26
Okt

Penyebab Kamar Kos Bau Apek

PENYEBAB KAMAR KOS BAU APEK

Penyebab Kamar Kos Bau Apek – Nih, bagi para perantau. Pasti kalian pernah mengalami kamar kos Anda bau apek atau pengap dan bahkan bau tidak sedap. Tahukah Anda apa penyebabnya? Berikut adalah beberapa penyebab kamar kos bau apek, adakah yang kalian lakukan di salah satunya?

Kamu sendiri!

Rupanya 7 Kebiasaan Ini Pemicu Bau Tak Sedap di Kamar Kost

Ya! Kamu sendiri penyebab kamarmu menjadi bau. Seringkali karena kelelahan setelah beraktivitas, kita masuk kamar langsung rebahan di kasur. Kasur yang kotor dan terkena keringat kita, lama-lama akan menjadi bau. Selain itu, bau kaki setelah kita memakai sepatu juga menjadi penyebab bau di lantai.

Biasakan setelah pulang kerja atau sekolah, sebelum masuk kamar cucilah dulu kaki kita. Dan sebelum rebahan atau tidur di kasur, usahakan selalu mandi terlebih dahulu.

Menyimpan sepatu dan kaus kaki di dalam kamar.

Rupanya 7 Kebiasaan Ini Pemicu Bau Tak Sedap di Kamar Kost

Sepatu yang terkena keringat dapat mengeluarkan bau yang menyengat. Perlu dijemur atau di angin-angin agar baunya hilang. Bila kita menyimpan di dalam kamar, akan menjadi sumber bau menyengat yang mudah menyebar dalam kamar. Lebih baik simpan di luar kamar.

Jika terpaksa menyimpan di dalam kamar, kita dapat memasukkan koran ke dalam sepatu. Koran secara bertahap akan menyerap bau dan kelembaban dari dalam sepatu. Jangan lupa untuk menata sepatu agar kamar kost terlihat rapi.

Cucian yang menumpuk.

Rupanya 7 Kebiasaan Ini Pemicu Bau Tak Sedap di Kamar Kost

Cucian yang menumpuk juga sebagai penyumbang bau dalam kamar kost. Pakaian yang terkena keringat, setelah berhari-hari bahkan berminggu-minggu ditumpuk akan mengeluarkan bau yang menyengat. Jangan terlalu lama menumpuk cucian kotor! Rajinlah mencuci pakaian tiga hari sekali atau paling tidak seminggu sekali. Bila kalian malas mencuci baju, kalian dapat memanfaatkan jasa laundry dekat kost

Tumpukan sumpah

Rupanya 7 Kebiasaan Ini Pemicu Bau Tak Sedap di Kamar Kost

Selain menjadi sumber bau, sampah juga merupakan sumber penyakit. Lebih baik buanglah sampah di luar kamar kost. Untuk mengurangi sampah, manfaatkan sampah plastik bekas botol air untuk tempat peralatan menulis. Jangan lupa untuk melapisi tempat sampah kalian dengan kantong plastik agar sampah tidak berceceran dan mudah untuk membuangnya.

Rokok.

Rupanya 7 Kebiasaan Ini Pemicu Bau Tak Sedap di Kamar Kost

Memang tidak semua orang terganggu dengan bau rokok. Namun kamar yang banyak timbunan puntung dan abu rokok, lama-lama akan menjadi bau dan menjadi sumber penyakit. Usahakan merokok di luar kamar kost. Atau buka jendela kamar bila sedang merokok. Juga rajinlah membuang timbunan puntung dan abu rokok di luar kamar. Yang terpenting, segeralah berhenti merokok untuk menjaga kesehatan yaa.

Menjemur handuk di dalam kamar.

Rupanya 7 Kebiasaan Ini Pemicu Bau Tak Sedap di Kamar Kost

Upayakan untuk tidak menggantung handuk di dalam kamar. Karena membuat handuk menjadi lembab, bau dan berjamur. Sebaiknya menjemur handuk di bawah sinar matahari langsung setiap hari supaya handuk kering dan terbebas dari jamur atau penyakit kulit.

Kurangnya ventilasi dan jendela di dalam kamar kost.

Rupanya 7 Kebiasaan Ini Pemicu Bau Tak Sedap di Kamar Kost

Kurangnya ventilasi dan jendela yang selalu tertutup menjadi penyebab kamar yang bau. Seringlah membuka jendela kamar kost setelah pulang kerja atau sekolah. Kamar yang kurang ventilasi dan jendela akan menjadi lembab dan mempercepat pertumbuhan jamur. Sirkulasi udara diperlukan agar bau kamar keluar dan udara segar masuk, kalau orang Jawa bilang “ambune ben ora mulek“. Tambahkan juga pewangi gantung yang bisa dibeli di minimarket agar kamar lebih wangi dan segar.

  1. JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666