19
Nov

Kelebihan Rumah Panggung

KELEBIHAN RUMAH PANGGUNG

Kelebihan Rumah Panggung – Pernahkah Anda melihat rumah panggung? Atau bahkan rumah Anda rumah panggung? Di Indonesia ini juga rumah panggung sangat beragam sesuai dengan kondisi adat istiadat, geografis dan sumber daya alam yang ada.

Manfaat Rumah Panggung

Namun dibalik itu semua, apasih manfaat yang diperoleh dari membangun rumah panggung? Mari kita simak uraian berikut.

  1. 1. Anti banjir

Manfaat yang pertama yang dapat diperoleh dari pembangunan rumah panggung adalah terhindarnya dari musibah banjir. Pada daerah yang rawan banjir, rumah panggung dapat menjadi salah satu solusi karena tiang penyangga rumah yang lebih tinggi untuk menghindari banjir. Selain itu, rumah yang biasa dibangun di atas perairan seperti sungai, laut, rawa dsb juga dapat memberikan manfaat bagi pengguna untuk dapat memanfaatkan lahan perairan untuk perumahan tanpa takut adanya banjir.

2. Interior lebih sejuk

Berbeda dengan rumah pada umumnya yang mengalirkan udara hanya dari ventilasi pada dinding dan atap, rumah panggung justru akan dapat mengalirkan udara dari segala penjuru rumah melalui celah-celah yang terdapat pada kayu dan ventlasi yang ada. Dengan demikian, rumah panggung ini memberikan kesejukan yang lebih pada interior ruanga dibandingkan dengan rumah biasa.

3. Tahan gempa

Kelebihan lain dari pembangunan rumah panggung yaitu rumah ini lebih tahan terhadap gempa. Hal ini dikarenakan bahan utama pembangunan rumah merupakan kayu yang notabene memilii sifat elastis terhadap gempa.

4. Anti binatang buas

Bagi masyarakat yang tinggal di daratan khususnya daerah hutan, pembangunan rumah panggung juga dapat menghindarkan diri dari ancaman binatang buas. Struktur bangunan rumah yang lebih tinggi dari keadaan sekitar akan menyulitkan binatang untuk masuk ke dalam rumah. Selain itu, pemilik rumah juga dapat memantau keadaan sekitar rumah dari ancaman-ancaman yang mungkin ditimbulkan dari binatang-binatang yang berkeliaran di sekitar rumah.

5. Kesan tradisional dengan bentuk unik

Rumah panggung memberika kesan tradisional yang sangat kuat yang dapat memberikan rasa rileks bagi penggunanya. Selain itu, rumah panggung juga memiliki bentuk unik yang biasanya hanya ditemukan di daerah-daerah pedesaan maupun daerah yang jauh dari perkotaan.

6. Kolong multifungsi

Manfaat lain yang didapatka dari pembangunan rumah panggung yaitu pemanfaatan kolongnya seperti yang telah dijelaskan di atas, kolong rumah panggung yang lebih rendah dapat dijadikan sebagai kandang ternak, sedangkan kolong rumah panggung yang lebih tinggi dapat dijadikan sebagai tempat beraktivitas seperti menenun, bersosialisasi maupun menyimpan barang-barang lain.

7. Memiliki halaman yang lebih luas

Berbeda dengan rumah biasanya, rumah panggung memiliki halaman yang lebih luas yang mencakup bagian kolong rumah. Halaman yang lebih luas pada rumah panggung ini dapat dimanfaatkan oleh pemilik untuk keperluan apapun yang lebih luas.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, salam sukses untuk para pembaca 🙂

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666