05
Sep

Desain Lantai Untuk Rumah Minimalis

Desain Lantai Untuk Rumah Minimalis

Lantai Rumah – Lantai adalah bagian terakhir yang diselesikan ketika membangun sebuah rumah. Meski begitu, pemilihan desain lantai tidak dapat diremehkan. Pemilihan tekstur, material, motif, bahkan harga pada desain lantai harus disesuaikan dengan luas dan fungsi tiap-tiap ruangan. Ada beragam jenis desain lantai yang memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri, karena tiap-tiap jenis desain lantai memiliki tingkat ketahanan yang berbeda terhadap beban dan kelebaban. Pastinya kita mau desain lantai yang pas, sesuai selera, dan tahan lama.

 

5 Desain Lantai Rumah

 

1. Desain Lantai Slate

Desain Lantai Slate

Jika kamu menginginkan desain lantai yang tampak tegas dan menawan, mungkin kamu perlu memilih desain lantai slate. Salah satu tipe batu alam ini memiliki tekstur yang kasar dan kokoh.

Kamu bisa memilih desain lantai slate dengan warna cenderung gelap seperti abu-abu agar ruangan tampak megah. Paduan desain lantai slatedengan jenis backsplash yang tepat di dapur dapat menghadirkan kesempurnaan pada dapurmu.

 

2. Desain Lantai Keramik

Desain Lantai Keramik

 

Desain lantai keramik adalah yang paling banyak ditemui di rumah-rumah. Salah satu alasannya adalah karena banyak motif keramik lantai yang menarik. Lantai keramik cocok digunakan pada kamar mandi karena tidak menyerap banyak air, pilihlah yang teksturnya agak kasar supaya tidak licin.

Sebaliknya, lantai keramik sebaiknya tidak diaplikasikan pada kamar tidur karena mudah mengalami perubahan suhu yang mendadak sehingga mudah pecah dan tidak nyaman diinjak ketika suhu sedang tidak stabil atau pada malam hari.

 

3. Desain Lantai Karpet

Desain Lantai Karpet

Bicara soal lantai yang hangat, lantai karpet mungkin juaranya. Selain itu, desain lantai karpet juga memiliki beragam motif dan warna yang mudah diselaraskan dengan gaya interior ruangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih desain lantai karpet. Memilih desain lantai dengan karpet yang tepat bisa membuat ruangan terlihat luas lho!

Jangan gunakan desain lantai karpet pada area basah seperti kamar mandi karena menyerap banyak air. Sebaiknya, karpet juga tidak digunakan pada kamar anak karena debu dan kotoran yang bersarang pada lantai karpet lebih mudah dihirup oleh anak.

 

4. Desain Lantai Batu Alam

Desain Lantai Batu Alam

Desain lantai lantai batu alam termasuk salah satu yang teruji keawetannya. Ada beragam jenis batu alam yang cocok untuk masing-masing fungsi ruang berdasarkan sifat dan teksturnya.

Meski lantai batu alam termasuk mudah dibersihkan, namun kamu harus berhati-hati dengan marmer karena lebih mudah menyerap noda. Marmer sebaiknya tidak digunakan pada ruang yang mudah terkena noda seperti dapur.

 

5. Desain Lantai Marmer

Desain Lantai Marble

Marmer merupakan jenis batu alam yang relatif lebih mahal daripada jenis lainnya. Bukan hanya untuk lantai, keramik batu alam jenis ini pun sering dijadikan pemanis dalam interior rumah. Kelebihan dari desain lantai marmer adalah motif dan warna cukup beragam dan polanya yang menyambung.

Lantei marmer juga sangat kuat dalam menahan beban berat dan tahan terhadap api. Tapi ingat, jangan pasangkan lantai marmer untuk outdoorkarena mudah berjamur dan memudar jika sering terkena sinar matahari.