13
Okt

12 Cara Merawat Kursi Kayu & Perabot Rumah Tangga Lain

12 Cara Merawat Kursi Kayu & Perabot Rumah Tangga Lain

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Bicara mengenai furnitur rumah tak lengkap rasanya bila tidak membahas mengenai furnitur berbahan kayu. Kayu memang menjadi salah satu bahan furnitur yang sampai saat ini masih menjadi favorit banyak orang. Berbagai jenis kayu pun dapat digunakan untuk membuat furnitur, salah satu yang paling terkenal adalah kayu jati. Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang sering digunakan dalam industri furnitur untuk membuat berbagai jenis furnitur yang salah satunya adalah kursi. Kursi kayu jati ataupun kursi kayu jati minimalis dibanderol dengan harga yang cukup mahal.Ketahanan kursi kayu jati ataupun kursi kayu jati minimalis dapat lebih bertahan lama jika Anda melakukan perawatan yang baik dan benar. Bukan tidak mungkin, cara perawatan kursi kayu jati yang salah dapat membuat kursi kayu jati cepat rusak dan tidak awet. Simak 12 cara merawat kursi kayu & perabot rumah tangga lain.

Cara Merawat Kursi Kayu 

1. Meletakkan di Tempat yang Kering 

Salah satu cara merawat kursi kayu adalah menaruhnya di tempat kering atau bersuhu normal di dalam ruangan.Kalau kursi kayu terkena sinar matahari secara terus menerus bisa membuat material kayu kering, menyusut, dan retak. Sementara udara lembab bisa menyebabkan jamur berkembang biak pada furnitur sehingga kursi terlihat jelek.

2. Selalu Memerhatikan Temperatur Ruangan 

Salah satu cara merawat kursi kayu adalah selalu memperhatikan suhu ruangan di dalam rumah. Temperatur normal, yang tidak panas atau dingin bisa membuat kursi kayu awet. sebaiknya kamu harus memerhatikannya. Jika kamu memasang pendingin udara, usahakan tidak memasangnya sepanjang hari agar udara tidak terlalu dingin.

READ  Apa Itu Rumah Minimalis?

3. Menggunakan Alas Saat Menaruh Kursi Kayu 

Tentunya kamu menginginkan kursi kayu selalu awet kan, karena itu coba memberikan alas saat menaruhnya. Kamu bisa menggunakan karpet, tikar, atau kain agar kaki kayu tidak rusak dan juga tidak merusak lantai. Sementara untuk bagian duduk kursi, jika tidak bantalan, kamu bisa menggunakan alas duduk agar lebih nyaman.

4. Memindahkan Kursi dengan Hati-Hati 

Saat ingin memindahkan kursi kayu, jangan pernah menarik atau menyeretnya karena bisa merusak bagin kaki kursi. Ketika menarik atau menyeret kursi kayu, ada potensi merusak sambungan, karena itu cara tersebut harus dihindari. Cara memindahkan kursi kayu yang benar adalah mengangkat pada bagian dudukan dengan hati-hati.

5. Membersihkan dan Mengeringkan Noda Air dengan Segera 

Saat kamu duduk dan sedang minum, bisa jadi ada tumpahan air yang jatuh ke kursi, hal ini bisa saja merusak kayu. Kamu harus segera membersihkan dan mengeringkannya dengan segera agar tidak ada noda apalagi jika air dingin. Untuk membersihkannya kamu bisa mencampurkan pasta gigi dan baking soda atau minyak goreng dan abu.

6. Membersihkan Kursi Kayu Secara Rutin 

Salah satu cara merawat kursi kayu adalah membersihkan kursi setidaknya satu kali dalam sebulan. Kamu bisa menggunakan cairan pelapis furnitur untuk membersihkan kotoran pada kursi kayu. jangan menggunakan air ya. Cairan pelapis furnitur ini bisa didapatkan di toko material atau furnitur, biasanya memang menjual pembersih ini.

7. Melakukan Perawatan Khusus Agar Kursi Kayu Tidak Kusam 

Cara merawat kursi kayu lainnya adalah melakukan perawatan khusus berupa melapisi ulang kursi kayu. Kamu bisa memplitur ulang kursi kayu agar kembali cerah, setidaknya 2-3 tahun sekali terutama ketika terlihat pudar. Untuk melakukan plitur ulang, kamu bisa melakukannya sendiri, beli cat plitur di toko bangunan terdekat.

READ  7 Tanda Terjadi Pencemaran Lingkungan di Sekitar Hunian

8. Membersihkan Kursi Kayu dengan Kuas, Sikat Gigi, dan Kain Halus 

Cara merawat kursi kayu adalah membersihkan kursi kayu menggunakan kain halus agar permukaan kayu tidak tergores. Jika ada bagian ukiran kursi kayu, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas atau sikat gigi. Kuas dan sikat gigi bisa menjangkau bagian yang sulit dibersihkan dengan menggunakan kain halus.

9. Memanfaatkan Pembersih dari Bahan Lain

Teh celup hitam bisa dimanfaatkan sebagai cairan untuk membersihkan kursi kayu agar tetap mengkilap.Seduh teh hitam, celupkan kain, peras, dan kemudian usapkan pada kursi kayu untuk membersihkannya, jangan lupa untuk mengeringkannya segera.Hmm, ternyata material seperti teh hitam bisa digunakan untuk cairan pembersih kursi kayu di rumah.

10. Tidak Duduk di Lengan Kursi

Kursi memang memiliki fungsi sebagai tempat duduk, tetapi ingat jangan sampai lengan kursi juga diduduki. Bagian legan kursi ini tidak didesain untuk menahan beban, sehingga ada kemungkinan patah atau retak. Hal ini juga menjadi bagian cara merawat kursi kayu, jangan meremehkan hal sepele seperti ini ya.

11. Tidak Menjadikan Kursi Kayu Sebagai Pijakan 

Kursi adalah tempat duduk, namun bukan tempat berpijak ketika mengganti lampu atau memperbaiki jendela. Ingat ya, kursi bisa jadi tidak kuat menahan beban ketika kamu berdiri. Sehingga akhirnya patah.Kalau ingin mengganti lampu maka gunakan saja tangga atau alat untuk mengganti lampu, mudah bukan?

12. Mengantisipasi Kursi dari Benturan 

Salah satu cara merawat kursi kayu adalah menempatkannya tidak berdekatan, sehingga aman dari benturan. Selain itu, jika kamu masih memiliki putra putri yang masih kecil, upayakan mereka tidak bermain dengan benda yang bisa merusak permukaan kayu.Namun, benturan atau goresan juga bisa terjadi ketika kamu memindahkan atau mengangkat kursi ke tempat lain.Wah, banyak juga ya cara merawat kursi kayu di rumah, biasakan untuk merawat perabot rumah tangga.

READ  Tema Kamar Monokrom Inspirasi Desain Kamar Cozy Anti Monoton