14
Okt

10 Cara Mempercantik Lantai Kayu Rumah Anda

10 Cara Mempercantik Lantai Kayu Rumah Anda

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor -Jika Anda penyuka nuansa alam dan ingin mengaplikasikannya di dalam rumah Anda, salah satu caranya adalah dengan memasang lantai berbahan kayu. Penggunaan lantai kayu dapat menciptakan suasana tersendiri dalam sebuah ruangan, nyaman, hangat, sekaligus indah. Lantai kayu sangat mudah dirawat tentu jika Anda merawatnya dengan benar. Lantai kayu hanya perlu dibersihkan dengan cara dipel atau dibersihkan menggunakan penyedot debu. Setiap lantai kayu mempunyai bahan yang berbeda-beda, sehingga perawatan dan cara mempercantik juga berbeda-beda pula. Berikut ini 10 cara mempercantik lantai kayu rumah anda.

1. Gunakan sabun khusus untuk mendapatkan lantai kayu gaya Scandinavian.

  1. Dapatkan hasil putih pada lantai kayu dengan menggunakan tips gaya Scandinavian dan penggunaan sabun khusus untuk lantai kayu Anda. Anda dapat menggunakan larutan alkali khusus pada lantai kayu yang sudah diamplas untuk mencerahkan warna kayu dan menghilangkan warna gelap. Setelah itu, gunakan sabun kayu berwarna putih yang akan melindungi lantai kayu agar warnanya tidak cepat pudar. Rawat lantai kayu dengan mengaplikasikan kembali sabun berwarna putih.

(Sumber: pinterest.com/planete-déco.fr)

2. Cat putih lantai Anda.

Lantai kayu yang dicat putih sangat tepat digunakan untuk rumah yang memerlukan pencahayaan atau pencerahaan yang lebih. Lantai putih akan menghasilkan gaya kontemporer kepada rumah kuno dengan kondisi lantai kayu yang sudah tua dan usang. Warna lantai putih juga banyak digunakan sebagai warna cat rumah minimalis. Gunakan cat khusus untuk lantai kayu agar Anda terhindar dari lantai yang licin. Jangan lupa untuk mengepel lantai kayu setiap minggu dan jangan ragu untuk mengecat ulang lantai Anda jika Anda merasa terganggu dengan goresan yang muncul pada lantai.

(Sumber: WordPress.com)

3. Pilih warna abu-abu yang elegan.

Jika warna hitam mungkin terlalu gelap dan warna putih terasa terlalu terang, cobalah untuk mengecat lantai kayu Anda dengan warna netral seperti abu-abu atau biru pucat. Warna abu-abu pada lantai dapat dipasangkan dengan warna pastel pada tembok untuk menambah statement pada ruangan.

READ  Cara Tepat Membersihkan Karpet

Saman House karya Platform Architects (Sumber: Arsitag.com)

4. Pertimbangkan untuk mempernis lantai kayu.

Agar lantai kayu Anda lebih awet dan memiliki hasil yang mulus, cobalah untuk mempernis lantai kayu Anda. Sebagian besar pernis mengandung polyurethane, yang dapat melapisi kayu agar tahan air dan melapisinya seperti plastik. Hasil yang didapat dapat beragam mulai dari glossy sampai matte. Kekurangan dari hasil pernis adalah ketika permukaan rusak karena sudah terlalu lama dipakai atau terkena gesekan dari furnitur lain, akan sangat sulit untuk diperbaiki. Satu-satunya jalan keluar adalah dengan mengamplas seluruh ruangan dan mempernis ulang.Material kayu sudah dikenal dapat memberikan rasa hangat pada ruang. Maka, banyak di daerah-daerah dataran tinggi misalnya vila-vila di puncak menggunakan kayu sebagai pelapis lantai. Namun, iklim yang dingin seringkali belum cukup teratasi dengan hanya menggunakan material kayu. Untuk menambah kehangatan, tambahkan karpet di atasnya. Ruang pun semakin hangat dan nyaman.

(Sumber: pinterest.com/GlamourParis)

5. Cobalah untuk menabrak warna.

Penggunaan berbagai warna yang tidak seragam untuk lantai dan perabotan Anda dapat menciptakan tampilan yang menarik. Anda dapat menggunakan furnitur atau aksesoris dengan warna yang bertabrakan. Untuk tampilan yang lebih semarak, coba gabungkan harga lantai kayu dengan material lain, keramik misalnya. Aneh? Tidak kok. Coba tengok foto di atas. Pada bagian tengah lantai dikhususkan menggunakan keramik bermotif. Dengan begitu, hunian pun tampil ganda yakni tradisional sekaligus modern.

(Sumber: pinterest.com/interiorcollective)

6. Kembali pada warna hitam.

Jika rumah Anda sudah dipenuhi oleh warna-warna natural dan Anda ingin menambah warna gelap pada rumah Anda, mungkin Anda dapat menggunakan cat hitam pada lantai kayu Anda. Lantai hitam menambah kesan dramatis dan sangat cocok dipasangkan dengan furnitur kayu berwarna gelap. Anda harus berhati-hati memilih finishing untuk lantai kayu berwarna hitam karena sangat sulit untuk dirawat agar tetap awet. Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, lantai kayu berwarna hitam akan membuat bulu-bulu dari hewan Anda akan semakin terlihat.

READ  Desain Kantor Menjadi Tempat yang Asik

(Sumber: pinterest.com/HomeDecor)

7. Finishing menggunakan wax.

Penggemar lantai kayu tradisional mungkin ingin membuat penampilan dari lantai kayu mereka menjadi sedikit lebih tua. Produk hard wax mengandung campuran dari minyak natural seperti minyak biji rami dan biji bunga matahari, sekaligus campuran yang berfungsi untuk melindungi kayu dan teksturnya. Untuk menghasilkan warna yang lebih muda, produk wax dengan pewarna putih dapat Anda gunakan. Hasil yang dihasilkan dapat berupa glossysatin dan matte.

Wax diaplikasikan menggunakan rol dan dibiarkan hingga mengering. Aplikasikan sebanyak dua kali. Setelah itu Anda hanya perlu merawat lantai dengan mengaplikasikan kembali wax di atas lantai kayu Anda. Kekurangan dari lantai kayu yang menggunakan wax adalah Anda harus sering-sering mengaplikasikannya kembali.

Reva House karya Revano Satria (Sumber: Arsitag.com)

8. Cobalah menggunakan warna gelap.

Tahap pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil gelap yang dapat menegaskan tekstur dari lantai kayu Anda adalah membuat percobaan dengan cara menodai lantai kayu Anda. Harus melakukan beberapa percobaan sebelum mendapatkan warna gelap yang sesuai dengan keinginan. Melakukan berbagai percobaan dengan cara menodai lantai kayu yang sudah diamplas hingga menemukan warna yang diinginkan.

Anda mungkin bahkan perlu mencampur beberapa warna agar mendapatkan warna yang sesuai. Setelah mendapatkan warna yang diinginkan, Anda harus membiarkan lantai Anda mengering semalaman baru setelah itu ditambahkan tiga lapis pernis.

(Sumber: pinterest.com/TheDesignSheppard)

9. Gunakan kayu hasil daur ulang.

Jika Anda ingin mempunyai lantai kayu dengan kualitas yang sama dengan kayu asli, mungkin Anda dapat menggunakan kayu daur ulang. Kayu daur ulang memang memiliki harga yang mahal. Kayu daur ulang menggunakan papan atau kayu yang diambil dari properti lain untuk menambahkan karakter kepada bangunan baru atau memperbaiki area yang rusak.

READ  6 Tips Membeli Rumah Bekas agar Aman dan Tidak Rugi

Untuk Anda yang ingin memiliki lantai kayu yang lebih mewah mungkin Anda dapat mempertimbangkan menggunakan kayu parket daur ulang yang akan menambahkan efek wow dan memiliki berbagai variasi pola. Perlu diperhatikan bahwa memasang parket daur ulang hanya dapat dilakukan oleh seorang profesional dan membutuhkan biaya yang mahal.

(Sumber: pinterest.com/HomeDzine)

10. Buat lantai bergaya vintage.

Jika Anda sudah bosan dengan lantai kayu di rumah Anda yang masih terlihat bagus dan terawat, mungkin Anda ingin membuat beberapa goresan di lantai kayu Anda untuk menambahkan kesan vintage pada ruangan. Anda dapat menambahkan beberapa lapisan cat pada lantai dan kemudian menggores beberapa bagian untuk menghasilkan warna kontras dari cat dibawahnya. Uji coba terlebih dahulu di sebuah papan atau potongan kayu untuk melihat hasil yang paling Anda sukai. Interior bernuansa vintage kurang cocok menggunakan material keramik warna putih untuk lantai.

Sebagai gantinya, material lantai yang terkesan hangat bisa diaplikasikan sebagai pilihan terbaik. Anda dapat memilih ubin aneka motif, parket, atau lantai kayu. Material lantai yang istimewa tersebut membuat Anda harus lebih cermat merawatnya supaya tidak mudah tergores, rapuh, atau retak. Jangan lupa menyiapkan material pajangan dengan motif yang sama untuk mengantisipasi kejadian lantai rusak di kemudian hari. Inilah 10 cara mempercantik lantai kayu rumah anda.