15
Apr

4 Jenis Jenis Kayu Termahal

JENIS JENIS KAYU TERMAHAL

Sumber : catkayu.com

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada beberapa jenis kayu yang memiliki harga yang cukup menakjubkan. Tetapi kayu tersebut memiliki kualitas yang sepadan dengan harga dari kayu. Nah dalam artikel ini akan di bahas mengenai berbagai jenis kayu yang memiliki harga mahal yang ada di dunia ini. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. African Blackwood

Jenis kayu pertama dengan harga yang mahal adalah kayu dari Afrika yang dinamai African Blackwood. Kayu tersebut sering ditemukan di daerah kering Afrika dan bisa tumbuh 4 sampai 15 meter dalam jangka waktu sampai 60 tahun. African Blackwood sendiri sangat tahan lama dan sulit mengalami pembusukan serta tahan terhadap serangan serangga.

Kayu ini biasanya lebih diolah menjadi alat musik seperti gitar dan piano. Selain itu, sering juga dijadikan sebagai bahan kerajinan ukiran yang indah. Permintaan pasar terhadap kayu ini sangat tinggi dengan harga yang mampu menembus Rp 7 juta sampai Rp 10 juta per meter kubiknya.

Baca Juga : Cara Membuat Kusen Kayu

2. Kayu Ebony

Kayu Ebony yang terkenal  dengan warna hitam pekat ini adalah salah satu kayu termahal. Pohon ebony sendiri dapat tumbuh hingga 40 meter dan memiliki kepadatan yang tinggi sehingga menjadi kayu yang keras.

2-5e200a21097f367e4b65fe92.jpg

Sumber: bukalapak.com

Kayu Ebony sering digunakan untuk furniture dengan kualitas premium karena ketahanannya yang hebat. Di pasar internasional, harga kayu ebony sendiri bisa mencapai 30 juta rupiah per meter kubik sedangkan di pasar Indonesia kayu Ebony bisa dihargai Rp 6 juta sampai Rp 10 juta per meter kubik.

Baca Juga : Hiasan Dinding Cantik Dari Kayu

3. Kayu Bubinga

Kayu Bubinga sama dengan African Blackwood banyak ditemukan di Afrika. Kayu Bubinga sendiri merupakan kayu dengan kualitas tinggi yang digunakan dengan tujuan membuat alat musik seperti kecapi dan bas dengan tampilan yang sangat mewah. Harga dari kayu Bubinga ditafsir sekitar Rp 5 sampai Rp 6.5 juta per meter kubik.

4. Kayu Gaharu

Kayu jenis Gaharu sendiri sangat terkenal di Indonesia dan termasuk salah satu kayu termahal di dunia, bahkan mengalahkan 3 jenis kayu sebelumnya. Kqayu Gaharu tercipta karena adanya mikroba yang masuk ke dalam jaringan kayu yang terluka sehingga membuat getah yang berwarna coklat, wangi dan membuat kayunya lebih keras.