08
Okt

15 Inspirasi Kamar Loteng Bisa Jadi Ruang Tidur Tambahan

15 Inspirasi Kamar Loteng Bisa Jadi Ruang Tidur Tambahan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Sekarang ini banyak perumahan baru yang menerapkan desain atap yang tinggi dengan konsep ekspos, yakni tanpa plafon atau plafon miring mengikuti bentuk segitiga atap. Misalnya Cahaya Garuda Residence dan Taman Serua di Depok, Jawa Barat, yang mendesain tiap unitnya dengan jarak ceiling cukup tinggi. Tujuan atap yang tinggi ini sebenarnya adalah untuk membuat sirkulasi udara lebih lancar. Namun, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menambah ruang dengan cara membuat loteng atau mezzanine. Berikut ini 15 inspirasi kamar loteng yang bisa jadi ruang tidur tambahan.

A. Inspirasi Kamar Loteng 

kamar loteng

1. Mengubah Loteng Sempit Menjadi Kamar Tidur 

Biasanya, atap loteng memang miring, ukuran ruangan juga terbatas, namun bisa diubah menjadi kamar loteng yang nyaman. Kasur ditaruh tanpa tempat tidur, sementara seluruh ruangan menggunakan cat putih kecuali bagian struktur atap.

kamar loteng

2. Efek Cat Putih Pada Kamar Loteng 

Cat putih memang bisa memberikan efek menjadikan ruangan lebih lega seperti halnya kamar loteng minimalis ini. Selain itu, cat putih ini juga membuat kamar di loteng ini menjadi lebih terang karena memantulkan cahaya.

kamar loteng

3. Tempat Tidur Gantung 

Kalau struktur bangunan memang kuat, kamu bisa memasang tempat tidur gantung di kamar loteng. Asyik, kan kalau bisa tidur siang di tempat tidur gantung seperti ini, bisa santai sejenak dari rutinitas sehari-hari.

kamar loteng

4. Ruang Duduk yang Nyaman

Kamar loteng unik ini merupakan ruang duduk yang nyaman dengan sofa dan juga tempat duduk gantung. Ruang duduk seperti ini bisa menjadi ruang tamu bagi keluarga dekat atau teman anak yang datang ke rumah.

READ  7 Keuntungan Desain Dapur Bentuk L Untuk Rumah Anda

kamar loteng

5. Kamar Loteng dengan Plafon Kaca 

Salah satu keunggulan memiliki kamar di loteng adalah bisa memiliki skylight atau plafon kaca di bagian atas. Saat hujan, tentunya kamu bisa memandangi air hujan yang jatuh dan juga bisa melihat bintang dan bulan saat malam hari.

kamar loteng

6. Kamar Loteng yang Menjadi Ruang Kerja 

Masih bekerja dari rumah alias work from home? Coba ubah kamar loteng menjadi ruang kerja yang nyaman. Ada meja kerja dan kursi, tempat duduk gantung, tempat duduk bersantai yang nyaman di ruangan ini.

kamar loteng

7. Ruang Tidur untuk Tamu 

Kamar loteng sederhana ini hanya memuat tempat tidur, bantal, karpet, dan tidak ada barang lainnya. Ruangan ini bisa dimanfaatkan untuk kamar tidur tamu jika memang sering menerima keluarga yang datang.

kamar loteng

8. Kamar Loteng Minimalis 

Kamar ini, hanya berisi tempat tidur dan meja kecil dengan warna senada dengan lantai dan atap. Bisa digunakan untuk ruang tidur tamu atau jadi kamar tidur tambahan untuk anak.

kamar loteng

9. Tempat Bersantai Keluarga 

Bosan untuk berkumpul di ruangan keluarga, ubah saja kamar loteng menjadi tempat bersantai keluarga. Jangan lupa untuk menempatkan karpet, kasur untuk bersantai, sofa, atau lainnya agar lebih nyaman.

kamar loteng

10. Kamar Loteng Sederhana 

Kamar loteng ini memang sederhana dan minimalis, hanya ada karpet, bantal, dan pajangan lainnya. Jika ruangan memang sempit, kamu memang tidak bisa menaruh banyak barang di sini, namun kamar loteng tetap bisa dijadikan sebagai ruang bersantai.

kamar loteng

11. Kamar Loteng Minimalis untuk Remaja 

Desain kamar loteng minimalis ini memang cocok untuk remaja laki-laki, tidak ada dekorasi kecuali perabot rumah tangga. Hanya ada tempat tidur, meja, rak penyimpanan, televisi, dan lampu duduk, benar-benar kamar loteng minimalis ya.

READ  Inspirasi Menggabung Ruang Tamu dan Keluarga

kamar loteng

12. Kamar Loteng yang Modern Minimalis 

Desain kamar loteng ini memang modern minimalis dengan pemilihan warna yang kalem yaitu abu-abu. Kamar tidur ini juga hanya memiliki tempat tidur, meja rias, dan juga tanaman di dalam pot kecil, keren banget ya.

kamar loteng

13. Plafon Kaca Berukuran Besar 

Kamar loteng unik ini memiliki skylight atau plafon kaca berukuran besar sehingga cahaya alami bisa masuk leluasa. Selain itu, atap yang miring juga menjadi kelebihan dan keunikan dari kamar loteng, makanya bikin kamar tidur seperti ini.

kamar loteng

14. Kamar Loteng Unik 

Kamar loteng unik merupakan ruang duduk yang besar dengan dipenuhi sofa yang panjang dan juga dilengkapi oleh bantal sofa. Jika kamu memang sering menjamu tamu di rumah, ruangan seperti ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

kamar loteng

15. Ruang Bermain Anak 

Kamar di loteng bisa digunakan sebagai ruang bermain anak apalagi jika putra putri emang masih kecil. Jangan lupa untuk menaruh sofa lantai, bantal sofa, dan juga mainan anak-anak agar mereka betah.