12
Okt

5 Cara Mudah Memasang Plafon PVC Sendiri di Rumah

5 Cara Mudah Memasang Plafon PVC Sendiri di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Plafon PVC saat ini banyak dipilih pada saat membangun rumah atau gedung. Hal ini karena plafon PVC memiliki banyak keunggulan di antaranya adalah dapat menghemat biaya perawatan. Selain itu, pemasangannya juga tidak terlalu rumit, dan tidak memerlukan cat. Keunggulan lainnya adalah tidak mudah bocor dan anti rembes. Lalu, bagaimana cara pasang plafon PVC yang baik dan benar.Berikut ini 5 cara mudah memasang plafon PVC sendiri di rumah.

A. Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Langkah awal memasang plafon PVC adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Di sini ada dua bagian bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Untuk peralatannya sendiri di antaranya adalah:

1. Rangka plafon, kamu bisa memilih material kayu atau besi hollow 2. Plafon PVC dengan kualitas baik 3. Paku (dianjurkan untuk menggunakan paku biasa dibandingkan paku beton) 4. Sekrup untuk memasang rangka hollow 5. Bor berukuran 10mm 6. Cutter atau pemotong 6. Mata bor yang digunakan untuk memasang sekrup 7. Grinder dan siku 8. Meteran dan palu 9. Kabel dan stop kontak Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas kamu bisa memulai pemasangan rangka plafon.

B. Pasang Rangka Plafon 

Sebelum memasang rangka plafon, pastikan kamu telah memberi tanda ketinggiannya. Pastikan pemasangan tanda tidak melebihi ring balok. Sebab ring balok menjadi bagian tembok yang cukup keras dan dapat membuat paku bengkok. Penandaan tersebut sebaiknya dengan menggunakan selang waterpass untuk membuatnya tampak lebih rata.

Ketinggian plafon pun sebaiknya lebih dari tiga meter. Semakin ketinggiannya, maka akan semakin baik. Lakukanlah dengan hati-hati ketika memasang rangka plafon ini. Pastikan sudutnya sudah sesuai dan ukuran rangka dari bidang yang akan dipasang.

READ  Ide Halaman Rumah Minimalis, Unik dan Modern Untuk Anda

C. Pasanglah List Profil PVC

Setelah memasang rangka plafon PVC, kini saatnya untuk memasang list profil PVC. Pasanglah pada sekeliling tembok tepat di bawah rangka plafon PVC yang telah dibuat sebelumnya.Pada saat memotongnya, lakukanlah pada bagian sudutnya.

Kamu bisa menggunakan gergaji maupun gerinda untuk memotongnya. Perhatikan keamanan dengan menggunakan pelindung tangan dan kacamata agar debu dan partikel halus tidak mengenai matamu. Pasangkanlah list tersebut dengan bor dan sekrup. Usahakan untuk memberi jarak antara sekrup satu dengan lainnya kurang lebih 30 – 50 cm.

D. Pasang Papan PVC

Setelah itu, kamu bisa langsung meletakkan dan memasang papan PVC tersebut. Cobalah memasang papan tersebut dengan menggunakan bor dan sekrup yang sudah disiapkan sebelumnya.Lakukan pemasangan satu per satu dan lembar demi lembar.

Mulailah dari s atu sisi pinggiran tembok terlebih dahulu.Lalu, masukkan sisi papan PVC pada list profil PVC yang telah dipasang sebelumnya. Sekrup bagian sisi lain papan PVC agar semakin kuat. Bila papan PVC sudah terpasang, sambunglah kembali papan lain sampai selesai. Pastikan pemasangan sekrup PVC sudah kencang agar tidak mudah lepas.

E. Rapikan Sisa Sampah

Setelah memasang plafon PVC, maka kamu bisa membersihkan sisa sampah dari pemasangan. Kamu bisa memiisahkan antara sampah yang bisa terurai dan tidak dapat terurai. Pastikan kamu membuangnya ke tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Sebab, sisa potongan sisa PVC yang tersisa biasanya mempunyai bagian yang tajam atau runcing.Gunakanlah alas kaki dan pelindung tangan, baik saat memasang maupun membersihkannya. Begitulah cara mudah memasang plafon PVC yang bisa kamu lakukan.