13
Nov

4 Ragam Desain Tangga untuk Hunian Anda

4 Ragam Desain Tangga untuk Hunian Anda

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Kesederhanaan desain tangga rumah minimalis memerlukan perancangan, instalasi, dan finishing yang tepat dan akurat agar menciptakan hasil akhir yang tiada duanya. Faktor penting untuk melengkapi desain rumah minimalis adalah memanfaatkan trik desain tangga rumah minimalis. Selain sebagai penghubung antara tiap lantai pada rumah bertingkat, tangga juga berfungsi untuk memperindah interior rumah. Perkembangan properti yang pesat saat ini juga disertai dengan perencanaan matang untuk menciptakan berbagai model tangga minimalis dengan desain yang indah dan unik. Berikut ini 4 ragam desain tangga untuk hunian anda.

Tangga Lurus

Tangga merupakan sebuah bagian dalam bangunan yang menghubungkan dua tingkat lantai yang berbeda. Tidak lagi sebagai jalur sirkulasi fungsional saja, desain tangga yang menarik pada hunian memberi pengalaman ruang yang unik dan dapat mengalihkan perhatian dari keletihan saat melalui satu per satu anak tangga. Ketersediaan dan bentuk ruang menghasilkan desain tangga yang variatif. Berikut ragam tipe tangga yang dapat diterapkan untuk hunian Anda.

Ragam Tipe Tangga

Linear dan menerus menjadi ciri tangga lurus. Tergantung pada detail desain tangga, umumnya model tangga lurus memiliki proses konstruksi lebih mudah. Tangga jenis ini dapat dibuat tanpa bordes (landing) untuk menghemat ruang dengan maksimal memiliki 12 anak tangga. Hal ini dimaksudkan agar pengguna tidak kelelahan saat harus menaiki keseluruhan anak tangga.

Ragam Tipe Tangga

Karena dimensi tangga ini bersifat memajang, maka diperlukan ruang yang cukup panjang dalam aplikasinya. Biasanya bentuk tangga ini digunakan untuk menghadirkan ruang yang memanjang dan memberikan kesan linear. Misalnya, pada ruang makan dan ruang keluarga tanpa sekat, aplikasi tangga lurus dapat menjadi pilihan tepat. Desain bentuk tangga ini seringkali dicitrakan mendukung gaya minimalis bangunan karena kesederhanaan bentuknya.

READ  10 Langkah Ini Bikin Ruang Tamu Kecil Tampak Lebih Luas

Ragam Tipe Tangga

Tangga L

Ragam Tipe Tangga

Disebut tangga L karena bentuknya yang serupa dengan huruf L, yang terdiri dari dua arah yang berbeda. Tangga ini merupakan adaptasi dari tangga lurus pada ruang yang terbatas. Bentuk L menjadi bentuk ideal untuk mengisi sudut ruang. Ruang bawah tangga dapat lebih efektif digunakan apabila menggunakan tangga bentuk ini.

Ragam Tipe Tangga

Apabila menggunakan bentuk L, pastikan desain tangga memiliki area bordes (landing) yang memadai agar memudahkan Anda ketika membawa barang berukuran besar dan berbelok di bordes menuju arah anak tangga selanjutnya.

Tangga U

Ragam Tipe Tangga

Tangga bentuk U tak kalah sering digunakan, karena bentuknya yang compact dan dapat diaplikasikan pada sudut ruang. Pada umumnya menggunakan satu maupun dua bordes, namun dapat juga diaplikasikan tanpa bordes, tergantung pada ketersedian ruang dan tinggi jarak antar lantai.

Ragam Tipe Tangga

Adanya koneksi visual antara lantai atas dan bawah menjadi salah satu kelebihan dalam menggunakan tangga tipe U dengan void. Selain itu, kesan elegan dan mewah juga dihadirkan dengan pemakaian tangga jenis ini. Umumnya aplikasi tangga ini terdapat pada ruang dengan langit-langit yang relatif lebih tinggi.

Ragam Tipe Tangga

Tangga Spiral

Ragam Tipe Tangga

Tangga spiral biasanya menerus tanpa bordes dengan masing-masing anak tangganya memusat pada satu titik dan tidak membentuk sudut. Umumnya tangga tipe ini digunakan sebagai tangga servis (area belakang) karena bentuknya yang hemat ruang, ekonomis, kemudahan pemasangan. Namun, sebenarnya tangga spiral memiliki nilai estetis yang tinggi apabila didesain dengan baik dan dapat menjadi point of interest tersendiri di dalam sebuah hunian.

Ragam Tipe Tangga

Karena modelnya yang melingkar dengan bentuk anak tangga yang mengerucut, berikan perhatian lebih pada detail desain tangga tipe ini untuk hasil yang maksimal. Tentunya, dibutuhkan supervisi dan akurasi yang baik juga selama pengerjaan konstruksinya.

READ  Tips Mencegah Cat Rumah Rusak Saat Musim Hujan