28
Jan

5 Alasan Dapur Kecil Bisa Buat Kamu Lebih Bahagia

5 Alasan Dapur Kecil Bisa Buat Kamu Lebih Bahagia

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Mendengar kata “dapur idaman”, mungkin akan terbayang sebuah desain dapur serba bersih yang berukuran luas, pot dan panci sudah tertata rapi di rak masing-masing hingga area bekerja yang luas.  Tapi pada kenyataannya, lebih banyak orang memilih desain dapur kecil lengkap dengan kitchen set karena keterbatasan lahan hunian. Berikut ini 5 alasan dapur kecil bisa buat kamu lebih bahagia.

 

1. Lebih Sedikit Makanan yang Akan Terbuang di Dapur Kecil

Dapur kecil tidak memiliki banyak tempat penyimpanan untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Karenanya, kamu pasti akan lebih memilih untuk langsung menghabiskan makanan tersebut dibandingkan menyimpannya. Begitu pun ketika kamu pergi berbelanja bahan makanan dan kebutuhan dapur, pasti kamu akan dengan sangat hati-hati memikirkan: dimana kamu akan menempatkannya? Kapan kamu akan menggunakannya? Berapa lama kamu akan menyimpannya? Itu artinya, tidak akan ada sesuatu yang terbuang dan tidak berguna di dapur kecil.

2. Tiap Peralatan dan Perlengkapan di Dapur Kecil Memiliki Kegunaan

Minimnya ruang penyimpanan pada dapur kecil membuat kamu harus pintar-pintar mempertimbangkan peralatan makan dan perlengkapan dapur apa saja yang akan kamu beli. Untuk apa kamu memiliki banyak perkakas dapur jika kamu tidak punya tempat untuk menyimpannya? Pertimbangkan untuk membeli perlengkapan dapur yang benar-benar kamu butuhkan, atau akan lebih baik jika bisa multifungsi. Memiliki sebuah dapur kecil secara tidak langsung akan memaksa kamu untuk berpikir cerdas agar bisa memanfaatkan fungsi tiap ruang dan melihat benda-benda berdasarkan fungsinya.

3. Semakin Kecil Dapur, Semakin Bersih Pula

Ketika kamu memiliki sebuah dapur kecil, kamu pasti tidak bisa membiarkannya berantakan atau tidak terorganisir. Inilah salah satu keuntungan memiliki dapur kecil. Kamu harus bisa memaksimalkan tiap ruang yang ada dengan menyusun segala benda yang ada di dapur dengan rapi dan teratur. Dapur yang berantakan akan membuat suasana dapur terasa semakin sempit dan tidak ada ruang untuk bergerak. Mulailah untuk menyusun berbagai hal di dapur kecil dengan teratur dan sesuai kategori. Selain membuat dapur nampak lebih bersih dan rapi, sistem penyusunan yang tepat juga akan membuat dapur kecil terasa lebih luas.

READ  Cara Membuat Sumur Gali

4. Lebih Banyak Ruang Untuk Me Time

Tentu akan terasa lebih mudah ketika ada banyak orang yang ingin membantumu memasak. Tapi, hal ini tidak bisa kamu lakukan jika kamu memiliki dapur kecil. Bukan menjadi suatu kerugian, kok. Pada dapur kecil, ruang yang terbatas membuat dapur kecil tidak bisa mengakomodir banyak orang untuk berada di sana. Sehingga, kamu bisa lebih fokus pada kegiatan memasak, dan juga akan lebih mudah bagi kamu untuk bekreasi dengan makananmu. Terlebih bagi kamu yang memang ingin me time di dapur dengan memasak, keuntungan memiliki dapur kecil akan sangat bisa kamu rasakan.

5. Tak Perlu Mengeluarkan Banyak Uang Untuk Membangun Dapur Kecil

Keuntungan memiliki dapur kecil yang paling disukai banyak orang adalah, kamu tak perlu menghabiskan banyak uang untuk membangun ataupun mempercantik dapur kecil. Furnitur dan dekorasi yang tidak terlalu banyak pada sebuah dapur kecil membuatmu bisa mengalokasikan budget untuk keperluan lainnya. Begitupun ketika kamu ingin merenovasi atau mempercantik tampilan dapur kecil, memberikan sentuhan baru dengan mengecat ulang dapur kecil juga akan mengubah tampilan dapur kecil menjadi lebih segar.