08
Des

15 Ide Dekorasi Natal di Setiap Sudut Rumah, Pasti Bikin Tamu Terkesima!

15 Ide Dekorasi Natal di Setiap Sudut Rumah, Pasti Bikin Tamu Terkesima!

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Tidak terasa kita sudah sampai di penghujung tahun. Walaupun tahun ini dilalui dengan masa pandemi, semangat untuk mengakhiri tahun ini dengan mendekorasi rumah tentunya tidak boleh kendor. Khususnya buat kamu umat Kristiani yang mempunya kebiasaan memberikan dekorasi rumah tambahan saat menyambut natal. Ditambah tahun ini kamu tidak bisa merayakan natal di luar untuk sekedar menikmati lampu-lampu natal yang menghiasi tempat umum. Nah, saatnya dekorasi nuansa natal kamu pindahkan semaksimal mungkin kerumah. Berikut inspirasi untuk mendekor setiap sudut rumah dengan pernak-pernik natal. Berikut ini 15 ide dekorasi natal di setiap sudut rumah, pasti bikin tamu terkesima!

1. Sambut Natal dengan Rangkaian Bunga di Pintu Rumah

Hiasan Bunga Natal

Dekorasi Natal tidak hanya dapat kamu aplikasikan di dalam rumah, lho. Bahkan kamu juga bisa berkreasi di area luar rumah supaya tampilan rumah tetap cantik. Kamu dapat memanfaatkan pintu rumah sebagai media untuk mengaplikasikan dekorasi Natal.

Ada banyak model dekorasi yang bisa kamu pasang di pintu rumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan rangkaian bunga. Kamu bisa memperoleh rangkaian ini dari toko bunga atau kalau mau merangkai sendiri juga tidak masalah.

2. Atur Ulang Penataan Teras Rumah

Ide Dekorasi Natal

Penataan ini dapat kamu terapkan baik untuk teras di depan rumah ataupun teras samping. Kalau teras berada di depan, berarti penataan ini bisa kamu gabung dengan dekoras pintu. Tidak jauh berbeda juga jika terasmu berada di samping rumah.

Kamu bisa meletakkan bantal atau selimut pada kursi dengan warna khas natal seperti merah, hijau, atau hitam. Jika ada meja, kamu bisa meletakkan cangkir-cangkir untuk mempermanis tampilannya.

3. Siapkan Kejutan di Setiap Anak Tangga

Kado Natal

Ide dekorasi ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah berlantai dua atau memang terdapat tangga di rumahmu. Daripada terlihat kosong sama sekali, kamu bisa mencoba untuk mendekorasi tangga agar lebih menarik.

READ  Tips Feng Shui Ruang Keluarga

Berhubung kado dan kejutan adalah daya tarik perayaan Natal, maka kamu dapat memanfaatkan setiap anak tangga sebagai media untuk meletakkan aneka jenis kado, lampu-lampu, plus hiasan tali Natal. Akan lebih cantik lagi kalau kamu tambahkan hiasan bunga di dalam lilitan tali Natal.

4. Beri Hiasan di Sepanjang Railing Tangga

Ide Dekorasi Natal

Agar tampilan tangga rumahmu semakin semarak, kamu juga bisa mengaplikasikan ide dekorasi natal dengan cara menghias railing-nya dengan dekoras Natal. Kamu dapat menggantung berbagai jenis lampu-lampu di sepanjang railing tangga.

Bahkan kalau ingin semakin menarik, kamu juga bisa memasang daun pohon Natal yang dikombinasikan dengan lonceng dan bola-bola.

5. Sulap Area di Bawah Tangga Menjadi Spot Foto Menarik

Desain Bawah Tangga

Biasanya di bawah tangga ada ruang kosong yang kadang hanya dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan perabotan tidak penting. Ketika perayaan Natal, kamu bisa mengubahnya agar menjadi lebih menarik.

Kamu bisa meletakkan bangku atau sofa panjang di sekitar area tersebut. Agar tampak semarak, tambahkan perintilan Natal seperti bantal dan daun pohon Natal. Bagian ini daoat menjadi spot foto yang menarik nantinya.

6. Sulap Meja Credenza Menjadi Pusat Perhatian Tamu

Ide Dekorasi Natal

Kalau di rumahmu ada meja credenza atau meja apapun yang hanya tinggal menganggur, kamu bisa menyulapnya menjadi ide dekorasi natal yang bisa menarik perhatian tamu nanti.

Caranya tentu saja dengan memberikan sentuhan Natal di meja tersebut. Mulai dari pohon Natal mini, lilin, atau bahkan gelas-gelas kecil.

7. Hias Sisi Bagian dalam Jendela

Dekorasi Jendela Natal

Kalau bagian luar rumah saja sudah diberi sentuhan Natal, maka otomatis bagian dalamnya juga tidak boleh ketinggalan. Sebut saja sisi bagian dalam dari jendela rumah.

READ  10 Cara Mempercantik Lantai Kayu Rumah Anda

Kamu bisa memasang rangkaian daun pohon Natal di sepanjang sisi jendela. Agar tampak semakin hidup, coba untuk memberikan sentuhan warna merah melalui perintilan Natal seperti bola gantung, tongkat-tongkat kecil, dan lampu kerlap-kerlip.

8. Tata Meja Makan dengan Sentuhan Merah

Hiasan Natal di Meja Makan

Momen perayaan dalam bentuk apapun, termasuk Natal, memang selalu identik dengan kegiatan makan bersama. Agar momen kebersamaan semakin terasa tanpa mengurangi perayaan, kamu bisa menata meja makan sedemikian rupa.

Nah kalau di beberapa sisi ruangan sudah didominasi oleh warna hijau, kini waktunya kamu sulap meja makan dengan sentuhan warna merah yang berpadu dengan hijaunya Natal. Kamu bisa letakkan serbet berwarna merah dilengkapi dengan lilin putih, sedikit ornamen pohon Natal kecil, dan gelas-gelas unik.

9. Tidak Ketinggalan, Hias Pula Area Dapur Rumahmu

Desain Dapur

Tidak hanya meja makan saja yang bisa kamu dekorasi a la perayaan Natal, dapur pun jangan sampai ketinggalan. Hal ini juga akan memotivasimu untuk menjaga kebersihan dapur pada hari Natal.

Kamu bisa memaksimalkan penggunaan perabot warna merah atau hijau di dapur, meletakkan rangkaian daun pohon Natal di atas lemari gantung juga bisa, atau menata pot berisi pohon Natal mini.

10. Beri Sedikit Ornamen Hiasan pada Dinding yang Kosong

Dekorasi Natal

Kamu mungkin punya satu sisi dinding di dalam rumah yang kosong. Bagian ini bisa menjadi menarik jika kamu mau menghiasinya lagi, lho.

Ada banyak ide dekoras dinding kosong yang bisa kamu cari di internet. Misalnya letakkan pajangan frame bertema Natal di dinding. Cukup letakkan 3 sampai 4 frame saja supaya tidak terlalu ramai.

11. Bisa Juga Bermain Kreativitas di Ruang Kamar Si Kecil

Desain Natal di Kamar

Momen Natal juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengajak anak-anak menyalurkan kreativitasnya. Misalnya kamu melibatkan mereka untuk urusan mendekorasi kamar masing-masing.

READ  Plus Minus Atap Pelana

Ada banyak ide cemerlang yang dapat kamu coba untuk terapkan. Contohnya mengajak buah hati untuk membuat kolase khas Natal di dinding kamar mereka atau menata kamar dengan berbagai perintilan Natal. Atau bisa juga ganti sprei kamar dengan aneka gambar bertema pohon Natal.

12. Dekorasi Minimalis untuk Kamar Tidur

Dekorasi Natal di Kamar

Sebagai wilayah pribadi, kamu tidak perlu terlalu berlebihan dalam mendekorasi kamar tidurmu. Cukup dengan sentuhan kecil ala Natal saja, maka suasananya sudah bisa terasa kental.

Kamu bisa mengganti seprei tempat tidur dengan warna merah atau putih, memasang gantungan khas Natal di sudut kamar, serta meletakkan perintilan di meja.

13. Jangan Mengabaikan Dekorasi di Kamar Mandi

Kamar Mandi Bertema Natal

Meski intensitas penggunaan kamar mandi tidak sebanyak ruangan lain, kamu juga tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Justru wilayah ini juga bisa menjadi media untuk menerapkan dekoras Natal yang menarik.

Kamu bisa hadirkan sedikit ornamen hiasan di dalam kamar mandi, seperti pohon Natal keci, bunga gantung, dan lain-lain.

14. Stacked Branch

Stacked Branch

Kamu juga bisa membuat ide dekorasi Natal lain sebagai pengganti pohon Natal. Misalnya stacked branch berbentu mirip pohon Natal, tetapi terbuat dari tumpukan ranting-ranting pohon. Kamu bisa menyulapnya menjadi terkesan rustic dengan warna monokrom atau membuatnya tampak semarak dengan warna hijau dan merah.

15. Permak Area Perapian

Jika rumahmu memiliki perapian, jangan lupa ubah juga area ini menjadi tampilan yang menarik. Coba letakkan pohon Natal berada di samping perapian, lengkap dengan tatanan kado dan lampu yang mengelilingi pohon. Area ini juga bisa menjadi spot foto yang menarik.