14
Sep

Yuk, Kreasikan Ubin Keramik Dengan Pola!

Yuk, Kreasikan Ubin Keramik Dengan Pola!

Ubin Keramik – Ubin keramik adalah salah satu material finishing konvensional yang banyak digemari. Dengan banyaknya pilihan motif dan warna, ubin keramik bisa dikreasikan sedemikian rupa baik untuk lantai, dinding, bahkan fasad rumah. Selain dari warna, tekstur, dan motif, untuk membuat ubin keramik bisa tampil menarik dan maksimal adalah pola pemasangannya. Tak hanya dipasang secara rapi dengan pola grid yang tradisional, ubin keramik bisa dipasang dengan berbagai pola menarik, lho!

 

Pola Ubin Keramik Menarik

Ubin Keramik dengan Pola Susun Bata

Ubin Keramik Pola Bata

Pola penyusunan ubin keramik pertama bisa dibilang cukup umum dan sangat populer diterapkan pada penggunaan ubin keramik tipe subway. Namun, bukan berarti pola penyusunan ini tak bisa diterapkan pada tipe ubin keramik lainnya.

Cara penyusunnya cukup sederhana, yaitu dengan menyusun ubin layaknya seperti susunan pola batu bata yang berselang-seling. Untuk ubin yang memiliki ukuran plank atau persegi panjang, pola penyusunan seperti batu bata ini bisa dimodifikasi lebih jauh seperti dengan penyusunan dengan pola batu bata secara vertikal dan juga dengan membuat selingan yang lebih banyak.

Komposisi susunan ini cocok untuk jenis keramik dengan motif plank kayu untuk memberikan tekstur layaknya lantai kayu asli. Selain itu umumnya pola ini diterapkan pada daerah-daerah rentan basah seperti untuk keramik kamar mandi, keramik dapur, dan juga ruang-ruang outdoor dari rumah.

 

Ubin Keramik dengan Pola Tulang Ikan

Ubin Keramik Lantai dengan Pola Tulang Ikan

Disebut sebagai pola tulang ikan karena pola penyusunan ubin lantai keramik ini memang menyerupai lkerangka struktur dari tulang ikan. Susunan ubin keramik ini baru bisa diimplementasikan pada ubin yang memiliki ukuran dan bentuk persegi panjang.

Dengan bentuk pola yang lebih dinamis, pola ubin keramik ini kerap diimplementasikan pada dinding ataupun backsplash dapur. Namun, tak sedikit pula yang memilih pola penyusunan ubin seperti ini untuk ubin lantai.

Ubin Keramik Backsplash dengan Pola Tulang Ikan

Untuk pengaplikasiannya pada dinding, kamu juga bisa memberikan efek visual pada ruangan menggunakan pola ini, lho. Arahkan pola segara vertikal untuk memberikan kesan ruang yang lebih tinggi, dan arahkan pola secara horizontal untuk kesan ruang yang lebih lebar.

 

Ubin Keramik dengan Pola Anyam

Pola penyusunan ubin keramik selanjutnya juga lebih cocok untuk diterapkan pada ubin keramik yang memiliki ukuran dan bentuk persegi panjang. Pola penyusunan satu ini juga bisa dibilang cukup sederhana namun mampu memberikan tampilan yang berbeda daripada pemasangan yang konvensional pada desain lantai di rumah.

Ubin Keramik dengan Pola Anyam

Dengan memasang ubin secara berpasangan dan diselang-seling secara vertikal dan horizontal memberikan pola ubin keramik layaknya anyaman yang menarik dan lebih dinamis.

 

Ubin Keramik dengan Pola Kincir Angin

Pola ubin keramik yang disusun layaknya kincir angin seperti yang satu ini bisa dikatakan merupakan pola penyusunanan yang cukup rumit namun mampu memberikan tampilan susunan ubin keramik yang lebih dinamis dan hidup.

Ubin Keramik dengan Pola Kincir Angin

Untuk mewujudkan pola seperti ini, kamu memerlukan minimal dua jenis ukuran keramik berbeda dan menyusunnya mengitar layaknya kincir. Selain dua ukuran yang berbeda, kamu juga bisa bermain dengan permainan warna yang berbeda untuk tampilan desain lantai yang lebih berwarna.

 

Pola Ubin Keramik Mix and Match

Pola Ubin Keramik Mix and Match

Setelah memahami empat pola pemasangan ubin keramik sebelumnya, kini kamu bisa berkreasi lebih jauh dengan memadupadankan berbagi kombinasi pemasangan pola ubin tersebut.

Seperti dengan menjadikan pola tulang ikan sebagai frame dan pola kincir sebagai bagian tengah ruangan. Jangan lupa, kamu juga bisa bermain dengan ukuran, warna, dan tekstur dari ubin dalam menciptakan finishingkeramik yang jauh lebih menarik.

Ternyata ada banyak sekali bukan yang bisa kamu ekplorasi dalam penggunaan material ubin keramik pada rumah baik sebagai lantai ataupun dinding. Tentunya, jangan lupa sesuaikan pola keramik ini dengan warna, motif, serta ukuran dan bentuk dari ubin keramik yang akan kamu gunakan, ya.