24
Nov

4 Bahaya dan Risiko Berikut Ini Sebelum Membangun Rumah

4 Bahaya dan Risiko Berikut Ini Sebelum Membangun Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Beberapa pertimbangan dalam membangun rumah dari awal di antaranya, yaitu desain rumah bisa disesuaikan dengan ekspektasi sendiri hingga beli harga tanah yang lebih murah. Nah, jika sudah memantapkan pilihan membangun rumah sendiri, tentu harus mempersiapkan rencana secara matang. Perencanaan yang matang saat akan membangun hunian sendiri adalah hal wajib yang harus dilakukan. Jangan sampai, tanpa rencana detail, rumah yang dibangun malah mangkrak akibat salah perhitungan. Hal itu hanya akan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Berikut ini 4 bahaya dan risiko berikut ini sebelum membangun rumah.

Macam-macam risiko ketika membangun rumah

1. Kontraktor lari dari tanggung jawab

Perhatikan 4 Bahaya dan Risiko Berikut Ini Sebelum Membangun Rumah!Sudah banyak kasus kontraktor lari dari tanggung jawab ketika membangunan proyek. Hal ini memang sudah menjadi risiko. Lari dari tanggung jawab disini maksudnya adalah kontraktor kabur dengan membawa uang yang sudah sobat serahkan dan meninggalkan proyek yang belum selesai begitu saja.

Kontraktor yang licik tersebut biasanya memanfaatkan keawaman atau ketidak tahuan sobat pada istilah-istilah dalam dunia kontraktor. Selain itu , kontaktor licik ini juga dipicu oleh kurangnya pengawasan yang sobat berikan. Hal klise yang paling sering terjadi adalah lepasnya tanggung jawab orang yang ingin membangun rumah dengan mempercayakan urusan membangun rumah begitu saja kepada kontraktor.

Sebaiknya sebelum memilih jasa kontraktor ada baiknya untuk mencari tahu lebih dahulu bagaimana portofolio dan performa kerja dari jasa kontraktor tersebut. Di era yang sudah serba canggih, sobat bisa mencari tahu banyak hal melalui internet. Carilah jasa kontraktor yang terpercaya.

2. Jadwal molor tidak sesuai rencana

Perhatikan 4 Bahaya dan Risiko Berikut Ini Sebelum Membangun Rumah!Pada umunya, ketika selesai membicarakan bagaimana konsep rumah yang akan dibangun, selanjutnya membicarakan terkait jadwal pembangunan dan tentu hal ini disepakati oleh kedua pihak sebelum proyek berjalan lebih lanjut. Memang, dalam pelakasanaan proyek sendiri sering terjadi kendala yang tidak terduga. Pengadaan material yang terkendala suplai distributor maupun faktor cuaca bisa menghambat pemabngunan. Namun, kontraktor yang professional dapat mengantisipasi hal-hal yang dapat menghambat tersebut.

READ  Desain Interior Rumah Minimalis Modern yang Mudah Anda Terapkan

Biasanya dalam surat perjanjian kerja, toleransi keterlambatan sudah diperhitungkan dengan teliti. Berbeda halnya jika sobat mendapatkan kontraktor yang ternyata kurang kompeten dan tidak bertanggung jawab. Pembangunan molor jauh dari tanggal dan waktu yang sudah direncanakan dari awal. Bahkan bisa sampai mangkrak untuk waktu yang lama.

Untuk mengantisipasi hal seperti ini sobat harus turut melakukan pengecekan harian. Hal ini akan memudahkan sobat untuk melihat bagaimana kinerja dari tukang dan bagaimaan kontraktor melakukan pekerjaannya. Hindarilah kontakrtor yang dapat merugikan sobat secara waktu dan juga biaya.

Namun sebenarnya ada saja loh penyebab dari molornya jadwal selain kesalahan penyedia jasa kontraktor. Yaitu konsumen yang telat membayar uang proyek yang akan di bangun.  Bahkan ada juga konsumen yang tidak membayar uang proyek padahal pembangunannya sudah hampir rampung. Hal ini menyebabkan cukup banyak kasus perselisihan proyek yang akhirnya harus melibatkan pihak kepolisian, bahkan hingga pengadilan.

3. Hasil Pembangunan yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal

Perhatikan 4 Bahaya dan Risiko Berikut Ini Sebelum Membangun Rumah!Ada juga beberapa kasus yang bangunannya sudah selesai namun hasilnya berbeda dengan kesepakatan. Biasanya ketika hal tersebut di konfirmasi, sang kontraktor mengelak dan merasa sudah melakukan tugasnya. Tentu hal demikian sangat merugikan sobat, di samping biaya besar yang sudah dikeluarkan pasti ada rasa tidak puas dalam diri sobat. Ini lah sebenarnya hal yang selalu membuat siapa pun yang sedang membangun rumah akan merasa was was.

Coba sobat bayangkan jika sobat dan pasangan sudah mengidamkan suasana rumah dengan tema interior yang kontemporer namun ternyata hasil yang terjadi adalah bangunan yang cenderung mirip desain interior minimalis pada umumnya. Ada kemungkinan jika hal ini terjadi disebabkan karena kurang maksimalnya komunikasi yang sobat sampaikan kepada pihak penyedia jasa kontraktor.

READ  Mengenal Si Sejuk Kain Linen, Material Unggulan Untuk Sprei

Maka dari itu untuk menghindari hasil pembangunan yang tidak sesuai dengan kesepakatan, sobat perlu membicarakan rencana bangunan dengan sangat detail. Jika diperlukan sobat juga turut terlibat dalam proses pemilihan material yang akan di pasangkan pada bangunan rumah sobat. Pastikan pada penyedia jasa kontraktor bahwa setiap perkembangan dari pembangunan rumah akan dilaporkan bagaimana hasil dan kendala yang ditemui ketika mewujudkan rumah impian milik sobat.

4. Membengkaknya harga konstruksi di akhir.

Perhatikan 4 Bahaya dan Risiko Berikut Ini Sebelum Membangun Rumah!Meskipun sudah ada kesepakatan di awal berapa biaya yang akan dihabiskan untuk membangun rumah impian sobat, namun tentu ada saja penyedia jasa yang menaikkan nilai konstruksi yang jauh lebih tinggi dari perjanjian saat proyek sudah berjalan. Coba sobat bayangkan jika hal tersebut terjadi? Menyebalkan sekali bukan?

Hal ini tentu sangat merugikan sobat karena mungkin sobat sudah sangat meminimalisir biaya pembangunan namun kontraktor yang licik menaikkan harganya seolah-olah ini adalah hal yang terjadi diluar kendali.

Kenyataannya jasa penyedia kontraktor yang terpecaya sudah memperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi sehingga sangat kecil sekali kemungkinannya terjadi pembengkakan harga konstruksi di akhir.

Sebenarnya ada juga kemungkinan membengkaknya harga selain ulah kontraktor yang kurang kompeten. Yaitu seperti faktor eksternal berupa pengaruh cuaca. Cuaca menjadi salah satu alasan mengapa pembangunan sebuah rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Contohnya saat hujan datang, di era yang cuacanya datang secara tidak menentu sekarang ini akan lebih sulit lagi dalam proses pembangunan rumah karena membutuhkan semen kering di saat hujan terus melanda.  Tentu akan dibutuhkan stok semen yang lebih banyak dari perencanaan. Dari segi waktu pun akan lebih molor lagi sehingga hal ini menyebabkan diperlukan biaya tambahan seperti biaya untuk tukang dan bahkan penyewaan alat dan lain sebagainya.

READ  Inspirasi Desain Kantor Modern dan Interiornya

Bagaimana nih sobat sudah lebih mengencangkan sabuk pengaman agar semakin yakin untuk terhindar dari berbagai risiko yang mungkin terjadi? Sudah mencari tahu penyedia jasa kontraktor mana yang bisa mewujudkan impian sobat membangun rumah yang benar-benar idaman?