29
Agu

Desain Sekat Ruangan Kreatif dan Minimalis

Desain Sekat Ruangan Kreatif dan Minimalis

Sekat Ruangan – Setiap ruang dalam hunian nggak selalu harus dipisahkan tembok. Untuk kesan lebih menyatu atau lebih luas, setiap ruang bisa dibatasi dengan sekat-sekat ruang. Namun, menyepelekan pemilihan sekat ruang akan mempengaruhi hasil akhir dari presentasi ruangan yang ada. Sebaliknya, dengan sekat ruang yang tepat nggak cuma jadi lebih fungsional namun memiliki nilai tambah dari segi visual. Nggak heran kebanyakan orang tidak tanggung-tanggung saat merancang sekat ruangan dengan menggunakan material mahal seperti kaca, besi, atau yang lainnya. Kamu nggak perlu khawatir karena sekat ruangan yang estetis dan indah bisa juga kamu hadirkan dengan biaya yang nggak menguras kantong.

1. Sekat Ruang dari Batang Bambu

Sekat Ruangan Bambu

Untuk menghidupkan kesan natural, batang bambu bisa menjadi alternatif pilihan sebagai material sekat ruang selain dahan pohon. Kamu bisa menyusun batang bambu secara rapi ataupun acak dengan sudut kemiringan serta diameter berbeda untuk menghadirkan bermacam-macam gaya dan suasana ruangan.

Kombinasikan sekat ruang ini pada ruang bergaya interior oriental untuk keserasian visual yang menarik. Interior bergaya natural juga bisa jadi alternatif pas untuk menghadirkan sekat ruang seperti ini.

 

2. Sekat Ruangan Natural dengan Dahan Pohon

Sekat Ruangan Dahan Pohon

Siapa sangka sisa-sisa dahan dan ranting pohon yang kerap dianggap sampah ternyata bisa disulap secara kreatif menjadi sekat ruang yang menarik? Kamu bisa menyusun rapat dahan-dahan ramping pada pot tanaman panjang sehingga memberikan kesan lebih privat antar ruang.

Untuk kesan lebih terbuka, kamu bisa memanfaatkan dahan pohon yang lebih besar dan menatanya lebih longgar sebagai sekat ruangan. Sekat ruangan dari dahan pohon seperti ini bisa jadi pilihan untuk ruang-ruang yang memiliki gaya natural. Berikan lampu atau pencahayaan dari bagian bawah, sehingga bayangan dan cahaya yang dihasilkan menjadi lebih dinamis karena formasi organik dari dahan pohon.

 

3. Kreasikan Potongan Pipa Paralon untuk Sekat Ruangan

Sekat Ruangan Pipa

Sekat ruang rendah budget juga bisa kamu dapatkan dengan mengkreasikan potongan pipa paralon. Untuk sekat ruang yang rapat, kamu bisa menggunakan potongan pipa paralon berdiameter kecil. Potongan pipa paralon dengan diameter yang besar bisa kamu gunakan untuk sekat ruangan yang lebih terbuka. Misalnya di kamar mandi, terutama desain kamar mandi minimalis.

Mengkombinasikan berbagai ukuran pipa paralon juga bisa jadi salah satu cara menghadirkan sekat ruangan yang modern dan dinamis. Nggak cuma membuat ruangan lebih estetis, sekat ruangan dari paralon juga sangat mudah dibuat dan tentunya nggak memerlukan biaya yang banyak.

 

4. Box Kayu sebagai Sekat Ruang Praktis

Sekat Ruangan Box

Salah satu cara mudah dan praktis untuk menghadirkan sekat ruangan yang praktis adalah dengan menggunakan box kayu yang disusun menjadi lemari atau kabinet. Berikan warna jika tekstur kayu yang dimiliki box dirasa kurang serasi dengan interior ruangan. Namun, jika kamu memiliki interior yang natural, membiarkan box kayu dengan tekstur aslinya akan sangat membantu memperkuat kesan natual dari ruangan.

Nggak hanya menjadi sekat ruang, box kayu ini bisa menjadi lemari atau rak kabinet multifungsi. Mulai dari rak buku hingga rak pajangan dimana kamu bisa meletakkan berbagai pajangan dan juga foto-foto kenangan bersama kelurga.

 

5. Sekat Ruangan dari Tanaman Gantung

Sekat Ruangan Tanaman Gantung

Memberikan tanaman gantung atau sebuah taman vertikal nggak cuma bisa menghadirkan suasana segar pada ruangan, tapi juga bisa menjadi sekat ruang yang menarik. Gunakan pipa atau tambang untuk menahan pot panjang tanaman. Untuk sekat ruang yang lebih privat, kamu bisa memanfaatkan tanaman rambat sehingga daunnya bisa menjadi sekat ruang yang lebih tertutup.

 

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk semakin mengenal beberapa desain sekat ruangan minimalis dan kreatif. Teruslah berimajinasi, berkreasi, dan berkarya 🙂