13
Okt

11 Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Sendiri

11 Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Sendiri

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Siapa sih yang tak sebal dengan suara bising dari luar rumah yang sering mengganggu? Untungnya, ada lho cara membuat ruangan kedap suara yang mudah dan efektif. Mau tahu? Polusi suara seperti kebisingan adalah masalah utama yang mungkin dialami oleh banyak orang terutama yang tinggal di perkotaan. Gangguan suara kendaraan, suara deru mesin, dan berbagai macam sumber suara lainnya jamak dialami banyak orang. Meskipun dalam batas tertentu masih bisa ditoleransi, namun, pasti banyak orang lebih memilih untuk menyenyapkan polusi suara tersebut, ‘kan? Solusi paling mudah dan efektif tentu saja dengan membuat ruangan di rumah kedap suara. Berikut ini 11 cara membuat peredam suara ruangan sendiri

Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Sendiri

1. Menutup Celah Pintu 

Salah satu celah suara bisa keluar atau masuk ke dalam ruangan adalah celah di pintu, biasanya pada bagian bawah pintu.Kamu bisa menutup bagian bawah pintu ini dengan door seal atau bisa juga dengan keset, karpet, atau kain.

2. Menutup Celah Jendela 

Hal yang sama juga bisa terjadi pada jendela, biasanya ada celah antara jendela dengan kusen kayu. Kamu bisa menutup celah ini, sekaligus menjadi salah satu cara membuat peredam suara ruangan sendiri.

3. Memasang Tirai yang Tebal di Jendela

Langkah lain dalam cara membuat peredam suara ruangan sendiri adalah memasang tirai yang tebal pada bagian jendela. Kain yang tebal bisa meredam suara yang masuk atau menahan suara yang ada di dalam ruangan.

4. Menempatkan Tirai yang Tebal di Depan Pintu 

Cara membuat peredam suara ruangan sendiri lainnya adalah memasang tirai yang tebal di depan pintu. Memang tidak lazim kalau memasang tirai di depan pintu, namun cara ini memang bisa meredam suara dari luar dan menahan suara dari dalam.

READ  Tren Ruangan Hitam Putih Yang Tak Lekang Waktu

5. Memasang Karpet di Dinding

Suara memantul melalui permukaan keras seperti dinding, lantai, dan juga plafon, untuk itu kamu harus meredamnya. Caranya adalah memasang karpet di dinding untuk meredam suara berisik yang ada di dalam ruangan.

6. Memiliki Karpet di Lantai 

Cara membuat peredam suara ruangan sendiri lainnya adalah memasang karpet di seluruh permukaan lantai.Banyak karpet dengan ukuran meteran yang dijual bebas dan bisa dipasang di seluruh lantai, cari karpet yang cukup tebal.

7. Memasang Lemari 

Kamu bisa memasang lemari entah itu lemari buku atau lemari lainnya sebagai cara membuat peredam suara ruangan sendiri.Suara bisa diredam dengan kehadiran lemari buku, apalagi jika kamu menaruh sejumlah buku di dalamnya.

8. Memasang Panel Akustik 

Panel akustik biasanya dipasang di studio musik atau studio rekaman, namun kamu bisa memasangnya di rumah. Panel ini bisa mencegah suara memantul dari permukaan yang keras dan menghalangi gelombang suara yang masuk dari luar.

9. Memasang Lapisan Karet Pada Dinding

Cara membuat peredam suara ruangan sendiri lainnya adalah memasang lapisan karet pada dinding ruangan. Lapisan ini bisa mengurangi adanya kemungkinan suara memantul baik dari dalam maupun luar ruangan.

10. Mengaplikasikan Cat Dinding Peredam Suara 

Kamu juga bisa mengaplikasikan cat dinding peredam suara pada tembok, cat ini memang dibuat untuk meredam suara.Teknologi cat memang sudah berkembang, cat tidak hanya untuk interior dan eksterior saja, tetapi ada fungsi lainnya.

11. Memasang Insulasi Pada Rumah 

Jangan salah ya, memasang insulasi pada rumah tidak hanya ditujukan untuk mengurangi panas di dalam hunian.Tetapi, juga bisa menjadi cara membuat peredam suara ruangan sendiri karena adanya pemasangan insulator untuk mengurangi kebisingan. Nah, banyak juga ya cara membuat peredam suara ruangan sendiri dengan bahan peredam suara sederhana.  Jadi kamu tidak perlu bingung untuk membuat peredam suara sendiri dan membuat ruangan kedap suara.

READ  Desain Kantor Menjadi Tempat yang Asik