30
Jun

5 Cara Efektif Merawat Besi Agar Tidak Berkarat

5 Cara Efektif Merawat Besi Agar Tidak Berkarat

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorBesi merupakan salah satu material yang berguna dalam berbagai bidang di kehidupan sehari-hari. Dari yang terkecil seperti bahan dasar peralatan masak sampai yang terbesar seperti penggunaannya dalam alat berat.

Baca Juga: material unggul yang ramah lingkungan

Tentu, agar peralatan besi ini tidak mudah berkarat, Anda perlu tahu bagaimana perawatan besi yang benar. Berikut beberapa cara mencegah besi berkarat:

1. Perhatikan Suhu Penyimpanan

Ini berlaku baik untuk besi yang utuh dalam toko bangunan mau pun peralatan yang menggunakan besi sebagai bahan dasarnya. Modifikasi lingkungan yang bisa dilakukan untuk merawat besi, antara lain:

  • Taruh besi di dalam ruangan yang memiliki sedikit kadar oksigen sehingga kelembapan udaranya tinggi. Kelembapan yang tinggi akan membuat proses oksidasi atau pengkaratan besi melambat dibanding area yang tidak lembap.
  • Taruh besi atau peralatan berbahan besi di tempat yang terpapar AC. Ini akan mencegah terjadinya korosi pada besi.
  • Sebaliknya, jangan taruh besi di bawah suhu yang panas atau langsung terpapar matahari karena bisa mempercepat proses korosi.

2. Lapisi Besi

Tips kedua untuk merawat besi supaya tidak mudah karatan adalah dengan melapisinya. Pelapisan ini bisa dilakukan dengan senyawa logam mau pun non logam. Senyawa logam yang bisa digunakan untuk melapisi besi dan melindunginya, antara lain:

  • Nikel
  • Emas
  • Timah
  • Platina
  • Tembaga

Sementara senyawa non logam yang bisa dimanfaatkan, di antaranya :

  • Kaca
  • Plastik
  • Cat
  • Pelumas seperti oli dan gemuk

3. Mencampur dengan Unsur Lain

Ini juga merupakan cara merawat besi yang lazim dilakukan utamanya dalam industri kimia dan makanan. Besi yang dicampur dengan unsur lain akan mengalami perlambatan proses korosi. Contoh besi campuran yang paling gampang ditemukan adalah stainless steel.

Stainless steel merupakan campuran antara besi dengan 12 persen kromium serta karbon dalam jumlah sedikit. Inilah mengapa besi stainless steel lebih tahan karat dibanding besi murni, dan sering digunakan dalam industri makanan seperti pada alat masak. Besi jenis ini juga dinilai lebih sehat.

4. Memanfaatkan Proteksi Katodik

Cara ini biasa digunakan pada besi yang berada di tingkat salinitas yang tinggi atau besi yang berada di bawah permukaan tanah. Caranya, besi akan dihubungkan dengan magnesium atau zinc. Kedua bahan ini jika disatukan dengan besi, akan membuat besi anti oksidasi dalam kurun waktu yang lama.

Namun, cara yang satu ini memerlukan pengecekan berkala karena perlunya perawatan pada instalasi penyambungan.

5. Dengan Elektroplating

Elektroplating juga diyakini bisa melindungi besi dari korosi. Caranya dengan melapisi besi dengan logam lain, juga dengan metode elektrolisis.

Contoh yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari terkait metode ini adalah pada kaleng makanan. Besi di kaleng tersebut dilapisi dengan timah sehingga awet sampai bertahun-tahun.

Nah, itu dia beberapa cara mencegah beri berkarat yang bisa dilakukan supaya besi tidak mudah berkarat. Jika terlanjur berkarat, maka cara menghilangkannya tentu berbeda lagi. Pada dasarnya, kualitas besi yang baik akan mempengaruhi apakah besi mudah berkarat atau tidak.

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.