05
Jan

4 Tips Efektif Menata Peralatan Masak di Dapur

4 Tips Efektif Menata Peralatan Masak di Dapur

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Dapur merupakan salah satu tempat yang penting di dalam rumah Anda. Beberapa wanita merasa dapur mereka kurang luass sehingga tidak bisa ‘menampung’ segala peralatan yang dibutuhkan. Namun jika Anda bisa mengatur barang dengan baik maka dapur yang mungil bisa terasa lebih nyaman dan tidak terlihat sesak karena terlalu banyak barang. Dilansir dari Bold Sky, berikut tips untuk membuat dapur mungil menjadi lebih nyaman dan efektif. Berikut ini 4 tips efektif menata peralatan masak di dapur.

Menata peralatan masak berdasarkan jenis peralatan masak

Tips pertama untuk menata peralatan masak di dapur adalah menata peralatan masak sesui dengan jenisnya. Hal ini dikarenakan peralatan masak memiliki berbagai jenis yang sangat beraneka ragam.

Menata peralatan masak berdasarkan jenis peralatan masak menjadi sangat penting karena memiliki fungsi untuk mempermudahkan Anda dalam mencari peralatan yang Anda butuhkan ketika memasak. Sehingga proses memasak akan berjalan dengan baik dan lancar. Nah, jenis peralatan masak apa saja sih yang sebaiknya ditata secara berdekatan atau satu tempat adalah sebagai berikut:

Pertama, jenis peralatan masak yang dapat digunakan untuk memotong. Peralatan ini sebaiknya disimpan dalam satu tempat yang sama karena akan memudahkan Anda ketika mencari peralatan untuk memotong berbagai bahan masakan.

Menata Peralatan Masak

Kedua, letakan peralatan memasak seperti wajan, panci atau peralatan lain yang digunakan sebagai tempat memasak di atas kompor secara menggantung di dinding dan letakan secara berdekatan.

Ketiga, letakan sticky equipment atau peralatan yang berbentuk panjang seperti stik pada sticky rack. Misalnya, sudip, sendok sayur yang panjang, saringan peniris, dan lainnya. Sehingga dapur Anda terlihat lebih rapi.

Keempat, letakan piring, gelas dan mangkuk pada rak yang sudah tersedia dan dalam satu rak yang sama. Sehingga Anda akan lebih dimudahkan saat mencarinya ketika membutuhkan.

READ  Taman Mini Yang Minimalis Bisa Kamu Tiruin ini

Kelima, barang-barang elektronik seperti rice cooker sebaiknya diletakan dekat dengan sumber listrik. Sehingga ketika Anda akan menggunkannya, Anda tinggal menyalurkan ke sumber listrik yang tersedia.

Dengan mengelompokkan peralatan menurut jenisnya, Anda akan lebih terbantu dalam menata peralatan masak dapur Anda. Sehingga dapur Anda terlihat lebih rapi, efisien dan efektif.