20
Jan

10 Macam Tanaman Hias Indoor Penyegar Ruangan

10 Macam Tanaman Hias Indoor Penyegar Ruangan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Tanaman hias penyerap racun semakin digemari banyak orang. Selain sebagai item penunjang interior dan eksterior rumah yang estetis, tanaman-tanaman ini juga memiliki beragam manfaat. Salah satu manfaat tanaman hias yang masih belum banyak diketahui orang adalah kemampuan untuk menyerap racun di udara. Jadi, bagi Anda yang tinggal di lingkungan yang berudara kurang baik, bisa mencoba memanfaatkan tanaman-tanaman berikut menyegarkan udara di sekitar rumah. Wajib punya!, 10 macam tanaman hias indoor penyegar ruangan.

Lidah Mertua

Dikenal juga dengan nama snake plant, nama tanaman ini terinspirasi dari bentuk daunnya yang tipis, menjulur dan punya lekukan unik yang tidak teratur. Selain tampilannya yang keren, tanaman lidah mertua juga termasuk anti ribet karena terkenal bandel di area kering sekalipun. Idealnya, tanaman hias daun indoor ini tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup supaya tumbuh subur. Sambil jadi dekorasi, tanaman lidah mertua juga ampuh menyaring zat kimia berbahaya di udara.

Sirih Gading Kuning

Neon Pothos adalah nama keren lain dari tanaman indoor yang imut ini. Sirih Gading Kuning terkenal mudah dirawat, bahkan untuk kalian yang pemula sekalipun. Pasalnya, tanaman hias indoor ini tidak butuh cahaya atau suhu lembab untuk tumbuh sehat. Juga tidak kalah dengan tanaman lidah mertua, kalian bisa mengandalkan Sirih Gading Kuning untuk membuat udara semakin segar dan bebas bau.

Dracaena

Keunggulan Dracaena sebagai tanaman hias indoor adalah praktis tidak butuh perawatan karena kemampuan adaptasinya yang tinggi. Tanaman ini juga ideal ditempatkan di dalam rumah karena tidak sangat membutuhkan sinar matahari langsung. Kendati demikian, tanaman hias indoor hijau ini tetap bisa menyaring udara dari zat kimia seperti benzena dan formaldehyde.

READ  Meredam Bising di Rumah yang Berlokasi di Pinggir Jalan

Tanaman Dolar

Berkat batang horizontal dan akar serabut yang merangkap sebagai penyimpan air, tanaman Dolar tidak butuh perawatan ekstra secara rutin. Tanaman hias indoor ini punya ciri khas unik yang kokoh dan daun hijau mengkilap. Banyak juga yang menganggapnya simbol kemakmuran dan persabahatan sejati, jadi boleh deh kalian jadikan ide hadiah buat teman atau kerabat.

Lili Paris

Salah satu tanaman hias indoor favorit, kalian mungkin juga mengenal Lili Paris dengan nama Spider Plant. Bentuk daunnya yang padat dengan warna hijau plus bingkai putih memang menjadikannya sebagai penyegar mata sekaligus udara yang ampuh. Tips supaya Lili Paris tumbuh mekar adalah menjauhkan dari sinar matahari langsung. Boleh juga dijadikan tanaman gantung indoor yang atraktif loh!

Ficus Elastica

Sering lupa menyiram tanaman? Si Rubber Plant atau Ficus Elastica bisa jadi tanaman hias indoor pilihanmu. Cukup tempatkan di sebelah jendela rumah agar disiangi secara rutin dan dapatkan udara yang bebas karbon di dalam rumah. Psst, bentuknya juga bikin gemes kan?

Paku Sarang Burung

Tanaman hias indoor ini berjenis pakis yang unik bentuknya. Lihat saja bentuk daun hijau terangnya yang bergerigi dan bisa tumbuh secara bebas ke segala arah. Karena dari famili pakis, jauhkan tanaman hias indoor ini dari sinar matahari dan jaga tingkat kelembaban udara ruangan. Biar makin keren, style ala tanaman gantung indoor. Cocok ditempatkan di kamar mandi untuk menyaring racun kimia.

Bunga Peace Lily

Dikenal juga dengan nama Lili Perdamaian, tanaman hias indoor ini bisa untuk dalam maupun luar ruangan. Bentuknya juga seindah namanya, terutama saat berbunga dengan kelopak lebar berwarna putih dan kuning di tengah. Si cantik ini boleh diletakkan di kamar tidur untuk menyerap amonia, benzena dan sekaligus memproduksi oksigen segar.

READ  Keuntungan Memakai Railing Besi Tempa

Philodendron

Salah satu tanaman hias indoor favorit yang instagramable, pot philodendron paling kerap menghiasi rak gantung atau lemari kabinet karena bentuknya yang lucu. Mudah tumbuh dengan subur, tanaman ini bisa tumbuh di tempat lembab dan gelap. Daunnya gampang tumbuh menjalar, supaya bentuknya tetap cantik ingat untuk dipangkas sesuai selera.

Lidah Buaya

Terkenal akan manfaat kesehatan untuk kulit dan rambut, lidah buaya atau aloe vera bisa jadi tanaman hias indoor yang minim perawatannya. Cukup sirami sesekali dan nikmati juga efek penyaring udara ruangan sekaligus bentuknya yang sudah tidak asing lagi.