05
Des

10 Ciri Desain Interior Industrial dan Konsepnya

10 Ciri Desain Interior Industrial dan Konsepnya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Perkembangan tren desain interior selalu menarik untuk diikuti. Salah satu yang sedang digemari banyak orang adalah desain interior industrial. Gaya interior rumah, kantor, atau kafe jadi tampak lebih menarik bila dipadukan dengan nuansa desain ini. Karena gaya industrial memang tak kalah spesial dan bersifat timeless dibandingkan desain minimalis. Gaya industrial berasal dari interior bangunan-bangunan bekas pabrik di Eropa. Biasanya bangunan tersebut direnovasi ulang tanpa menghilangkan ciri khas aslinya. Proses renovasi itu akhirnya menghasilkan gaya interior yang terkesan tegas dan maskulin. Berikut ini 10 ciri desain interior industrial dan konsepnya.

1. Dominasi Warna Gelap Dipadukan Dengan Warna Netral Lainnya

Tipe gaya industrial biasanya menggunakan warna-warna gelap, warna abu ataupun warna netral lainnya diantaranya warna favorit untuk gaya ini yaitu cokelat kayu, merah bata, dan warna hitam.

Akan tetapi hal ini sebenarnya tidak mutlak jika sobat tertarik pada warna-warna industrial netral namun terkesan manis seperti mustard, navy atau bahkan rose gold tentunya warna tersebut dapat menjadi ciri khas tersendiri bagi desain interior industrial modern yang sobat minati. Selain itu warna- warna terang ini bisa menjadi aksen kesan gloomy pada tema industrial pada bangunan industrial yang sobat miliki.

Ciri desain interior industrial

2. Ciri Khas Paling Menonjol Yaitu Mengunakan Dinding Bata

Dinding bata adalah karakteristik yang dimiliki desain rumah gaya industrial. ciri khas yang melekat menampakan visualisasi yang sangat atraktif. Tampilan batu bata dibiarkan terlihat agar terekspos dengan sangat jelas, walaupun ada pula batu bata yang di cat abu-abu atau putih dengan aksen bentuk bata yang masih terlihat jelas tentunya.

READ  Sebelum Membeli Bak Cuci Piring, Perhatikan Ini !

Selain bata biasanya kayu atau beton pun menjadi alternatif pemilihan lainnya. Jika memungkinkan sobat bisa lho untuk mencoba mengkombinasikan batu bata dengan aksen kayu pada dinding ruangan desain interior industrial milik sobat.

Ciri desain interior industrial

3. Tampilan Dinding yang Tidak Diselesaikan

Jika sebelumnya kita membahas mengenai penggunaan dinding bata, selanjutnya masih berhubungan dengan dinding yaitu tampilan pada dinding di ruang dengan desain interior industrial yang memilii kesan dinding yang tidak di selesaikan.

Maksudnya adalah bangunan dinding memang sengaja dibiarkan apa adanya tanpa polesan cat atau tanpa plesteran. Bukan hanya dinding bata yang terkesan estetik namun dinding dengan berwarna abu-abu ciri khas setelah disemin pun menampilkan suasana interior yang terkesan adem dan sejuk.

4. Berbeda Dengan Lainnya, Desain Industrial ini Menerapkan Lantai Kayu Atau Beton

Karakteristik lantai pada desain rumah gaya industrial yaitu menggunakan kayu atau beton. Dengan tampak kasar, ketidaksempurnaan dan tambalan menjadikan seni keindahan yang dimiliki gaya ini. Dengan penggunaan lantai kayu atau bahkan beton ini akan menampilkan kesan lantai yang kokoh. Meskipun kebanyakan orang memilih material beton atau kayu untuk menyempurnakan kesan industrial.

Menurut Vira memilih material lain seperti lantai semen juga tidak kalah menarik. Jenis apapun yang sobat pilih untuk penggunaan lantai untuk menyempurnakan tampilan desain interior industrial, pastikan kalau material tersebut aman, tidak lekas rusak dan nyaman untuk dipijak ya. Hal ini tentunya agar interior rumah dapat mendukung keamanan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga. Atau jika sobat berencana menerapkan konsep desain interior kantor industrial ini tentunya keamana merupakan hal yang utama.

5. Atap Yang Terbuka Dengan Langit-Langit Struktural Seperti Pipa, Kerangka

Ini merupakan ciri khas desain interior arsitektur industrial. Elemen struktural dan mekanik yang terbuka, dimana pipa-pipa, kerangka balok dilangit-langit tampak jelas yang pada gaya interior lain selalu disembunyikan, menjadi satu langkah paling berani.

READ  Macam-Macam Rak Dinding Kayu Yang Bikin Ruanganmu Tambah Cantik

Elemen struktural ini menjadi satu hal yang sangat unik dan menarik dalam penataan interior pada gaya desain ini, khususnya pada interior rumah-rumah modern.

Untuk menghindari gaya industrial agar tidak menimbulkan kesan sumpek, ukuran langit-langit ruangan haruslah tinggi. Sehingga ruangan tampak terlihat lebih ternuka dan memudahkan sobat untuk menata langit-langit. Saran Vira agar dapat memaksimalkan fungsi langit-langit pada ruangan ada baiknya untuk membuat mezzanine di antara lantai dasar dan lantai berikutnya agar tangga berfungsi maksimal.

Ciri desain interior industrial

6. Perpaduan Unik Antara Kayu, Metal, Warna Gelap Dan Elemen Lainnya

Tekstur kayu dengan permukaan kasar dan metal atau logam berkilau, sedikit berwarna hitam, warna emas atau tembaga merupakan ciri lain desain interior industrial. Perpaduan logam dan kayu ini akan memberi keunikan tersindiri pada ruangan. Aksen krom pada kaki meja, dipadukan dengan kayu rustic adalah visualisai karakteristik perabotan industrial.

Ciri desain interior industrial

7. Ruangan Dengan Pencahayaan Yang Baik karena Mengunakan Jendela Yang Berukuran Besar

Tipe desain interior industrial memiliki pencahayaan yang baik ketika siang hari, karena adanya jendela-jendela yang berukuran besar. Tempatkan jendela pada posisi yang tepat untuk memaksimalkan cahaya yang masuk saat siang hari. Sedangkan ketika malam hari lampu-lampu pada desain ini biasanya menggunakan lampu bercahaya redup. Pada ruangan dan memiliki aksesoris banyak lampu yang menyoroti detail peralatan seperti meja, kursi, dinding, dan benda-benda lainnya.

Ciri desain interior industrial

8. Perabotan Dengan Keseimbangan Visual Yang Kontras Dan Menarik

Penggunaan perabotan dalam desain rumah gaya industrial, diantaranya dipan, sofa mewah, bantal atau bahkan karpet, dapat memberikan keseimbangan visual yang kontras dan menarik. Untuk meja dan kursi biasanya berbentuk sederhana dengan bahan dasar kayu dipadukan dengan bahan metal. Perabotan berbahan metal lainnya yang bisa dipadukan dalam desain interior industrial antara lain tong bekas, rak penyimpanan yang dipadukan dengan papan kayu daur ulang.

READ  Desain Interior Kantor Modern Bikin Betah dan Produktif

10 Ciri Desain Interior Industrial dan Konsepnya

9. Letak Dekorasi dengan Perabotan Khas Gaya Industrial

Dalam tata letak dekorasi desain interior industrial biasanya di tata agar perabotan khas gaya industrial terlihat hidup diantara dinding ruangan dengan kesan kaku dan dingin. Misalnya seperti meletakan sofa mewah yang merapat pada dinding bata lalu meletakan meja kecil diantara sofa tersebut. Dalam menata desain interior café bergaya indsutrial sobat juga bisa meletakan bar dan  meja kayu di tengah sedangkan meletakan meja kecil dan sofa di pinggir ruangan.

10 Ciri Desain Interior Industrial dan Konsepnya

10. Memanfaatkan Barang-barang hasil Daur Ulang

Penggunaan material ciri khas desain interior industrial ini tentunya tidak mahal dan rumit. Sobat bisa menggunakan material bekas dan membelinya di toko loak. Penggunaan material kayu bekas dan metal bekas ini  tentunya sebagai langkah lanjutan dari peduli dengan masalah lingkungan hidup yaitu daur ulang barang. Sehingga, sobat hanya perlu menggunakan barang-barang yang bermanfaat dan desainnya serasi dengan keseluruhan interior. Sobat bisa menggunakan material-material bekas untuk menambah suasana industrial di rumah maupun di café.  Misalnya furniture industrial design seperti pipa bekas, lemari bekas, kotak besi bekas, perangkat mekanis, atau benda-benda lainnya. Konstruksi yang kuat dari material ini sangat cocok digunakan untuk menjadi furnitur kreatif dan unik.

10 Ciri Desain Interior Industrial dan Konsepnya