14
Des

5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Mudah

5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Mudah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Water closet atau WC mampet merupakan masalah besar yang kerap diresahkan bagi pemilik rumah. Mereka pun mencari berbagai cara mengatasi WC jongkok mampet untuk mengembalikan fungsinya secara maksimal.Ada banyak faktor penyebab WC jongkok mampet, salah satu yang paling sering terjadi akibat kebiasaan buruk membuang sampah ke dalam wc jongkok. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cara mengatasi wc jongkok mampet secara alami.Kamu bisa menggunakan bahan-bahan dapur untuk mengatasi WC jongkok mampet ini. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk mengatasi WC mampet dengan bahan-bahan alami ini. Berikut ini 5 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Mudah

1. Sabun cuci piring dan air panas

 

Sabun cuci piring dipercaya bisa mengatai WC yang tersumbat. Sediakan satu cangkir berisi sabun cuci piring dan air panas Tuang cairan sabun tersebut ke dalam toilet, dan tunggu beberapa saat hingga mengendap. Sabun berguna untuk melicinkan saluran pipa WC. Setelah itu, tuangkan air panas ke dalam toilet. Kemudian tunggu 20 menit, lalu siram atau flush WC. Jika masih tersumbat, ulangi kembali penggunaan sabun cuci.

Selain membersihkan toilet, kombinasi baking soda dan cuka juga ampuh untuk memperbaiki toilet yang tersumbat. Caranya siram 1 cangkir baking soda ke permukaan WC dan tunggu hingga mengendep. Kemudian siram kembali dengan dua cangkir cuka. Biarkan hingga 1 jam hingga keluar gelembung-gelembung dari WC tersebut. Setalah itu, flush kembali WC Anda.

3. Menggunakan botol plastik

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan air dalam toilet sebanyak mungkin. Kemudian, isi botol plastik besar dengan air hangat.

READ  Kamar Lantai Kayu Beragam Pola Dan Apa Kelebihan Penggunaannya

Letakkan ibu jari Anda di atas botol, dan sesuaikan ujung atas botol ke bagian bawah toilet.
Pompa botol agar airnya masuk ke dalam saluran toilet. Tekanan yang berasal dari botol bisa menghilangkan hal-hal yang bisa menyumbat saluran toilet.

4. Gantungan baju kawat

Gantungan baju atau hanger kawat dapat memperbaiki WC mampet, caranya potong kawatnya dan luruskan. Kemudian ujung kawat yang tajam dibungkus dengan kain dan rekatkan menggunakan selotip.

Memasukkan ujung yang lancip tersebut ke dalam pipa WC untuk mendorong benda yang menghalangi aliran air masuk ke dalam septic tank.

Jika air menyusut artinya WC mampet telah berhasil diatasi. Lalu, jangan lupa untuk menyiram dengan tombol flush.

5. Garam batu

Tuangkan satu cangkir garam batu ke dalam lubang toilet dan tuang 1 liter air mendidih ke lubang yang sama. Kemudian diamkan hingga semalaman.

Keesokan harinya Anda tinggal menyiram toilet dengan air yang banyak untuk mendorong sumbatan tersebut supaya masuk septic tank.