pekerja memakai APD
06
Agu

10 Contoh Perlengkapan APD Dalam Pekerjaan Proyek Konstruksi

10 Contoh Perlengkapan APD Dalam Pekerjaan Proyek Konstruksi

Jenis-jenis Alat Pelindung Diri (APD), Fungsi dan Manfaatnya | Pengadaan  (Eprocurement)

KONTRAKTOR JOGJA – Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi hal yang harus diprioritaskan bagi pekerja. Khususnya dalam hal ini adalah mereka sebagai pekerja proyek konstruksi. Dengan pekerjaan yang cenderung kasar dan sangat beresiko akan terjadinya kecelakaan kerja, maka Alat Pelindung Diri (APD) menjadi sangat penting harus ada dan digunakan saat bekerja. Dan berikut ini adalah 10 Contoh Perlengkapan APD Dalam Pekerjaan Proyek Konstruksi yang perlu Anda ketahui.

1. Helm

15+ Alat Pelindung Diri dan Keselamatan Kerja (APD K3) dan Fungsinya |  Salamadian

Helm keselamatan atau safety helmet berguna untuk melindungi kepala dari benturan, pukulan ataupun kejatuhan benda tajam dan berat yang melayang atau meluncur di udara. Perlengkapan ini juga dapat melindungi kepala dari radiasi panas, api, percikan bahan kimia maupun suhu ekstrim. Namun, untuk beberapa pekerjaan dengan risiko lebih rendah, mereka hanya menggunakan topi atau penutup kepala sebagai pelindung.

2. Sabuk dan Tali

Jenis Alat Pelindung Diri dan Fungsi Alat Pelindung Diri

Perlengkapan K3 proyek selanjutnya yaitu sabuk keselamatan atau safety belt. Dimana perlengkapan ini berguna untuk membatasi gerak pekerja supaya tidak terjatuh atau terlepas dari posisi yang diinginkannya. Pada umumnya sabuk dan tali keamanan ini digunakan apabila pekerja berada pada posisi cukup berbahaya seperti posisi miring, tergantung atau memasuki rongga sempit.

3. Sepatu Bot

AlatPelindungDiri.Com - Alat Pelindung Diri (APD)

Kemudian perlengkapan K3 proyek selanjutnya yaitu ada sepatu bot. Sebagaimana diketahui, sepatu bot sendiri berguna untuk melindungi kaki dari benturan atau tertimpa benda berat, tertusuk benda tajam, terkena cairan dingin atau panas, uap panas, bahan kimia berbahaya hingga permukaan licin.

BACA JUGA :

Kiat – Kiat Membangun Rumah dengan Penghematan

4. Sepatu Pelindung

AlatPelindungDiri.Com - Alat Pelindung Diri (APD)

 

Selain sepatu bot, terdapat juga sepatu pelindung atau safety shoes. Perlengkapan tersebut juga sebenarnya memiliki fungsi hampir sama seperti sepatu bot. Hanya saja tingkat perlindungan safety shoes sedikit lebih rendah daripada sepatu bot. Namun, keuntungannya sepatu pelindung bisa digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

READ  Inspirasi Desain Rumah Dua lantai Untuk Keluarga Barumu

5. Masker

7 Jenis APD Proyek

Masker pernafasan juga termasuk ke dalam salah satu jenis perlengkapan K3 proyek. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya masker pernafasan berguna untuk melindungi organ pernafasan dengan cara menyaring cemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel debu, uap, aerosol asap ataupun gas.

6. Penutup Telinga

15+ Alat Pelindung Diri Dan Kеѕеӏаmаtаn Kегја (APD K3) Dan Fungsinya -  BlogNotes | yullhartono.com

Penutup telinga pada standar K3 proyek sebenarnya bisa terdiri dari dua jenis, yaitu sumbat telinga (ear plug) atau penutup telinga (ear Muff). Dari segi fungsi atau kegunaannya, sebenarnya kedua jenis perlengkapan tersebut sama saja, yaitu untuk melindungi telinga dari kebisingan maupun tekanan.

7. Kacamata Pengaman

Jual face shield APD / HELM APD / HELM SAFETY APD / pelindung wajah APD  Indonesia|Shopee Indonesia

Jenis perlengkapan K3 proyek sesuai standar selanjutnya yaitu kacamata pengaman. Kacamata pengaman sendiri berguna sebagai alat pelindung yang berguna untuk melindungi mata dari paparan partikel yang melayang pada udara ataupun air, percikan benda kecil dan benda panas hingga uap panas.

8. Pelindung Wajah

Jual face shield APD / HELM APD / HELM SAFETY APD / pelindung wajah APD  Indonesia|Shopee Indonesia

Sebagian besar dari kalian pasti pernah melihat pelindung wajah atau face shield yang digunakan pada proyek konstruksi pembangunan. Perlengkapan K3 proyek tersebut berfungsi guna melindungi wajah dari paparan bahan kimia berbahaya, partikel melayang di udara atau air, percikan benda kecil atau panas, uap panas, benturan dan pukulan benda keras atau tajam hingga pancaran cahaya.

BACA JUGA :

Inspirasi desain Rumah Klasik Anti Sepi Peminat Sampai Saat Ini

7 Model Fasad untuk Gaya Rumah Industrial

9. Sarung Tangan

Mengenal Alat Pelindung Diri Pekerja: Sarung Tangan Safety

Tidak hanya dari aspek kepala pekerja saja, namun perlengkapan K3 di dalam dunia proyek konstruksi bangunan juga memberikan aturan mengenai perlindungan tangan menggunakan sarung tangan. Secara umum, sarung tangan berfungsi untuk melindungi jari-jari tangan dari api, suhu panas, suhu dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia berbahaya, benturan, pukulan, tergores benda tajam atau infeksi dari zat patogen seperti virus dan bakteri.

READ  Keunggulan Genteng Beton

10. Pelampung

BAJU PELAMPUNG RRT ALL SIZE / LIFE VEST / ROMPI PELAMPUNG / BAJU | Lazada  Indonesia

Jenis perlengkapan K3 proyek terakhir sesuai standar dunia konstruksi pembangunan yaitu pelampung. Sesuai namanya, pelampung digunakan oleh para pekerja yang bekerja di atas air atau pada permukaan air supaya terhindar dari risiko dan bahaya tenggelam. Umumnya perlengkapan tersebut terdiri dari life jacket, life vest atau boyancy control device untuk mengatur ketika pekerja sedang terapung.

Setelah mengetahui beberapa perlengkapan APD dalam proyek konstruksi, sebaiknya kita lebih sadar akan keselamatan dalam bekerja. Sehingga dapat menggurangi resiko kecelakaan kerja yang tidak diharapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA :

Super Estetik Desain Rumah Minimalis Berbahan Kayu

Inspirasi Motif Paving Block Keren untuk Taman Rumah