08
Feb

5 Inspirasi Desain Bungalow!

5 Inspirasi Desain Bungalow!

Kontraktor JogjaDi Indonesia, bungalow biasa dijumpai di sekitar pantai, danau atau pegunungan. Bangunan seperti pondok yang terpisah-pisah ini kerap menjadi tempat favorit keluarga untuk menginap atau tempat singgah. Umumnya, bangunan ini berlantai satu dan berukuran kecil. Namun, tak jarang saat ini dijumpai bangunan yang berukuran besar dengan tingkat dua atau setengah. Untuk selengkapnya, yuk simak penjelasan 5 inspirasi desain bungalow berikut ini!

Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desainnya | Rumah.com

 

1. Beratapkan Jerami

bangunan bungalow dengan atap jerami

Karena bungalow berada di tempat wisata alam, tidak ada salahnya mencari inspirasi desain yang berbau alam juga. Misalnya, bangunan bungalow yang beratapkan jerami. Tampilannya sangat menyatu dengan alam dan menciptakan bunyi unik yang menenangkan saat angin bertiup kencang. Supaya semakin sempurna, lantainya terbuat dari kayu. Bungalow seperti ini cocok untuk dibangun di daerah pantai atau taman nasional.

2. Minimalis nan Tangguh di Pesisir Pantai

bangunan bungalow di pinggir pantai

Membangun bungalow di pesisir pantai yang penuh bebatuan itu tidak mustahil. Kamu bisa menerapkan desain minimalis dengan atap rata dan pondasi yang kuat di bagian bawah. Ikuti bentuk bebatuan supaya bungalow bisa berdiri dengan tangguh.

Di satu sisi terdapat dinding kaca yang memungkinkan tamu untuk menikmati pemandangan pantai dari dalam. Bungalow ini juga langsung terhubung dengan parkiran kapal.

3. Minimalis Modern Penuh Kehangatan

bangunan bungalow minimalis modern

Berada di alam terbuka bukan berarti bungalow harus mengikuti suasana alami. Kamu juga bisa mendirikan bangunan bergaya minimalis modern, seperti inspirasi ini yang atapnya berbentuk segitiga siku-siku.

Bangunannya didominasi material kayu dan kaca. Dinding kaca berukuran besar sehingga membuat para tamu merasa lebih menyatu dengan alam. Nuansanya sendiri begitu hangat berkat material kayu dan lampu dengan pencahayaan kuning temaram.

READ  Kelebihan Memilih Kitchen Set Alumunium

4. Ala Rumah Panggung

bangunan bungalow berbentuk rumah panggung

Di Indonesia, ada banyak rumah adat yang berupa rumah panggung. Tujuannya untuk menghindari bahaya dari kedatangan binatang buas. Tak jarang juga ditemukan model rumah panggung yang dibangun di area pantai atau laut.

Konsep ala rumah panggung ini juga bisa diterapkan pada bungalow. Posisinya persis di tengah pantai. Sejauh mata memandang hanya ada pantai yang indah. Bungalow ini tidak akan terkena luapan air pasang karena pondasinya tinggi.

5. Modifikasi Kontainer

bangunan bungalow berbentuk kontainer

Tidak hanya untuk hunian dan hotel, gaya industrial juga cocok untuk bungalow. Keadaannya sangat nyaman dengan tambahan jendela dan pintu. Ukurannya mungkin kecil, tapi penataan yang spacesaving (hemat tempat) dan penggunaan furnitur yang multifungsi di bungalow akan membuat tamu merasa nyaman. Bila ada lahan sisa, buatkan tempat bersantai outdoor. Berasa seperti sedang berkemah, deh!

Demikian sekilas pemahaman tentang bungalow dan beberapa inspirasinya. Apakah kamu sudah siap untuk membangun bungalow yang asyik dan nyaman? Atau malah kamu jadi ingin pergi berlibur dan menginap di bungalow?