08
Des

15 Motif Wallpaper Rumah untuk Hunian Idamanmu

15 Motif Wallpaper Rumah untuk Hunian Idamanmu

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Penggunaan wallpaper dapat dijadikan salah satu solusi. Namun, pemilihan motif juga harus disesuaikan dengan fungsi ruang dan karakter sang penghuni. Beda ruang, tentu akan beda motif wallpaper. Tentu akan terasa aneh jika Anda memasang wallpaper bergambar kartun di ruang tamu. Berikut ini 15 motif wallpaper rumah untuk hunian idamanmu.

1. Pilih Motif yang Sesuai Ruangan

Setiap ruangan di rumah memiliki karakter yang berbeda, maka dari itu kamu harus jeli memilih motif wallpaper rumah agar sesuai dengan karakter ruangan. Sebelum menempelkan wallpaper pada dinding, ada baiknya kamu membuat daftar ruangan yang ingin kamu beri wallpaper.

Kamar tidur misalnya, salah menempatkan wallpaper pada kamar tidur berakibat mengganggu kenyamanan. Pilihlah warna-warna cerah dan teduh untuk kamar tidur. Begitu pula dengan ruang tamu, kamu bisa memilih motif yang santai dan lembut.

Motif yang lembut dapat menambah kenyamanan pada ruang tamu, sehingga tamu yang datang akan betah mengobrol santai sambil mengagumi nilai seni pada wallpapermu. Kamu juga bisa memilih wallpaper yang berstektur untuk menyembunyikan permukaan dinding yang tidak rata.

Wallpaper yang berwarna terang akan membuat ruangan terlihat lebih lapang. Kamu bisa mengaplikasikan wallpaper jenis ini untuk menciptakan kesan elegan pada ruang dapur dan kamar mandi. Biasanya, ruangan dapur selalu terlihat berantakan karena sisa-sisa makanan dan alat makan yang kotor. Menggunakan wallpaper berwarna terang akan menyembunyikan kesan kotor pada dapurmu.

2. Mengukur Luas Ruangan

Hal ini penting dilakukan agar anggaran belanja wallpaper lebih hemat. Jika warna-warna terang membuat ruangan tampak lega, kamu juga bisa mengaplikasikan wallpaper bermotif garis vertikal untuk membuat langit-langit rumah tampak lebih tinggi.

READ  Solusi Tepat Mengembalikan Daun Pintu Yang Memuai

Bagi kamu yang ingin memadukan beberapa motif wallpaper rumah, ada baiknya kamu mengukur luas ruangannya dulu.

Ukurlah tinggi dan lebar ruangannya. Jika ruangan cukup tinggi, namun berukuran sempit, kamu bisa mengaplikasikan wallpaper mermotif garis-garis horizontal agar ruangan tampak lebih lebar.

Pastikan ukuran wallpaper yang kamu beli melebihi luas ruangan yang kamu ukur untuk mengantisipasi jika ada kekurangan wallpaper. Kelebihan wallpaper yang kamu beli, bisa kamu gunakan di ruangan lain.

3. Memilih Material Wallpaper

Ada beragam material wallpaper yang bisa kamu sesuaikan dengan budget. Namun, jika kamu ingin wallpaper yang lebih awet dan berkualitas, pilihlah material wallpaper yang terbuat dari vinyl.

Vinyl terbilang mudah ditempel dan dilepas kembali. Sehingga kamu bisa mengganti wallpaper yang sudah ditempel jika di kemudian hari ingin merubah motifnya. Ada dua jenis vinyl yang digunakan untuk wallpaper, yaitu:

  • Vinyl-Coated Wallpaper

Wallpaper jenis ini memiliki permukaan yang lebih kasar. Karena permukaannya kasar, wallpaper ini mudah dibersihkan dengan air dan deterjen. Vinyl-coated juga cocok digunakan pada permukaan dinding yang tidak rata, agar terlihat lebih rapi.

  • Solid Vinyl Wallpaper

Sesuai namanya, solid vinyl bersifat permanen dan tidak bisa dilepas kembali. Wallpaper ini lebih tahan air dibandingkan vinyl-coated, sehingga cocok digunakan untuk ruang dapur dan kamar mandi.

Namun, sebelum memilih wallpaper jenis ini, ada baiknya kamu menentukan motif yang cocok, karena setelah ditempel tidak bisa dilepas kembali.

Pilihan Motif Wallpaper Keren

Penempatan wallpaper dengan motif yang tepat dapat mempercantik dinding rumah kamu. Berikut variasi desain wallpaper menarik yang bisa kamu pilih sesuai karakter rumah:

1. Motif Natural

Motif Wallpaper

Wallpaper jenis ini biasanya mengusung warna-warna alami. Kamu bisa memilih warna hijau daun untuk menciptakan kesan segar dan santai untuk keluarga. Pilihlah warna yang lembut dengan sentuhan grafis watercolor untuk menciptakan kesan alami yang maksimal.

READ  Cara Tepat Memilih Furnitur di Rumah Mungil

2. Motif Monokromatik

Motif Wallpaper

Bagi kamu yang ingin membawa kesan modern dan dinamis dalam rumah, motif monokromatik sangat cocok kamu pilih. Motif ini sangat sesuai untuk rumah minimalis yang modern.

3. Motif 3D

Motif Wallpaper Rumah

Saat ini motif 3D sangat diminati. Kamu bisa menghadirkan visual yang lebih hidup menggunakan motif ini. Misalnya kamu ingin menambah kesan klasik, pilihlah motif batu bata 3D, atau motif kayu yang elegan.

4. Motif dengan Nuansa Romantis

Wallpaper Kamar Tidur

Motif ini sangat cocok untuk kamar tidur. Hadirkan kesan romantis menggunakan perpaduan warna hitam, pink, dan putih. Kamu juga bisa memilih motif bunga berwarna warni untuk kamar tidur yang romantis.

5. Motif Elegan

Motif Dinding Rumah

Wallpaper jenis ini mampu menghadirkan kesan mewah dalam rumahmu. Pilihlah motif geometris yang simpel dengan sentuhan warna keemasan untuk menghadirkan kesan mewah dan elegan.

6. Motif Retro

Motif Retro

Bagi kamu yang ingin bernostagia ke era 70 atau 80-an, kamu bisa memilih motif komik retro. Motif ini sangat digemari karena unik dan Instagramable. Kamu bisa memanfaatkan motif ini untuk ruang kerja atau makan yang unik dan fotogenik.

7. Motif Pohon

Wallpaper Pohon

Motif ini menghadirkan nuansa alami pepohonan yang unik dan elegan. Kamu bisa menggunakan motif ini untuk menghadirkan kesan relaksasi alami pada kamar atau ruang keluarga.

8. Motif Marmer

Wallpaper Marmer

Motif jenis ini mampu menghadirkan kemewahan dengan grafis yang simple. Ini cocok untuk ruangan yang luas.

9. Motif Kamar Anak

Desain Kamar Anak

Jangan batasi kreativitas anak. Kamu bisa memberi pilihan motif kepada si buah hati. Biarkan mereka memilih motif yang sesuai dengan imajinasinya, seperti motif super hero, karakter kartun, atau motif bunga yang berwarna-warni.

READ  Keuntungan Penggunaan Shower Pada Kamar Mandi Rumah

10. Motif Ruang Tamu Modern

Desain Ruang Tamu

Pilihlah wallpaper motif geometris dengan sentuhan warna emas untuk menciptakan ruang tamu yang modern. Kamu bisa menguatkan suasana modern ini dengan tambahan warna hitam atau cokelat krem.

11. Motif Kamar Mandi Feminim

Motif Wallpaper Flamingo

Kamar mandi menjadi ruangan privasi yang sangat penting. Pilihlah nuansa santai dengan memberikan motif klasik yang simple dan menenangkan. Kamu juga bisa menambahkan motif flamingo berwarna putih atau merah muda untuk menghadirkan kesan feminim pada kamar mandi.

12. Motif Peta Dunia

Desain Wallpaper Peta Dunia

Motif ini sangat cocok bagi kamu yang gemar traveling. Kamu bisa menempelkan motif ini pada ruang kerja atau ruang kamar. Tandai negara-negara yang telah kamu kunjungi, untuk mengenang perjalanan traveling kamu.

13. Motif Abstrak

Dinding Kamar

Motif ini cocok bagi kamu yang berjiwa seni tinggi. Kamu bisa memilih motif abstrak dengan sentuhan watercolor. Padupadan motif ini dengan warna kalem seperti biru dan putih dapat menambah kesan elegan pada rumahmu.

14. Motif Galaksi

Motif Wallpaper Dinding

Motif galaksi sedang digemari saat ini. Kamu bisa memilih motif rasi bintang atau deretan planet-planet yang unik untuk motif galaksi. Motif ini cocok diaplikasikan di ruang kamar atau ruang bermain anak, yang bisa membangkitkan imajinasi dan kreatifitas.