08
Des

10 Langkah Ini Bikin Ruang Tamu Kecil Tampak Lebih Luas

10 Langkah Ini Bikin Ruang Tamu Kecil Tampak Lebih Luas

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan padat penduduk mengalami permasalahan yang sama tentang tempat tinggal. Seringkali, masalah ini diakali dengan membeli ataiu membangun rumah kecil yang sesuai bujet sebagai hunian keluarga. Membeli atau membangun rumah kecil sebetulnya tidak masalah apalagi untuk anak muda yang baru memulai keluarga atau tinggal sendiri, memiliki rumah kecil dengan sedikit ruangan tidak akan menjadi sebuah permasalahan. Lagipula, dengan kapasitas ruangan yang sangat terbatas, rumah kecil bisa terlihat besar, asalkan pemilik rumah cermat dan tahu bagaimana cara menata interior rumah kecil dengan tepat. Ikuti 10 langkah ini bikin ruang tamu kecil tampak lebih luas.

Tips Membuat Ruang Tamu Lebih Luas

Kini kamu dapat mewujudkan kesan homey meski memiliki ruang tamu yang kecil. Luasan ruang tamu bukan jadi kendala kamu menata semenarik mungkin. Banyak cara untuk menyiasati ruang tamu yang kecil. Desain setiap sudutnya menentukan rupa ruang tamu rumahmu. Kamu bisa melakukan trik-trik berikut ini.

1. Gunakan warna-warna netral

Furniture Warna Netral

Kesalahan dalam desain ruang tamu kecil adalah pemilihan warna gelap. Menggunakan warna gelap terutama pada dinding akan menjadikan ruang tamu lebih sempit. Untuk itu cobalah menggunakan warna netral pada setiap item yang ada di ruangan tersebut. Sehingga kesan lebih luas dapat terpancar. Warna-warna seperti putih, abu-abu muda, dan krem bisa jadi pilihan.

Konsep ini bisa dituangkan pada furniture sofa, warna dinding, hingga gorden dan karpet . Selain tampak luas desain ruang tamu ini dapat memberi kesan lebih hangat. Sehingga ruang tamu lebih nyaman dan bikin betah yang berkunjung deh!

READ  Bangun Kost Ekslusif Bersama Kami

2. Serba putih

Ruang Tamu Kecil

Menjadi golongan warna yang netral, warna putih juga bisa kamu aplikasikan di ruang tamu. Mungkin ini cara yang cukup klasik, namun sungguh ampuh untuk hadirkan kesan ruang tamu lebih luas.

Tentu saja berkat warna putih yang dapat memantulkan cahaya serta merefleksikan ruang tak terbatas, kamu bisa mengaplikasikan warna ini pada dinding, sofa, meja dan gorden. Agar tidak tampak datar, kamu bisa memadupadankan dengan furniture kayu agar ruang tamu lebih hidup.

3. Gunakan jendela lebar

Jendela RUang Tamu

Pada dasarnya fungsi jendela di rumah agar udara dalam rumah terus berganti, sehingga rumah lebih sehat karena sirkulasi udara berjalan baik. Namun untuk ruang tamu yang kecil, memiliki jendela besar memiliki manfaat lebih dari itu.

Desain jendela yang lebar di ruang tamu bisa memberikan kesan lebih luas. Hal ini bisa didukung dengan peletakan furnitur seperti sofa. Cobalah meletakkan sofa menghadap jendela. Posisi ini pun memberi kesan lebih nyaman, karena bisa duduk sambil menikmati pemandangan di luar.

Di samping itu, kamu juga bisa memanfatkan cahaya yang masuk dari jendela. Membiarkan masuk cahaya matahari membuat kesan ruangan lebih lapang dan terbuka, lho.

4. Percantik dengan furnitur unik

Meja Ruang Tamu

Tata letak dan bentuk furnitur yang kita gunakan ikut menentukan desain ruang tamu idaman. Meski kecil kamu tetap bisa mendesain ruang tamu sederhana dan menarik. Salah satunya dengan menggunakan furniture yang menarik.

Letakkan furniture seperti meja di tengah, tujuannya agar selalu menjadi pusat perhatian utama. Jangan lupa untuk memilih desain meja tamu yang unik, kemudian sesuaikan konsep dengan sofa dan karpet yang ada.

5. Pasang cermin untuk beri kesan luas

Ruang Tamu Kecil

Kamu sering melihat banyak cermin di beberapa café atau kedai kopi? Nyatanya keberadaan cermin bukan hanya hiasan dinding belaka. Cermin berukuran besar membuat ruangan terkesan lebih luas.

READ  Kelebihan & Kekurangannya Bangun Rumah Sistem Borongan Atau Harian

Cobalah pasang cermin di ruang tamu. Letakkan cermin di tembok dangan menghadap ke jendela. Tata letak ini bukan tanpa tujuan. Cermin menghadap jendela dapat  merefleksikan cahaya dari luar, terutama saat siang hari. Agar cahaya mudah masuk maka jangan halangi jendela dengan menggunakan gorden warna gelap.

Selain itu, fungsi cermin pada dinding juga bisa membantu agar tidak tumpang tindih dengan warna dinding yang berbeda.

6. Gunakan furniture built-in

Furniture Built In

Ruang tamu kecil bukan berarti kamu tak bisa memiliki desain ruang tamu minimalis. Pengunaan furniture sesuai kebutuhan cukup berperan penting. Hindari menggunakan furniture berukuran terlalu besar, cukup sesuaikan dengan space dan kebutuhanmu.

Sebagai gantinya cobalah menggunakan furniture built-in. Karena desain disesuaikan dengan tata ruang dan seakan menyatu dengan dinding. Furniture built-in bisa berupa rak buku, yang juga didesain tak hanya menaruh buku, namun beberapa hiasan ataupun foto-foto.

Dengan begini ruangan pun tampak tertata dilihat dari berbagai sudut manapun. Selain itu memiliki built-in juga bisa jadi investasi jangka panjang. Karena rak built-in biasanya lebih kokoh dan multifungsi, lho.

7. Rak dinding tempel

Rak Dinding

Jika kamu punya banyak barang yang ingin diletakkan namun sayangnya tempat terbatas, kamu bisa memanfaatkan rak dinding. Selain dapat menaruh barang rak dinding juga bisa jadi hiasan. Apalagi saat ini banyak rak dinding dengan bentuk-bentuk unik.

Nah jika warna dinding didominasi warna krem, rak bernuansa kayu bisa jadi pilihan. Ruang tamu akan tampak rapih dan minimalis. Menggunakan rak dinding tempel merupakan gagasan desain yang menggabungkan antara nilai visual dan fungsionalnya.

8. Tambahkan tanaman hijau

Tanaman Peace Lily

Kamu bisa menambahkan tanaman hijau pada ruang tamu. Meski ruangnya terbatas, penambahan tanaman hijau akan menimbulkan suasana asri. Jika dilihat ruang tamu pun nampak terdapat taman kecil di sekitarnya.

READ  Tips Memilih Paving Block Berkualitas

Untuk melakukan trik ini, jangan lupa pilih tanaman yang sesuai, yakni tanaman tahan air dan tidak mudah layu. Dalam hal ini kamu bisa andalkan tanaman peace lily. Tanaman ini berbunga meski di dalam ruangan. Fungsinya pun sangat berpengaruh pada kesehatan yang dapat membersihkan ruangan dari zat VCOS yang dikeluarkann cat tembok. Tanaman lainnya yang juga bisa ditambahkan pada ruang ramu adalah anggrek, bunga krisan, lavender, snake plant, kaktus dan lain-lain.

9. Pasang karpet tanpa motif

Ruang Tamu Kecil

Ruangan kesan luas juga bisa diwujdukan dengan pemilihan warna karpet yang sesuai. Dalam hal ini hindari menggunakan karpet bermotif di ruang tamu. Karpet polos bisa beri kesan ruang tamu lebih luas. Namun jangan tutupi seluruh lantai ruang tamu dengan karpet, hal ini justru akan mengurangi estetika desain ruang tamu.

10. Batasi penggunaan furniture berukuran besar

Sofa Ruang Tamu

Seperti yang disebutkan tadi, jangan sampai salah dalam memilih furniture untuk di ruang tamu. Kalaupun ingin hadirkan furniture yang besar, cukup pilih tipe furniture yang wajar jika berukuran besar. Misalnya sofa.  Menggunakan sofa tunggal panjang bisa jadi pilihan yang tepat. Namun pilih sofa yang panjangnya sama dengan ruang tamu rumahmu, ya.