26
Nov

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KUSEN ALUMINIUM

Kusen Aluminium – Jenis dari kusen yaitu terdiri dari kusen aluminium dan kusen kayu. Di rumah Anda, kusen manakah yang Anda gunakan? Untuk kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kusen aluminium terlebih dahulu. Tahukah Anda mengenai kusen aluminium, dari segi kualitas atau kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan Kusen Alumunium

  1. Ketahanan terhadap cuaca. Perubahan cuaca dan perubahan suhu lingkungan tidak akan memberikan pengaruh terhadap bahan alumunium. Kusen alumunium tidak akan mengalami penyusutan karena suhu yang dingin, atau memanjang karena suhu udara yang panas yang berakibat pada melengkungnya kusen.
  2. Anti rayap, dan tahan keropos. Meskipun dipasangkan pada area yang lembab, seperti kamar mandi misalnya.
  3. Kusen alumunium memiliki bobot yang ringan, sehingga lebih mudah dipindahkan.
  4. Perawatan kusen alumunium lebih mudah.
  5. Perhitungan biaya total lebih ekonomis. Dalam artian, jika dihitung dan dibandingkan, antara kusen alumunium dengan kusen kayu jika dihitung dari pembelian bahan serta biaya pembuatan, pemasangan dan lama pemakaian / daya tahan.
  6. Memilik warna yang menarik. Tanpa pewarnaan khusus, bahan alumunium memiliki warna yang cukup menarik dan modern – warna chrome / putih keperak-perakan. meskipun, jika anda menginginkan warna tertentu, anda bisa mengecatnya. Jika anda inginkan, kusen alumunium jiga dapat diwarnai dengan cat khusus yang akan menghasilkan warna layaknya kusen dari bahan kayu.

Kelemahan Kusen Alumunium

  1. Bentuk yang cenderung kurang variatif. Kusen alumunium yang beredar saat ini, memiliki bentuk standar dari pabrik, sehingga hanya terbatas pada bentuk minimalis dan klasik eropa. Ini adalah kelemahan utama dari kusen alumunium. Karena masyarakat umumnya menyukai bentuk pintu atau jendela yang variatif, dengan potongan-potongan tertentu sebagai penghias.
  2. Diperlukan keterampilan dalam memasang menggunakan sistem fischer. Kusen alumunium dipasang dengan mengandalkan kekuatan sekrup yang ditanam di dalam tembok yang sudah diplester. Ketepatan dan kehatia-hatian sangat diperlukan, agar kusen dapat terpasang dengan rapi dan memiliki kekuatan yang maksimal. Jika sampai terjadi kesalahan, dapat berakibat fatal.
  3. Diperlukan ketelitian dalam pembuatan maupun pemasangan kusen. Jika tidak dilakukan dengan cermat, pembuatan maupun pemasangan kusen alumunium dapat meninggalkan celah yang dapat dimasuki air hujan. Meskipun air tidak akan berpengaruh terhadap bahan kusen, tetapi terjadinya kebocoran bukanlah hal yang kita inginkan.
  4. Terima kasih sudah mengunjungi website kami, salam sukses untuk para pembaca 🙂

    JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666