27
Agu

Fakta Menarik Tanaman Rambat Terpopuler

Fakta Menarik Tanaman Rambat Terpopuler

Tanaman Rambat – Lee Kwan Yew merupakan sebutan tanaman rambat terpopuler didunia. Tanaman ini memiliki nama Lee Kwan Yew yang berasal dari Negara Burma.Tanaman ini banyak dicari oleh masyarakat dunia karena tanaman ini bisa tumbuh secara vertikal dan tidak banyak memakan ruang atau lahan. Tanaman ini sangat cocok untuk anda yang memiliki lahan yang sempit untuk dijadikan taman. Tanaman ini sangat populer dikalangan pencinta tanaman hias di dunia. Kini tanaman Lee Kwan Yew dikembangbiakan di berbagai negara seperti india dan Australia. Tanaman ini dapat dijadikan alternatif untuk taman di rumah anda. Berikut beberapa fakta tanaman Lee Kwan Yew!

1. Sebutan tanaman Lee Kwan Yew diambil dari nama mantan Perdana Menteri Singapura

Tanaman Lee Kwan Yew di Garden City

Pasti kamu bertanya-tanya, siapa sebenarnya Lee Kwan Yew? Dan kenapa tanaman rambat ini dinamai dengan nama itu? Lee Kwan Yew merupakan mantan Perdana Menteri Singapura yang pada tahun 1967 menyelenggarakan sebuah proyek pembangunan ramah lingkungan bernama Garden City.

Bangunan yang dibangun dalam proyek Garden City tersebut sebagian besar dihiasi oleh tanaman rambat jenis Vernonia elliptica. Karena kesuksesan proyek yang dijalankan dan Lee Kwan Yew berhasil mempopulerkan penggunaan tanaman merambat ini, maka sejak saat itu namanya dipakai sebagai nama populer dari Vernonia elliptica.

2. Memiliki banyak nama dengan segudang makna

Tanaman Lee Kwan Yew Curtain Creeper

Tidak hanya dikenal dengan nama tanaman Lee Kwan Yew, di Indonesia tanaman rambat ini juga dikenal dengan nama ‘janda merana’ bahkan tanaman Lee Kwan Yew ini memiliki tiga nama ilmiah yang berbeda, yaitu Vernonia elliptica, Vernonia elaeagnifolia, Tarlmounia elliptica. Masing-masing nama ilmiahnya memiliki arti yang merepresentasikan karakter dari tanaman Lee Kwan Yew.

Elliptica menunjukan daun tanaman Lee Kwan Yew yang berbentuk elips. Sementara elaeagnifolia berarti murni dan bersih seperti halnya buah zaitun, hal ini terlihat pada bentuk daun tanaman hias Lee Kwan Yew yang menyerupai daun dari pohon zaitun. Karakter tanaman rambat yang tumbuh menjuntai ke bawah ini juga membuatnya dikenal dengan nama curtain creeper.

3. Populer digunakan untuk taman vertikal

Tanaman Lee Kwan Yew untuk Taman Vertikal

Sebelum banyak yang mengetahui tentang tanaman Lee Kwan Yew, para arsitek dan desainer lanskap telah lama menggunakan tanaman rambat ini untuk membuat taman vertikal. Pasalnya, tanaman Lee Kwan Yew memang memanfaatkan tempat-tempat vertikal seperti dinding agar ia dapat menjulurkan batang-batang dan daunnya yang ringan. Batangnya bisa menjalar sepanjang 0.5 meter sampai 3 meter.

4. Sebagai dekorasi eksterior

Tanaman Lee Kwan Yew Dekorasi Eksterior

Namun tidak sebatas sebagai penyusun taman vertikal, Tanaman Lee Kwan Yew juga bisa dijadikan sebagai dekorasi eksterior rumah yang lain. Tanaman rambat ini bisa menjadi salah satu tanaman hias yang ditanam di taman atau kebun atap rumah (rooftop garden), bisa juga dipasang pada pagar rumah ataupun sebagai dekorasi balkon untuk menghasilkan kesan tirai yang menjuntai.

Untuk menciptakan dekorasi yang lebih kreatif dari tanaman Lee Kwan Yew, kamu bisa mengombinasikannya dengan tanaman rambat lainnya, lalu dililitkan pada tiang dan tralis pergola di halaman rumahmu.

5. Tanaman Lee Kwan Yew tumbuh sepanjang tahun

Tanaman Lee Kwan Yew

Tidak seperti tanaman rambat yang hanya tumbuh pada musimnya saja, tanaman Lee Kwan Yew tumbuh di sepanjang tahun. Cara menanam tanaman Lee Kwan Yew juga terbilang mudah, tanaman rambat ini tidak begitu bergantung dengan suhu dan kelembapan dan hanya memerlukan tanah yang mudah menyerap air. Meskipun begitu, tanaman Lee Kwan Yew memerlukan ekspos matahari yang penuh.