoran.

Penggunaan karpet sebagai lantai juga cocok untuk hunian yang berada di daerah yang subtropis atau ruangan yang dipasang AC dan digunakan setiap hari. Apabila sobat ingin menggunakan lantai karpet yang nyaman serta dapat memberikan kesan yang hangat ini cobalah untuk memasang lantai karpet ini di ruang bermain anak untuk meminimalisir terjadinya cidera ketika si kecil sedang bermain.

READ  Ketahui Manfaat Pengharum Ruangan

Namun jangan lewatkan untuk membersihkan lantai karpet dengan rutin ya. Karena pemeliharaan dan juga perawatan dari lantai karpet ini sangat penting dan pada dasarnya karpet sering menjadi tempat bersarangnya debu dan juga kotoran. Menjaga kebersihan di lantai karpet adalah upaya untuk membuat suasana rumah terasa bersih dan nyaman.

Kelebihan dari penggunaan lantai karpet ini dapat menciptakan atmosfer dalam ruangan yang hangat terutama pada musim dingin atau musim hujan. Karpet juga merupakan media untuk meredam bising suara dengan baik. Meskipun demikian biaya cuci dan pembersihan dari lantai karpet ini cukup mahal karena tidak bisa sembarang atau asal cuci saja.

5. Lantai Semen yang minimalis

5 Inspirasi Lantai Rumah Selain Keramik yang Bisa Menjadi Pilihan di Rumah SobatSemakin berkembangnya teknologi dalam dunia arsitektur dan interior, kini semakin banyak inovasi dan alternatif yang bisa digunakan baik sebagai konstruksi ataupun finishing dari bangunan.  Maka dari itu, salah satu penggunaan material mendasar pada finishing yang tak kalah menarik dan estetik adalah finishing lantai semen.

Lantai semen yang polos membuat tampilan terlihat minimalist dan juga industrial. Sobat juga bisa mengkombinasikan lantai semen polos tersebut dengan coating warna putih untuk tampilan lebih modern. Namun jangan khawatir apabila sobat merasa ingin tampilan lantai yang bermotif namun ingin menggunakan lantai semen. Sobat bisa mencoba membuat pola pada lantai dengan dibantu cetakan khusus.

Kelebihan dari lantai semen dengan konsep ekspos ini adalah tingkat ketahanannya yang tinggi selain itu perawatannya pun cenderung mudah dan dapat memberikan suasana rumah yang sejuk. Hal yang bisa menjadi pertimbangan sobat ketika akan mengaplikasikan lantai semen ini adalah terdapat beberapa kekurangan seperti sulit diperbaiki dan mudah timbul retak rambut. Lantai semen ini pun kerasa dan terkadang terasa kurang nyaman untuk dipijak karena terlalu dingin.