01
Des

5 Inspirasi Desain Interior Mushola di Rumah

5 Inspirasi Desain Interior Mushola di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Memiliki rumah idaman tentu menjadi dambaan setiap orang. Sebab rumah adalah tempat yang paling nyaman untuk beristirahat dari semua kelelahan rutinitas setiap harinya. Ketika berada di rumah, kamu juga bisa bertemu dengan anggota keluargamu. Seiring majunya perkembangan desain arsitektur, perancangan dan bagian rumah memiliki fungsinya masing-masing. Terdiri dari berbagai ruangan, ada kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dapur, ruang keluarga, hingga ruang khusus salat. Di antara ruangan di dalam rumah yang sering dikesampingkan adalah mushola. Berikut ini 5 inspirasi desain interior mushola di rumah.

Mushola dengan karpet berpola mozaik

Untuk sobat yang cukup fanantik dengan minimalis dan pola sepertinya hanya dengan menambahkan karpet berpola, seperti berpola mozaik untuk memberikan kesan minimalis yang sempurna. Kesan yang diberikan dari karpet berpola ini yaitu variasi tekstur pada ruangan, membuat ruangan terkesan lebih luas. Tidak hanya itu ternyata dengan menggunakan karpet di ruang ibadah atau mushola  juga dapat melindungi sajadah dan peralatan lainnya dari debu yang nemenpel di dinding.

Tips dari Saya lakukanlah membersihkan debu dari karpet minimal seminggu dua kali guna menjaga kebersihan dan kenyamanan di mushola rumah sobat. Hal ini tentunya dapat membuat mushola terasa selalu bersih dan nyaman sehingga dapat meningkatkan semangat ibadah.

Mushola dengan Cahaya dan Sirkulasi Udara Alami

Apabila sobat mengidamkan beribadah dengan ketenangan dan pencahayaan alami yang saat siang hari. Untuk desian musholla yang minimalis sobat tidak perlu membuat jendela yang terlalu besar jika menginginkan suasana yang alami dan terasa terang. Point yang terpenting yaitu ada pertukaran udara dan cahaya matahari yang masuk. Sirkulasi udara yang alami sangat penting agar ruangan terasa segar dan tidak lembab karena AC. Dengan begitu, sobat dan keluarga bisa beribadah dengan tenang tanpa tertanggu oleh udara yang pengap.

READ  Amazon Luncurkan Kamera CCTV Rumah Canggih yang Bisa Terbang

Di sisi lain, dengan masuknya cahaya yang baik tentunya dapat mengehmat energi listrik di siang hari dan memberikan kenyaman yang lebih saat beribadah di mushola rumah. Tips dari Saya sebaiknya hindari meletakkan jendela di arah kiblat. Selain cahaya matahari terbit yang akan menyialaukan saat matahari terbit di waktu beribadah sholat Sunnah. Selain oleh sinar matahari yang mengganggu hal ini juga bertujuan agar sobat tidak mudah terdistraksi apabila ada suatu kejadian diluar jendela saat sobat dengan ibadah.

Mushola dengan warna yang lembut

Warna-warna yang didominasi oleh warna lembut pada suatu ruangan dipercaya dapat membawa atmosfer yang menenangkan. Itulah sebabnya warna-warna lembut seperti putih dan coklat muda sangat direkomendasikan untuk ruang ibadah.  Dan nuansa dengan warna lembut ini cocok untuk di terapkan pada mushola minimalis. Seperti yang mungkin sobat sudah ketahui, warna-warna terang bisa membuat ruangan juga mungkin terlihat lebih luas.

Mushola dengan konsep ruangan yang kecil atau mushola minimalis akan tampak lebih luas dengan warna-warna lembut ini. Dengan begitu, ibadah akan terasa lebih nyaman sehingga sobat betah berlama-lama di dalam mushola dengan niat ibadah. Itulah sebabnya mengapa memilih warna cat rumah dan warna cat bangunan lainnya sama-sama penting. Tidak hanya itu, warna-warna mampu memantulkan cahaya, baik cahaya matahari maupun cahaya lampu. Hal tersebut adalah kelebihan yang akan membuat ruangan akan menjadi lebih terang, sehingga sangat membantu ketika mushola tersebut nyaman ketika mengaji di siang hari.

Mushola yang memiliki furniture simple

Sobat tentunya ingin membuat mushola dirumah terlihat lebih indah tentunya hal itu tidak berlebihan. Namun, apabila ruangan untuk mushola di rumah sobat dengan berukuran kecil jangan khawatir karena sobat bisa mengakalinya dengan furniture yang multifungsi, khususnya jika berukuran besar.

READ  Ini 5 Dekorasi dari Anyaman Bambu yang Kekinian

Sebaiknya kabinet terbuka atau berpintu kaca dipilih untuk menyimpan sajadah, mukena, Al-quran dan buku-buku religius ataupun alat ibadah lainnya. Kabinet jenis ini tentunya dapat memberikan kesan yang modern dan lebih lapang pada ruangan. Untuk tambahan dekoratif di ruang mushola sobat, tambhakanlah rak dinding sebagai tempat menyimpan pajangan yang islami.

Mushola dengan Tempat Wudu

Tren mushola di dalam rumah sudah popular sejak lama. Mushola yang biasa digunakan untuk beribadah seperti sholat dan mengaji tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki tempat untuk wudhu. Mushola yang dilengkapi dengan tempat wudhu akan memudahkan sobat dan keluarga yang akan beribadah di dalam mushola. Untuk ruang mushola yang minimalis satu keran saja sudah cukup untuk dijadikan tempat wudhu.

Hal yang harus sobat perhatikan yaitu lokasi penempatannya. Jangan sampai cipratan air wudhu sampai-sampai membasahi ruang dalam mushola atau letak tempat sholat.  Untuk menghindari hal tersebut sobat bisa menggunakan pembatas atau sekat ruangan atau bisa juga mendesain tempat wudhu di luar mushola minimalis namun letaknya dibuat berdekatan agar esensi memudahkannya tersebut tercapai.

Mushola dengan Dekorasi Material Alami

Material alami yang berasal dari alam seperti kayu dan bebatuan yang digunakan untuk dekorasi ruangan dapat membuat mushola dalam rumah sobat semakin nyaman untuk digunakan beribadah. Material kayu dan bebatuan jika dipadukan dapat mengeluarkan nuansa kenyamanan saat beribadah. Rasa adem dan menenangkan dapat meningkatkan khusu ketika beribadah.

Kedua material tersebut dapat menekankan konsep modern yang minimalis tanpa menghilangkan atmosfer yang familiar di dalam ruangan. Pada biasanya dekorasi ruangan yang berbahan dasar kayu yang digunakan untuk mushola berupa pembatas ruangan, kabinet, sebuah bingkai foto serta dinding lainnya. Dekorasi tersebut cocok untuk digunakan untuk mushola minimalis. Penggunaan dekorasi dari bebatuan biasanya digunakan sebagai hiasan meja.

READ  Panduan Menamam Tanaman Di Taman

Nah itu dia referensi mushola yang bisa sobat terapkan di rumah. Esensi penting dari mushola haruslah dibuat nyaman ketika beribadah. Maka dari itu menjaga kebersihan dan keindahan di dalam mushola haruslah dipertahankan. Jangan sampai hanya memikirnya keindahan dan estetikanya saja yang sobat perhatikan. Hal-hal mendasar yang harus diperhatikan seperti letak dari mushola, peralatan ibadah apa saja yang dibutuhkan, keakuratan arah kiblat dan yang terpenting adalah bagaimana intensitas sobat di dalam mushola tersebut.