16
Jul

15 Inspirasi Desain Jendela Rumah Minimalis untuk Hunian Modern

15 Inspirasi Desain Jendela Rumah Minimalis untuk Hunian Modern

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Jendela merupakan komponen penting dalam interior rumah karena fungsinya untuk menyempurnakan ruang, mengakali cahaya yang masuk ke dalam ruang, serta memperlancar sirkulasi udara. Tampilannya mampu menyempurnakan dekorasi ruangan sesuai dengan karakternya. Untuk memuaskan imajinasimu. Yuk kepoin 15 Inspirasi Desain Jendela Rumah Minimalis untuk Hunian Modern.

 

Desain Jendela Rumah Minimalis & Modern

1. Stationary Window

desain jendela modern

Jendela dengan desain stationary window biasanya cocok untuk rumah bergaya minimalis. Selain tertutup, konsep jendela ini  tetap bisa memperindah rumah karena desainnya yang sederhana dan bergaya kontemporer, sehingga kamu harus mempertimbangkan saluran udara rumah.

2. Awning Window

desain jendela modern

Awning window bertujuan agar membiarkan air hujan meluncur pada bukaan jendela. Biasanya jendela jenis ini memiliki bagian bawah yang bisat erbukasehingga tetesan air terlihat dari dalam. Pemasangan jendela dengan desain ini kebanyakan dipasang di garasi, kabin, atau tempat lain di mana ventilasi dan privasi lebih penting dari estetika.Namun, jendela model awning ini sangat khas untuk gaya rumah masa kini.

3. Picture Window

desain jendela modern

Sama tapi tak serupa, jendela jenis ini memiliki ukuran yang lebih luas dari stationary window dan tak bisa dibuka ataupun ditutup. Pemasangan jendela jenis ini akan membuat rumah terlihat luas dan indah apalagi kalau ada pemandangan menarik di luar. Namun, jendela ini lebih cocok untuk dipasang di lantai 2, sehingga kegiatan yang kita lakukan tidak dilihat oleh orang-orang di luar rumah. Keuntungan yang kamu dapatkan dari jendela desain ini adalah penerangan dari cahaya alami yaitu matahari.

4. Double-Hung Window

desain jendela modern

Double-hung window adalah desain jendela yang bisa dibuka secara vertikal. Kamu bisa membuka bagian bawah atau bagian atasnya dengan mudah. Jendela ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki ventilasi udara yang baik dan suka nuansa tradisional. Bagi beberapa orang, desain jendela ini dikatakan unik dan cocok untuk ruangan kecil.

READ  Baca Buku Lebih Nyaman, Ini Ragam Desain Ruang Baca Untuk Hunian

5. Accent Window

desain jendela modern

Accent window adalah jenis desain jendela yang juga tidak bisa dibuka. Oleh karena itu, kualitas ventilasi udara tidak bisa dianggap sebagai keunggulan. Namun, kamu bisa mendesain jendela ini menjadi bentuk apapun misalnya seperempat lingkaran atau bentuk-bentuk langka lainnya. Rumah pun akan terlihat unik dengan desain yang tidak bisa dilakukan terhadap jenis jendela lain.

6. Sliding Window

desain jendela rumah minimalis modern

Jendela geser selalu merupakan pilihan yang lebih disukai karena kemudahan mobilitas dan irit space. Kamu tidak perlu menganyunnya karena bisa digeser secara horizontal, sehingga tidak memakan ruang ketika dibuka.Desain sliding window juga bisa membuat rumah lebih berkelas karena berbeda dari jenis jendela pada umumnya.

7. Jalousie Window

desain jendela rumah minimalis modern

Jendela jalousie atau jendela louvered) dibuat dari beberapa lapisan kaca, dan biasanya kita pasang pada ruangan yang menghadap ke teras dengan situasi cerah atau berbagai taman indah. Jenis jendela ini praktis dan memiliki mekanisme penutupan yang efisien.

8. Casement Window

desain jendela rumah minimalis modern

Desain jendela ini memiliki engsel yang terpasang di bagian samping jendela, sehingga bisa kita buka selebar mungkin. Saat ini, selain ekonomis, casement window memiliki berbagai fungsi seperti wind resistant dan multipoint locking system.

9. Single-Hung Window

desain jendela rumah minimalis modern

Hampir sama dengan double-hung window, single-hung window juga memiliki engsel pada bagian tengahnya dan bisa kita geser secara horizontal. Bedanya, hanya satu sisi saja yang bisa kita buka. Jendela single-hung lebih murah dari versi double-hung, namun tetap khas dan berfungsi baik untuk melancarkan sirkulasi udara dalam rumah.

10. Hopper Window

desain jendela rumah minimalis modern

Hopper window meletakkan engselnya pada bagian bawah sehingga bila dibuka maka jendela ini akan menghadap ke atas. Meskipun tidak cocok untuk ruang tamu, namun jendela jenis ini cocok untuk ruang bawah tanah dan garasi. Satu kelemahan jendela ini adalah ketika terjadi hujan percikan air bisa menggenang di jendela.

READ  Menurut Fengshui, Ini Warna Cat Tembok Bawa Keberuntungan

11. Garden Window

desain jendela rumah

Jendela taman atau garden window adalah jenis jendela dalam ruangan yang terlihat seperti kotak kaca dengan rak untuk tanaman dan tumbuhan. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, jendela jenis ini cocok kita pasang di tempat makan, dapur, atau bahkan kamar mandi untuk menambahkan nuansa segar.

12. Transom Window

desain jendela rumah

Jendela desain transom window adalah desain dengan kombinasi beberapa desain jendela. Jendela ini bisa berbentuk persegi panjang, persegi, bulat, elips, dan lainnya. Transom window cocok kita pasang di area kamar yang luas, sehingga space jendela cukup. Jendela ini juga biasanya terletak di atas pintu untuk menambah penerangan yang masuk ke ruangan.

13. Bow Window

desain jendela rumah

Bow window terancang untuk memberikan pandangan yang lebih luas dari taman atau jalan di luar. Biasanya, jendela ini menggabungkan empat atau lebih casement windows, yang berpadu untuk membentuk lengkungan. Semua jendela berdesain bow window terancang khusus agar sesuai dengan rumahmu.

14. Skylight Window

desain jendela rumah

Skylight adalah solusi terbaik dari aspek estetika. Jendela desain ini biasanya terpasang di bagian atas rumah tepatnya di langit-langit. Tidak hanya menghasilkan cahaya alami, tapi juga menawarkan pemandangan langit yang menakjubkan. Jendela yang sangat cocok untuk ruang pribadi atau tempat kerjamu.

15. Wall Window

desain jendela rumah

Tepat seperti namanya, wall window bertujuan untuk menggantikan dinding yang biasanya terbuat dari beton. Wall window bisa berfungsi sebagai pemisah ruang internal, atau ‘sampul’ eksternal dalam berbagai ukuran dan bentuk yang menawarkan pemandangan luar yang indah. Namun, pemilihan kualitas kaca menjadi penentu dan tidak cocok untuk pemasangan lantai satu, karena aktivitas penghuni rumah akan terlihat dari luar.