07
Okt

10 Model Jendela Rumah Minimalis Modern Paling Populer

10 Model Jendela Rumah Minimalis Modern Paling Populer

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Jendela juga berfungsi sebagai sumber penerangan. Penting untuk mengetahui inspirasi jendela rumah sebagai referensi ke depan. Ada banyak bentuk jendela mulai dari persegi, bulat hingga tak beraturan. Pemilihan jendela yang tepat akan menambah nilai estetika. Namun, pemilik sering kali asal-asalan dalam memilih jendela rumah. Padahal, jendela juga harus memiliki desain yang sesuai dengan konsep rumah tersebut. Ini supaya tampilan rumah secara keseluruhan terlihat lebih selaras. Untuk itu, ketahui apa saja model jendela untuk rumah. Berikut artikel yang bisa jadi inspirasi untuk 10 model jendela rumah minimalis modern paling populer

Ragam Model Jendela Rumah Minimalis Terpopuler 

Beberapa jenis jendela ada yang khusus digunakan untuk bagian tertentu di dalam rumah, seperti dapur dan kamar.

1. Jendela Nako atau Krepyak 

Populer di tahun 2000-an, model jendela nako atau krepyak dikenal dengan nuansa vintage-nya yang khas. Namanya sendiri berasal dari bunyi ‘krepyak’ yang berasal dari gesekan antara besi dan kaca ketika jendela dibuka. Jenis jendela rumah ini cocok untuk kamu yang tinggal berhimpitan dengan tetangga karena sistem bukaannya yang tidak membutuhkan banyak ruangan.

Namun kamu perlu memberikan perhatian lebih dengan rajin memberikan pelumas pada bagian bukaan besinya supaya tidak mudah berkarat dan membuatnya sulit digerakkan. Jendela nako juga membutuhkan ekstra kusen yang cukup tebal jika ingin dipasangi gorden atau tirai penutup.

2. Model Jendela Rumah Minimalis Ayun 

jenis jendela

Banyak yang salah mengira jika desain jendela rumah ini adalah pintu kaca biasa. Jenis jendela ayun atau casement memiliki bentuk layaknya pintu rumah yang terbuka ke arah luar. Penempatannya paling ideal untuk bagian hunian yang menghadap ke arah taman atau dapur. Pilihlah yang menggunakan bahan kaca supaya mempermudah masuknya cahaya matahari ke dalam hunian.

READ  Inspirasi Tema Desain Dapur Yang Sesuai Dengan Kepribadian

3. Picture Window 

jenis jendela

Dikenal juga nama jendela mati, picture window dibuat khusus untuk fungsi sirkulasi cahaya dan memaksimalkan pemandangan yang ada di luar. Struktur dari picture window masuk ke kategori model jendela rumah minimalis tetap yang tidak bisa dibuka atau digerakkan.Sehingga paling tepat digunakan di area yang sudah memiliki sistem ventilasi udara yang baik.

4. Model Jendela Double Hung 

jenis jendela

Selanjutnya ada jenis jendela unik yang terdiri dari dua bagian kaca dalam satu frame. Double hung window cukup jarang ditemukan di Indonesia dan biasanya digunakan di rumah yang berada di negara empat musim. Bentuk kaca jendela yang tebal pada double hung window memiliki daya tahan yang tinggi dari suhu udara yang rendah ketika musim dingin datang.

5. Jenis Jendela Rumah Lengkung 

jenis jendela

Bay window atau model jendela lengkung lebih berfokus pada bentuk arsitektur rumah itu sendiri. Tampilan elegan dari jendela yang mengikuti kontur melengkung pada sudut bangunan membuat bay window cukup populer untuk hunian mewah seperti rumah puri (mansion) yang mewah.

6. Transom Window 

jenis jendela

Model jendela rumah minimalis transom kini semakin banyak disukai karena bisa membantu memaksimalkan pencahayaan alami interior hunian.Keunikan jendela transom ada pada teknik pemasangannya yang menempel pada pintu rumah.Transom window juga dilengkapi dengan engsel dan batang sehingga bisa dibuka dan ditutup dengan mudah.

7. Model Jendela Lipat 

jenis jendela

Dua fungsi dalam satu model jendela lipat yang juga bisa digunakan sebagai sekat ruangan. Jendela lipat atau bi-fold window memiliki sisi yang dapat ditekuk dan digerakkan bagian dalam ketika tidak sedang digunakan sehingga bisa memberikan ekstra space di dalam rumah.

8. Pivot Window 

jenis jendela

Kalau biasanya engsel jendela berada di pinggir, beda halnya dengan pivot window yang justru berada tepat di tengah-tengah. Alhasil, cara membuka model jendela minimalis ini pun terbilang unik karena bisa dilakukan secara horizontal maupun vertikal. Namun bentuk uniknya tersebut juga membuat pivot window tidak bisa dipasangi teralis atau tirai penutup.

READ  Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Tanaman

9. Model Jendela Geser 

jenis jendela

Selain pintu geser minimalis, ada juga model jendela geser alias sliding door yang cocok untuk digunakan berbagai area di rumah.

Dua bagian kaca jendela ditumpuk dengan bagian rail yang mempermudah ketika akan dibuka dengan cara digeser.

10. Model Jendela Rumah Awning 

jenis jendela

Terakhir adalah jenis jendela yang juga cukup populer digunakan di berbagai rumah bergaya minimalis mewah di Indonesia. Awning window memiliki bentuk bukaan dari bawah, sehingga membuatnya lebih kokoh dan tidak terbeban bobot jendela.