18
Nov

4 Tips Memasang Kaca di Kamar Mandi

4 Tips Memasang Kaca di Kamar Mandi

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Memasang sekat kaca di kamar mandi di rumah banyak dilakukan untuk memberikan efek luas pada ruangan. Penggunaan kaca di kamar mandi bisa jadi masalah saat kamu meletakkan sekat kaca di posisi yang kurang tepat. Salah satunya adalah embun yang menempel di kaca lambat laun bisa membuat kaca tak sejernih semula. Berikut ini 4 tips memasang kaca di kamar mandi.

1. Lakukan Coating

Jika pemasangan kaca dilakukan di area shower atau sumber air, dapat dipastikan kalau kaca akan sering terkena air. Untuk mengurangi banyaknya percikan air pada kaca, Anda perlu melakukan coating atau pelapisan khusus pada kaca sehingga air tidak akan banyak menempel pada kaca. Menempelnya air dan noda sabun pada kaca akan mengakibatkan banyak noda yang sulit dibersihkan nantinya.

Lakukan Coating pada Cermin

Selain pada pemasangan kaca, tips ini juga bisa Anda aplikasikan pada proses pemasangan cermin, sehingga Anda tidak akan terganggu dengan embun atau uap air di cermin sehabis mandi menggunakan air hangat.

2. Sesuaikan Posisi dan Penempatan Kaca dengan Ruang Gerak

Penempatan kaca yang terlalu besar akan menghalangi ruang gerak Anda ketika beraktifitas di kamar mandi. Letakkan kaca atau  cermin Anda sebaik mungkin dan pastikan posisi kaca tidak menghalangi jalan masuk dan keluar kamar mandi. Tips ini akan sangat berguna apabila Anda memiliki anak kecil.

Sesuaikan Penempatan Kaca dengan Ruang GerakSesuaikan Penempatan Kaca dengan Ruang Gerak. Pertimbangkan juga penggunaan lapisan pemburam pada kaca untuk mempermudah si kecil dalam beraktifitas di kamar mandi, karena terkadang anak kecil masih kesulitan untuk melihat adanya sekat kaca. Ingat, pemasangan kaca yang baik harus tetap menjadikan kamar mandi sebagai tempat yang aman untuk digunakan oleh siapapun.

3. Posisikan Cermin dengan Baik

Pemasangan kaca cermin sangatlah penting di dalam kamar mandi.  Pertama, jangan hadapkan cermin ke arah pintu masuk kamar mandi untuk menjaga privasi. Posisikan cermin agar dapat diakses dari berbagai sudut ruangan kamar mandi sekaligus, karena akan berguna untuk mempermudah pergerakan Anda di kamar mandi.

Posisikan Cermin dengan Baik

Kedua, letakkan cermin selaras dengan sumber cahaya, baik itu dari jendela atau dari sinar lampu. Bila pencahayaan ruangan dirasa kurang, Anda bisa menambahkan lampu dinding di pinggir cermin. Pemasangan kaca cermin yang baik akan menjadikan kamar mandi Anda terkesan lebih luas dan tidak sumpek.

4. Pilihlah Jenis Kaca yang Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan pemasangan kaca pada kamar mandi pasti akan berbeda dengan ruangan lain di rumah. Pilihlah tempered glass yang memiliki ketebalan ideal untuk dipasang di kamar mandi. Dengan begitu kaca pada kamar mandi Anda akan lebih tahan lama. Apabila terjadi kecelakaan di kamar mandi, tempered glass akan pecah menjadi butiran kaca yang cenderung lebih aman jika dibandingkan dengan butiran kaca biasa.

Untuk kamar mandi berukuran 1,2m x 2m, Anda bisa memilih kaca dengan ketebalan 8-10 mm. Agar lebih awet, hindari penggunaan air panas dan air dingin bergantian secara cepat karena perubahan suhu yang seketika akan mengakibatkan kaca semakin rentan retak dan pecah.